5 Tempat Wisata Anak di Bogor Untuk Kumpul Keluarga

Ketika anak Anda tengah menikmati liburan sekolah atau akhir pekan, daripada mereka terus menerus menatap layar gadget, fisik menjadi tidak aktif dan memberikan efek kurang baik bagi kesehatan, ada baiknya sesekali mengajak mereka berjalan-jalan. Mereka jadi lebih mengenal banyak tempat, menghirup udara segar, memperluas wawasan dan secara psikologis mendekatkan diri anak pada orang tua dan saudara-saudaranya. Daripada hanya menghabiskan waktu liburan di rumah, sebaiknya mencari tempat yang menyenangkan bagi keluarga tetapi tidak terlalu jauh dari pusat kota. Bagi warga Jakarta, kota Bogor merupakan satu kota yang kerap menjadi perhatian. Banyak lokasi wisata yang bisa dilirik di kota ini, termasuk lokasi wisata untuk anak dan keluarga. Yuk, kita intip beberapa tempat wisata anak yang menarik di kota Bogor dan sekitarnya!

Taman Sakura

article image

Image source : pergiyuk.com

Rekomendasi pertama adalah dengan mengunjungi sebuah taman unik yang berlokasi di Kebun Raya Cibodas, Bogor. Di tempat ini Anda dan keluarga bisa menikmati keindahan bunga Sakura yang telah ditanam di sini sejak tahun 1938 oleh pemilik lokasi ini sebelum dibuka untuk umum pada tahun 2006 lalu. Berdiri pada lahan seluas 6000 meter dengan ketinggian 1425 meter di atas permukaan laut menjadikan tempat ini sesuai sebagai habitat bunga yang menjadi ciri khas negara Jepang ini. Letak geografis, iklim, kontur tanah dan perawatan sangat mempengaruhi tumbuh subur tanaman cantik satu ini. Bahkan di negara asalnya yang memiliki empat musim bunga Sakura hanya berbunga satu kali setahun, di Indonesia ia mampu berbunga selama dua kali setahun! Jadi buat Anda yang ingin menikmati keindahan bunga Sakura di sini, Anda bisa datang pada setiap bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus. Bunga-bunga ini akan bermekaran selama dua minggu lamanya sebelum kemudian layu dan mengering.

De Ranch

article image

Image source : explorewisata.com

Lokasi wisata mengasyikkan yang satu ini merupakan cabang dari De Ranch Lembang Bandung. Tempat wisata yang terletak di Mega Mendung ini bahkan lebih lengkap daripada yang ada di Lembang. Banyak terdapat spot untuk berswafoto ataupun bersantai bersama keluarga seperti misalnya rumah Hobbit, taman bunga, kastel hingga kincir angin. Untuk tempat ini, pihak pengelola telah menyiapkan sebuah lahan khusus seluas 6,5 hektar bagi Anda dan keluarga yang gemar berkuda. Bagi yang gemar memanah bak Robin Hood, anak-anak pasti juga akan suka diajak ke tempat ini karena terdapat wahana panahan juga di sini.

Keunikan lain yang juga dimiliki lokasi wisata satu ini adalah keberadaan bunga-bunga yang cantik pada setiap sudutnya. Karenanya, aroma yang keluar menjadi lebih segar dan harum. Belum lagi terdapat beberapa bangunan klasik yang membuat serasa berada di negeri dongeng. Jika ingin mendapatkan pencahayaan yang sempurna untuk pengambilan foto, jangan datang pada saat siang hari ya, sebaiknya datang pada sekitar pukul 3 sore di saat matahari sudah tidak terlalu menyengat dan cahaya yang dihasilkan juga sempurna.

Kebun Wisata Pasirmukti

article image

Image source : kompasiana.com

Bagi Anda pecinta agrowisata, inilah lokasi berlibur yang pantas dikunjungi bagi keluarga. Berlokasi di kawasan Citeureup, Bogor dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari kota Jakarta dalam kondisi lalu lintas lancar. Hampir seluruh wahana permainan di lokasi ini bernuansa alam, misalnya saja bermain kolam lumpur, menanam pohon dan menangkap ikan serta membajak sawah dengan sapi. Berbagai wahana di sini sangat sesuai untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia pertanian serta perkebunan sehingga wawasan mereka akan bertambah. Tetapi bagi Anda yang tidak ingin anak-anak kotor-kotor, di tempat ini juga disediakan kolam renang, wahana flying fox dan motor ATV. Berbagai fasilitas penunjangnya juga banyak dan terus berusaha lebih diperlengkapi seperti misalnya penginapan, lapangan, rumah makan, ruang pertemuan, arena bermain, toko oleh-oleh hingga ke lapangan parkir yang luas.

Rumah Abia

article image

Image source : hipwee.com

Di tempat ini anak-anak Anda tidak hanya bisa bermain tetapi juga belajar. Di sini mereka diajarkan sekaligus mempraktikkan membuat mainan dari kayu, tingkat kesulitan, dan selama apa proses pembuatannya hingga menjadi sebuah mainan. Di Rumah Abia ini anak usia 4-13 tahun akan memperoleh kesempatan unik dan baru dalam pembuatan aneka produk mainan kayu. Mereka juga diajak untuk mengamati proses produksi mainan kayu dari mulai tahap awal seperti misalnya pemilihan jenis kayu yang dapat dipergunakan untuk dijadikan produk mainan, hingga produk siap dipasarkan sampai pada tahap akhir dan pengemasan.

Bukan hanya dapat mengikuti pembuatan mainan kayu, sambil menunggu cat mainan kayu mengering, anak-anak dapat mengikuti permainan edukatif lain yang juga tersedia di sini seperti misalnya mereka dapat membaca buku pada Abia Library atau menonton film pendek anak-anak di bioskop mini Abia Cinema. Buku-buku dan film yang tersedia di tempat ini tentunya sudah dipilih dan sesuai untuk anak-anak ya!

De Voyage

article image

Image source : tulisanviral.info

Mau keliling Eropa? Sebelumnya ada baiknya Anda dan anak-anak mengunjungi DeVoyage terlebih dahulu. Terdapat beberapa landmark negara-negara di Eropa yang dibuat miniaturnya di sini, sehingga bisa menjadi pengetahuan bagi anak-anak sekaligus tentunya lokasi sempurna untuk berfoto. Selain beberapa landmark dunia, terdapat pula rumah-rumah pedesaan berwarna-warni dengan arsitektur khas Eropa yang unik dan Instagramable.


Selain lima lokasi wisata di atas, masih banyak lagi lokasi wisata di Bogor yang bisa menjadi pilihan Anda berlibur bersama keluarga. Setelah puas menikmati destinasi wisata di Kota Bogor, kamu bisa berkunjung ke mal-mal untuk menikmati kuliner. Cek dulu Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi promo dari semua merchant restoran. Makan-makan pun jadi lebih nikmat dan hemat dengan promo yang ditawarkan.

Mall

featured image: devoyagebogor