Film Adaptasi Novel Indonesia Paling Romantis

Banyak film layar lebar yang ceritanya diangkat dari novel-novel terbaik karya penulis Indonesia. Bukan hanya baru-baru ini saja, belasan tahun lalu pun hal ini sudah wajar dilakukan dalam industri perfilman. Kebanyakan film adaptasi novel adalah film drama romantis. Apa saja ya film adaptasi novel terbaik karya penulis Indonesia?

Dealova

article image

image credit : pinterest

Dealova adalah film drama romantis yang dirilis tahun 2005 oleh Flix Pictures. Dian W. Sasmita selaku sutradara dan Hilman Hariwijaya selaku penulis naskah berkolaborasi menghidupkan cerita novel teenlit best-seller karya Dyan Nuranindya. Film adaptasi novel terbaik ini dibintangi oleh Jessica Iskandar, Evan Sanders dan Ben Joshua.

Berkisah tentang Karra, siswi SMU Persada yang cantik dan jago main basket. Kehidupan Karra yang awalnya biasa saja tak lagi sama sejak ia mengenal Dira dan Ibel. Dira yang selalu ketus dan Ibel yang penuh perhatian ternyata sama-sama menyukai sosok Karra. Meski berakhir menyedihkan, tapi kisah dalam film yang dramatis ini selalu jadi favorit. Soundtrack berjudul Dealova yang dinyanyikan oleh Once pun sukses menambah kesan romantisnya.

Eiffel I’m in Love

article image

Image credit: inovasee

Eiffel I’m in Love berkisah tentang cinta dua remaja Tita dan Adit. Tingkah Tita yang manja dan Adit yang ketus selalu membuat gemas. Adit dan orangtuanya yang tinggal di Prancis kembali ke Indonesia untuk berlibur. Ternyata, orangtua Adit bersahabat dengan orangtua Tita. Mereka menghabiskan liburan bersama meski Tita dan Adit terlihat begitu saling membenci. Saat Adit akan kembali ke Prancis, barulah perasaan yang sesungguhnya antara dua remaja ini terungkap. Sungguh menggemaskan! Kalau kamu kangen dengan Tita dan Adit, jangan lupa tonton sekuelnya Eiffel I’m in Love 2 yang tayang Februari 2018 ini!

Kamu harus cek promo di Gotomalls sebelum nonton film favoritmu di bioskop kesayanganmu.

Ayat-Ayat Cinta

article image

image credit : pinterest

Ayat-ayat Cinta adalah film religi adaptasi novel best-seller karya Habiburrahman El Shirazy. Film yang rilis tahun 2008 ini belatarkan kehidupan di Kairo. Meski begitu, pengambilan gambarnya dilakukan di tempat lain. Naskah film ini ditulis kembali oleh Retna Ginatri S. Noor. Karya sutradara Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria.

Ayat-ayat Cinta berkisah tentang Fahri bin Abdillah, seorang pelajar Indonesia di Al-Azhar, Kairo. Kehidupan di Kairo dijalaninya dengan penuh antusias dan kesederhanaan. Film ini menceritakan tentang bagaimana menghadapi turun-naiknya persoalan hidup dengan cara Islam. Kisah Fahri menjadi cukup rumit dengan kasih sayang yang dicurahkan dengan cara yang berbeda-beda dari Maria Girgis, Nurul, Noura, dan Aisha.

Summer Breeze

article image

image credit : pinterest

Summer Breeze adalah film adaptasi novel terbaik karya Orizuka. Film ini diproduksi hasil kerja sama Credo Pictures & Starvision Plus tahun 2008. Allan Lunardi didapuk menjadi sutradara film ini. Dengan bantuan penulis naskah Titien Wattimena, cerita romantis Summer Breeze ini semakin mengena. Film ini berkisah tentang cinta segitiga antara Reina dan si kembar Ares-Orion. Si kembar menyayangi Reina, begitu pun sebaliknya.

Cek juga bioskop rekomendasi dari Gotomalls khusus untuk kamu.

Brands

Winter in Tokyo

article image

image credit : pinterest

Winter in Tokyo adalah drama romantis yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ilana Tan. Pengambilan gambar untuk film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini dilakukan di Jepang. Film ini sukses dibintangi oleh Pamela Bowie, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, dan Morgan Oey. Film rilis 2016 ini mengisahkan tentang Ishida Keiko, seorang wanita blasteran Indonesia-Jepang. Ia bertemu Nishimura Kazuto, tetangganya yang baru kembali ke Jepang setelah 10 tahun tinggal di Amerika. Keduanya kemudian menjalin hubungan cinta. Namun, permasalahan muncul saat Keiko justru memilih Kitano Akira, cinta pertamanya.

Dear Nathan

article image

image credit : pinterest

Dear Nathan adalah cerita yang berasal dari Wattpad yang hingga saat ini sudah dibaca lebih dari 28 juta kali. Erisca Febriani, penulisnya, kemudian bekerja sama dengan Best Media untuk mencetak cerita ini dalam bentuk novel. Berkat antusiasme publik, novel ini akhirnya diangkat ke layar lebar oleh Rapi Films. Indra Gunawan menjadi sutradara film ini, sedang Bagus Bramanti menjadi penulis naskahnya. Film yang rilis tahun 2017 ini dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol.

Salma adalah seorang murid pindahan di SMA Garuda. Ia bertemu dengan Nathan, murid berandal, yang justru menyelamatkan Salma dari hukuman. Salma merasa sebal dengan Nathan yang terang-terangan mengejar cintanya. Saat Nathan mau berubah demi Salma, masa lalu Nathan datang untuk meminta cintanya kembali. Dear Nathan cukup menarik perhatian penonton dan pelaku industri film. Jefri Nichol berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terpilih dalam Piala Maya dan nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop dalam FF Bandung.

Refrain

article image

image credit : pinterest

Refrain adalah film adaptasi novel terbaik karya Winna Efendi. Rilis tahun 2013, film ini disutradarai oleh Fajar Nugros dan naskahnya ditulis oleh Haqi Achmad. Produksi Maxima Pictures ini dibintangi oleh Afgansyah Reza dan Maudy Ayunda, dua sosok idola Indonesia.

Cerita dimulai dengan kedatangan Niki ke Austria yang bermaksud untuk menemui Nata yang telah lama kuliah musik di sana. Sebelum berjalan lebih jauh, Niki menceritakan kembali kisahnya bersama Nata lima tahun sebelumnya. Kisah flashback saat SMA ini bisa dikatakan sangat romantis dan pelik. Selain Niki dan Nata, ada sosok Annalise siswi baru yang jadi sahabat baru mereka, Oliver si kapten basket dan Helena si kapten cheerleaders.

Perahu Kertas 1 & 2

article image

image credit : pinterest

Perahu Kertas adalah film drama romantis yang rilis pada tahun 2012. Film pertamanya rilis pada 16 Agustus 2012, sedang film keduanya rilis pada 4 Oktober 2012. Film ini diangkat dari novel berjudul Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Perahu Kertas disutradarai oleh Hanung Bramantyo, serta dibintangi oleh Adipati Dolken dan Maudy Ayunda.

Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy dan Keenan. Kugy yang tomboy dan periang bersahabat dengan Keenan yang pintar melukis. Keduanya juga dekat dengan Novi (sahabat Kugy sejak kecil) dan Eko (sepupu Keenan). Pencarian jati diri Kugy dan Keenan dan intrik yang digambarkan cukup detail benar-benar membuat penonton terhanyut dalam kisah Perahu Kertas.

Kamu juga bisa hang-out di mall-mall rekomendasi kami untuk ngisi waktu luang kamu.

Malls

Critical Eleven

article image

image credit : pinterest

Kalau kamu suka dengan karya Ika Natassa, maka kamu pasti tahu Critical Eleven ini. Film adaptasi novel terbaik ini baru dirilis tahun lalu. Naskahnya ditulis oleh Jenny Jusuf, Ika Natassa, Monty Tiwa, dan Robert Ronny. Tak hanya itu, selain sebagai penulis naskah, Monty Tiwa & Robert Ronny juga berperan sebagai sutradara.

Pertemuan Ale dan Anya yang begitu istimewa di penerbangan Jakarta-Sydney membuka jalan untuk kisah cinta mereka. Setelah memutuskan untuk menikah, Anya juga meninggalkan pekerjaannya dan pindah ke New York. Tak disangka, mereka harus dihadapkan pada titik balik dalam tragedi yang menimpa hubungan mereka. Emosi penonton dijamin ikut terkuras saat menonton film ini!

Dilan 1990

article image

image credit : pinterest

Ini dia film yang sedang jadi primadona. Dilan 1990 diadaptasi dari buku pertama seri Dilan berjudul Dilanku 1990 karya Piqi Baiq. Menariknya, cerita dalam bukunya sendiri adalah kejadian nyata! Pengambilan gambarnya dilakukan di Bandung dan Jakarta. Dilan 1990 dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Keduanya berperan sangat apik sebagai Dilan dan Milea hingga mendapat banyak pujian. Penonton dibuat gemas dengan film romantis karya Falcon Pictures ini. Dalam cerita, perjalanan hubungan Dilan dan Milea tak selalu mulus. Ada banyak intrik yang justru memebuatnya makin menarik.

**

Sepuluh film di atas bisa jadi referensimu untuk menyambut hari Valentine yang sudah di depan mata! Kalau siap baper sih, kamu bisa juga bikin jadwal movie marathon film romantis di bersama teman-teman atau pasanganmu pada akhir pekan. Selalu Cek Gotomalls untuk promo, diskon, event dan kupon terbaik di Indonesia.

Brands

Malls