Wujud Asli Karakter Spongebob Squarepants di Dunia Nyata

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan si spons kuning jago masak yang tinggal di Bikini Bottom? Serial animasi Spongebob Squarepants yang sangat digemari semua kalangan usia ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Spongebob bersama teman-temannya dan juga warga Bikini Bottom.

Spongebob adalah karakter utama dari serial animasi tersebut. Dia memiliki tubuh berbentuk kotak layaknya spons cuci piring, berwarna kuning, dengan celana uniknya yang juga berbentuk kotak. Kelakuan konyolnya bersama Patrick Star, Sandy Cheeks, Squidward Tentacles, Eugene Crab, Gary dan yang lainnya telah sukses menghibur para penggemarnya selama bertahun-tahun.

Setelah sekian lama Spongebob dan teman-temannya setia menemani pagi dan sore kita, apakah kamu sudah tahu tentang asal-usul karakter Spongebob Squarepants? Mungkin masih ada yang berpikir bahwa Spongebob hanyalah karakter fiksi belaka. Padahal, di dunia nyata memang benar-benar ada makhluk laut yang menjadi inspirasi dari karakter Spongebob! Ingin tahu wujud aslinya? Berikut ulasannya:

1. Spongebob Squarepants (Spons Laut)

article image

Image source: Stories So Wild

Spons atau sponge merupakan salah satu biota laut yang memiliki pori-pori. Dinamakan demikian karena spons sering dijadikan peralatan mandi oleh manusia. Tapi sayang, akibat terlalu sering diambil untuk keperluan manusia, populasi spons di laut lepas kini mengalami penurunan.

Spons banyak ditemukan di Laut Mediterania, Laut Karibia, dan Samudera Hindia barat di kedalaman maksimal 40 m. Jika masih hidup, tubuh spons berwarna abu-abu tua, namun saat mati ia berubah warna menjadi kuning atau coklat.

2. Patrick Star (Bintang Laut Merah Muda Raksasa)

article image

Image source: iNaturalist

Spesies bintang laut ini memiliki lima lengan dan bisa tumbuh hingga diameter 60 cm. Tubuhnya berwarna merah muda, persis seperti karakter Patrick Star, hanya saja ia memiliki duri-duri kecil di bagian atas yang bisa tumbuh sampai 2 mm.

Untuk ukuran tersebut, bintang laut merah muda ini sudah tergolong salah satu spesies bintang laut terbesar yang pernah ditemukan manusia. Itulah sebabnya ia dinamakan “bintang laut merah muda raksasa”.

Baca juga artikel tentang film kartun dan animasi lainnya di bawah ini:

Articles

3. Squidward Tentacles (Gurita)

article image

Image source: Xray-Mag

Dari nama dan penampilannya saja sudah terlihat jelas kalau Squidward adalah seekor gurita. Tubuhnya berbentuk bulat, lunak, dan memiliki delapan tentakel. Gurita bisa ditemukan di seluruh perairan bersuhu sedang dan tidak terlalu dingin. Hewan ini biasa hidup di kedalaman maksimal 200 meter.
Pada umumnya tubuh gurita bisa berkamuflase menyerupai lingkungan sekitarnya. Ia juga punya kebiasaan meninggalkan tumpukan cangkang kerang dan Crustacea makanan di sekitar sarangnya.

4. Tuan Krabs (Ocypode quadrata)

article image

Image source: footage.framepool.com

Ocypode quadrata adalah nama latin dari spesies kepiting yang biasa disebut “kepiting hantu Atlantik”. Sesuai dengan namanya, mereka hanya bisa ditemukan di Samudera Atlantik, tepatnya di bagian pesisir barat. Ciri khas kepiting ini bisa dilihat dari sepasang tangkai matanya yang panjang, warna tubuh kuning kemerahan dengan capit yang besar sebelah.

Kepiting hantu Atlantik punya kebiasaan menggali lubang di tanah berpasir tepi laut sebagai tempat persembunyiannya. Saat matahari mulai terbenam, kepiting ini akan keluar untuk mencari mangsa seperti kerang laut, kepiting lain, telur penyu atau bahkan bayi penyu.

5. Gary Siput (Lunatia heros)

article image

Image source: jaxshells.org

Lunatia heros adalah nama latin dari Siput bulan utara, spesies siput laut yang hanya bisa dijumpai di pantai timur Kanada dan Amerika. Cangkangnya berbentuk bulat dan berwarna coklat kemerahan. Cangkang siput bulan utara bisa tumbuh sampai diameter maksimal 10 cm.

Walaupun penampilannya tidak terlihat mengancam, siput ini ternyata hewan pemangsa yang lumayan rakus. Ia sering memangsa kerang laut dan hewan-hewan yang memiliki cangkang dan bertubuh lunak lainnya. Siput bulan utara akan menggunakan gigi radulanya untuk melubangi cangkang mangsanya.

6. Plankton (Cyclops sp)

article image

Image source: UNH Center for Freshwater Biology

Musuh bebuyutan Tuan Krabs yang selalu gagal mencuri resep Krabby Patty ini juga ternyata ada di dunia nyata! Makhluk aslinya adalah Cyclops sp dari genus Copepoda. Ia adalah plankton hewani (zooplankton) dengan tubuh lonjong dan memiliki sepasang antena panjang.

Dinamakan “Cyclops” karena ia hanya memiliki mata tunggal berwarna hitam atau merah di tengah-tengah kepalanya. Cyclops hidup di air tawar di seluruh dunia, tapi terkadang mereka bisa dijumpai di perairan payau. Ukuran maksimal dari plankton ini adalah 5 mm.


Bagaimana? Hewan-hewan di atas memang mirip dengan para karakter dalam serial Spongebob Squarepants bukan? Ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featureed image source: Collider