10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Awal tahun bisa menjadi permulaan yang baik untuk kamu yang ingin memulai untuk menjalankan sebuah bisnis. Banyak sekali jenis usaha yang bisa dipilih tapi salah satunya yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Tak bisa dipungkiri usaha kuliner adalah sebuah bisnis yang paling laku, lantaran penikmat makanan cukup banyak. Berikut 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia bisa menjadi bahan pertimbangan kamu yang ingin menggeluti dunia bisnis kuliner:

Frozen Food

article image

Image source: papadedeshop.com

Frozen food bisa jadi pilihan pertama dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di pasaran. Penikmat makanan beku atau frozen food dari segala usia, karena cara memasak yang mudah bisa dinikmati kapan pun dan rasanya menggugah selera. Mulai dari bakso, sayur beku, nugget, sosis, kentang, dimsum, bakpao, tempura, risoles dan masih banyak lagi.

Aneka Gorengan

article image

Image source: shopee.co.id

Gorengan adalah salah satu camilan yang susah untuk ditolak dan para penikmatnya pun banyak. Untuk itu, gorengan masuk dalam daftar jenis usaha kuliner yang paling laku. Meski sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini tak ada salahnya untuk mencoba. Kamu bisa menghadirkan berbagai jenis gorengan, dengan olahan bumbu rempah yang berbeda, dan menciptakan rasa sambal yang unik selain cabai rawit. Hal tersebut bisa menambah nilai jual bisnis kamu.

Jus Buah

article image

Image source: jakartanotebook.com

Meski kini banyak muncul minuman kekinian, jus buah masih termasuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku hingga saat ini. Membuat jus buah sangat mudah, kamu bisa menjadikan sebuah bisnis dan modal tidak terlalu besar. Bahan baku yang mudah didapat sehingga bisa menyajikan jus buah yang segar setiap harinya. Perhatikan cita rasa, kekentalan, dan buatlah pengemasan yang menarik dan ramah lingkungan untuk menarik banyak pelanggan.

Roti Bakar

article image

Image source: food.detik.com

Roti bakar memiliki cita rasa manis dan gurih ditambah dengan berbagai macam topping membuat makanan ini masuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Meski kini sudah banyak yang menjualnya, kamu masih tetap bisa memulai bisnis ini. Kamu bisa menghadirkan berbagai macam topping-topping premium dan buat kemasan juga semenarik mungkin.

Jajanan Pasar

article image

Image source: kompas.com

Indonesia kaya akan berbagai jenis jajanan pasar yang selalu laku setiap harinya dan selalu dicari. Jajanan pasar cocok untuk teman kopi atau teh di pagi dan sore hari. Bisnis kuliner jajanan pasar bukan berarti kamu harus membuat berbagai jenis makanan. Kamu cukup menyediakan tempat untuk berjualan dan kamu bisa mendapat jajanan pasar dari pemasok atau bahkan kamu bisa mengajak tetangga untuk bekerja sama.

Kopi

article image

Image source: anekamesinpengemas.com

Bisnis kopi memang sudah hampir menguasai seluruh daerah. Namun tak perlu khawatir, kamu tetap bisa memulai bisnis ini, karena penikmat kopi sangat banyak. Kamu bisa membuka kedai kopi tidak perlu harus besar yang penting kamu bisa mengkreasikan berbagai jenis kopi untuk menarik minat pengunjung datang. Intinya kamu harus memiliki ciri khas dibandingkan dengan kedai kopi yang lainnya.

Makanan Sehat

article image

Image source: hipwee.com

Kini sudah banyak orang yang sadar dan menjalankan pola hidup sehat. Kamu bisa gunakan ini sebagai kesempatan untuk membuka bisnis kuliner makanan sehat. Makanan sehat termasuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, mulai dari katering makanan sehat, makanan organik, salad sayur dan buah, ataupun aneka camilan sehat. Kamu bisa menjualnya secara online juga lho!

Susu Kacang

article image

Image source: cantik.tempo.co

Tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi bahkan ada yang alergi saat mengonsumsinya. Nah susu kacang adalah jenis usaha kuliner yang paling laku dan bisa kamu coba untuk membuat pengganti susu sapi. Meski kini sudah banyak dijual di supermarket, kamu masih tetap bisa membuat susu kacang sebagai bisnis rumahan dan tanpa pengawet tentunya. Beberapa jenis susu antara lain susu kedelai, susu almond, susu hazelnut, atau cashew milk.

Makanan Bayi

article image

Image source: uangbanyak.com

Makanan bayi juga termasuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku khususnya di antara para ibu-ibu yang sibuk. Dengan adanya bisnis makanan bayi memudahkan para ibu-ibu yang ingin praktis tapi kebutuhan nutrisi sang kecil juga terpenuhi. Kamu bisa membuat berbagai variasi bubur dan camilan untuk bayi tentunya dengan memperhatikan kandungan gizi serta kebersihan dalam penyajiannya.

Aneka Keripik

article image

Image source: mesinvacuumfrying.id

Keripik adalah salah satu camilan favorit orang Indonesia dari semua usia. Kamu bisa menjual berbagai jenis keripik seperti keripik buah, keripik singkong, kerupuk kulit, makaroni, basreng, mie lidi dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencampur aneka keripik dengan berbagai varian bumbu atau bumbu yang kamu buat sendiri dan beda dari pada yang lain. Kamu juga bisa membuat saus cocolan sendiri juga.


Itulah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia untuk kamu pemula yang ingin menjalani bisnis. Beberapa jenis usaha kuliner di atas tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Hal paling penting adalah niat untuk memulainya. Selamat mencoba!

Malls