5 Waralaba Fighting Game Paling Seru dan Masih Eksis Sampai Sekarang

Game bertarung atau fighting merupakan salah satu genre video game paling awal yang masih banyak diminati sampai sekarang. Di game ini, para pemain bisa bertarung dengan menggunakan jurus-jurus mematikan dan memilih sendiri karakter jagoannya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, fighting game kini sudah mengalami banyak kemajuan. Player tidak hanya bisa bertarung tapi juga bisa bersaing langsung dengan player-player lain dari berbagai penjuru bumi. Dengan efek tampilan yang semakin realistis, permainan pun jadi terasa semakin nyata dan menegangkan!

Buat kamu yang ingin mencicipi sensasi bermain fighting game, sebaiknya kamu coba salah satu dari 5 waralaba fighting game paling seru berikut ini:

1. Fatal Fury: King of Fighters (KoF)

article image

Image source: NightmareAlex

Fatal Fury: King of Fighters awalnya dirilis pada 1991 untuk mesin arcade NeoGeo. Seri game yang dirilis SNK ini memiliki pengaruh besar dalam industri video game. Melalui kehadiran Fatal Fury, sistem multi-lane dalam fighting game mulai dikenal. Sistem ini memungkinkan pemain untuk bergerak ke atas dan ke bawah, yang sebelumnya hanya bisa bergerak ke depan dan belakang.

SNK memutuskan untuk menjadikan KoF sebagai waralaba fighting game yang berdiri sendiri. Semunya termasuk sistem, gameplay dan juga karakter diadaptasi. Keputusan ini dinilai sangat tepat, terbukti KoF sangat disukai oleh gamers di seluruh dunia, terlebih dengan kedinamisan sistem pertarungannya.

2. Marvel vs. Capcom

article image

Image source: PCMag.com

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 1996, game ini telah banyak menuai respons positif dari para gamers dunia dan khususnya Jepang. Game ini awalnya hanya bisa dioperasikan melalui mesin arcade. Tetapi, karena banyaknya permintaan dari gamers di seluruh dunia, Capcom kemudian membuat seri game untuk platform konsol, handheld, dan PC.

Hingga Desember 2017, seri Marvel vs. Capcom sudah terjual hingga 8,6 juta kopi. Angka ini terbilang cukup mengesankan untuk ukuran fighting game. Sesuai dengan judulnya, karakter yang bisa dimainkan dalam game ini berasal dari Marvel dan Capcom. Game ini memiliki tempo permainan yang cepat, kualitas animasi yang lebih baik, dan lebih banyak karakter yang bisa dimainkan.

Baca juga artikel tentang game-game lainnya di bawah ini.

Articles

3. Soulcalibur

article image

Image source: PCMag.com

Waralaba fighting game yang dirilis Bandai Namco ini bisa dibilang fighting game paling unik dan menarik pada masanya. Game ini memungkinkan player untuk bertarung menggunakan senjata andalan karakternya. Masing-masing karakter mempunyai senjata dengan berbagai karakteristik tersendiri.

Ragam karakter juga menjadi alasan kenapa Soulcalibur sangat digemari. Kita bisa menemukan karakter-karakter terkenal yang berasal dari waralaba game dan film lain seperti Jin, Heihachi, atau Yoshimitsu (Tekken), kemudian ada Link (The Legend of Zelda), Yoda dan Darth Vader (Star Wars), Kratos (God of War), Ezio (Assassin's Creed) sampai Geralt of Rivia (The Witcher).

4. Virtua Fighter

article image

Image source: GameSpot

Virtua Fighter merupakan salah satu fighting game yang paling dikultuskan disamping Tekken, Mortal Kombat, Fatal Fury, Street Fighter, dsb. Virtua Fighter juga dianggap sebagai “bapaknya” fighting game 3D. Setiap kali merilis seri baru, game ini selalu hadir dengan kualitas grafis dan teknis yang lebih menarik.

Banyak fighting game lain yang terinspirasi dari Virtua Fighter, seperti Dead or Alive misalnya. Secara gameplay, Virtua Fighter memiliki mekanisme permainan yang serupa dengan fighting game lainnya, di mana pemain harus memenangkan dua hingga tiga ronde.

5. Mortal Kombat

article image

Image source: Nuuvem

Yang terakhir merupakan yang paling fenomenal dan masih banyak dimainkan sampai saat ini, apa lagi kalau bukan Mortal Kombat! Seri game yang awalnya digarap oleh Midway Games ini sempat nyaris tersingkir dari persaingan akibat kebangkrutan yang dialami developer-nya. Tapi kemudian, Warner Bros mengakuisisi waralaba game ini dan membangkitkannya menjadi salah satu raksasa di dunia fighting game, bahkan sampai dijadikan film layar lebar!

Mortal Kombat memiliki reputasi sarat kekerasan. Kekerasan yang ditampilkan pun dianggap sangat sadis! Cipratan darah dan anggota tubuh yang terpotong atau terbelah sudah menjadi hal yang lumrah di game ini. Hal ini sekaligus menjadi ciri khas Mortal Kombat yang jarang ditemukan dalam fighting game lainnya.


Fighting game sudah mengalami banyak perubahan, developer zaman sekarang sudah mengerti keinginan para gamers hingga menambahkan berbagai konten baru dan membuat kompetisi permainan menjadi semakin menantang. Jangan lupa untuk mengikuti terus perkembangan info-info menarik seputar dunia game dan hiburan lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: secureservercdn.net