Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara Untuk Liburan Yang Penuh Warna

Pulau Sulawesi sudah menjadi salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di Indonesia. Alam baharinya yang kaya akan berbagai biota laut eksotis bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara, terutama destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara.

Dengan lautan yang membentang seluas 110.000 km2, Sulawesi Tenggara memiliki potensi kekayaan laut yang sangat melimpah. Di sinilah tempat di mana ratusan hingga ribuan spesies makhluk laut bernaung, dan di sini juga kita bisa menikmati panorama laut perawan yang masih tersisa.
Tidak sulit menemukan lokasi pantai-pantai cantik atau destinasi wisata bahari sejenis lainnya di Sulawesi Tenggara.

Hanya saja diperlukan persiapan matang agar perjalanan lebih nyaman dan aman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu simak dulu informasi seputar wisata bahari di Sulawesi Tenggara berikut ini!

Taman Nasional Wakatobi

article image

Image source: backpackerjakarta.com

Taman Nasional Wakatobi akan selalu menjadi daftar wajib yang harus kamu kunjungi jika ingin berwisata ke Sulawesi Tenggara. Taman nasional yang sudah beroperasi sejak tahun 90’an ini termasuk salah satu taman bawah laut terbesar di Indonesia. 90% biota laut yang ada di dunia bisa kita jumpai di Wakatobi. Bahkan, tempat ini juga sudah menjadi rumah bagi 942 spesies ikan.

Nama “Wakatobi” sendiri merupakan singkatan dari nama empat pulau utama di sana, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongka. Taman Nasional Wakatobi juga sudah terkenal di kalangan para penyelam profesional dunia, karena di sinilah beberapa spot diving terbaik Indonesia bisa kita temukan.

Pantai Nirwana

article image

Image source: indonesia-timur.com

Pantai Nirwana memiliki pasir putih berkilau yang berpadu sempurna dengan birunya air laut, tak heran jika pantai ini kerap dijuluki sebagai surga bahari. Pantai Nirwana terletak di kota Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Kita bisa menjangkau pantai ini dengan berkendara sekitar 10 menit dari pusat kota Bau-Bau.

Selain terkenal dengan pasir putih yang sangat kontras dengan lautnya, ombak di pantai ini juga sangat tenang dan stabil. Banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan, mulai dari berjalan-jalan menyusuri garis pantai, berjemur, diving, atau mungkin sekadar menikmati pemandangan eksotis
Pantai Nirwana.

Danau Biru Kolaka

article image

Image source: qupas.id

Danau Biru, begitulah orang-orang menyebutkan. Danau ini merupakan danau alami yang terletak 12 meter dari bibir pantai Laut Kolaka, hanya dipisahkan oleh dinding tebing karang. Danau Biru Kolaka termasuk wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang tergolong langka, karena terdapat hamparan pasir putih yang berpadu dengan air biru jernih.

Suara derasnya aliran air yang melewati sela bebatuan, kicauan burung camar, pemandangan vegetasi pantai, sampai hembusan angin sepoi-sepoi basah menciptakan efek dramatis yang meneduhkan. Maka tak heran jika orang-orang rela jauh-jauh datang ke tempat ini hanya untuk sekadar mencari ketenangan.

Kepulauan Labengki

article image

Image source: travacello.com

Destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara selanjutnya adalah Kepulauan Labengki di Kabupaten Konawe Utara. Pulau yang sering disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat ini terdiri dari 5 pulau utama, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay dan Mauang.

Setiap pulau memiliki daya tarik yang berbeda, mulai dari pantai, laguna, gua, teluk, pemandangan dari ketinggian, serta nuansa etnik di pemukiman suku Bajo di Labengki Kecil. Ada pula Laguna Blue Lagoon yang dikelilingi deretan karang tajam kehitaman dengan warna air hijau toska.

Pulau yang menawan di Kendari ini juga memiliki keindahan bawah laut yang masih sangat terjaga. Kalau kamu cukup beruntung, kamu akan menemukan berbagai biota laut langka yang hidup di sini.

Pulau Bokori

article image

Image source: netz.id

Pulau Bokori adalah salah satu pulau wisata di Kabupaten Konawe yang paling banyak diminati wisatawan. Pulau Bokori sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga, karena selain pantainya yang sangat cantik, di sini juga terdapat fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisata.

Kita bisa menemukan sejumlah resort, penginapan, amfiteater, gazebo, zona olahraga & rekreasi, kafetaria, toilet, dan berbagai fasilitas wisata lainnya. Di sepanjang garis pantai menghampar pasir putih berkilau dengan ombak yang tenang dan stabil. Cukup aman untuk bermain bersama anak-anak di pinggiran pantai.

Pantai Nambo

article image

Image source: sedangliburan.com

Selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Pantai Nambo, sebuah destinasi wisata pantai favorit di Kota Kendari. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih sejauh 300 meter. Karakter ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar dengan air laut yang cukup bersih terawat menjadikan pantai ini sangat cocok untuk bermain air dan berenang.

Banyak aktivitas pengunjung yang bisa kita temukan, ada yang asyik bermain pasir, voli pantai, berjalan kaki menyusuri pantai, atau mungkin sekadar duduk berjemur di pinggir pantai. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini yaitu pada pagi dan sore hari.

Pantai Toronipa

article image

Image source: pinterest.com

Kalau kamu ingin mengunjungi pantai dengan nuansa tropis yang menyegarkan, datanglah ke Pantai Toronipa di Soropia, Kabupaten Konawe. Pantai Toronipa menghadap langsung ke lepas Laut Banda, dan di sekelilingnya ditumbuhi deretan pohon nipa lentur. Nuansa tropis di pantai ini adalah sesuatu yang langka dan hanya bisa kamu jumpai di sini.

Garis pantainya menghampar sejauh 4 km dengan pasir putih berkilauan yang membentang hingga menyelimuti seluruh ujung timur teluk. Waktu yang paling sempurna untuk berkunjung kesini adalah ketika matahari hendak terbit dan terbenam. Pada waktu-waktu itulah Pantai Soronipa akan menampakkan pesona magisnya dari ujung cakrawala.

Cek juga destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia:

Articles


Penasaran ingin mendapatkan info rekomendasi dan tips wisata menarik lainnya? Ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: earthynourish.com