7 Kafe di Kota Tua Jakarta Rekomendasi

Wisata Kota Tua di Jakarta kini sedang banyak diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara. Adanya bangunan-bangunan bersejarah menciptakan kesan klasik yang membuat pengalaman berlibur di ibukota yang serba metropolitan ini jadi berbeda. Nggak hanya destinasi wisatanya, adanya kafe di daerah tersebut menambah daya tarik. Kamu bisa ngopi sejenak sambil menikmati suasana seperti di tahun 70an di 8 kafe di Kota Tua ini:

BACA JUGA:
10 Jenis Makanan Khas Italia Paling Populer, So Yummy!

Cafe Batavia

article image

image credit: IG@cafebatavia

alamat: Jalan Pintu Besar Utara No.14, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 09.00 – 00.00

Menggunakan bangunan peninggalan VOC, Cafe Batavia benar-benar menampilkan kesan kuno khas jaman dulu. Bangunannya sendiri sudah didirikan sejak tahun 1805 yang dulunya digunakan sebagai gedung administrasi VOC. Setelah itu gedung ini sempat beralih fungsi menjadi galeri seni, kemudian digunakan sebagai kaf tahun 1991 oleh Graham James. Namun peresmian kafe untuk umum baru dilakukan pada tahun 1993.

Di salah satu sisi kafe kamu akan melihat sebuah dinding besar yang digunakan sebagai wall of frame. Terdapat puluhan foto para pahlawan Indonesia, seperti Ir. Soekarno, R.A. Kartini, dan masih banyak lainnya. Konsep kafe yang serba klasik ditonjolkan dari penggunaan perabotan kursi dari kayu, pemasangan lampu gantung, serta lantai kayunya yang memberikan kehangatan. Untuk menunya tersedia masakan Nusantara dan Western yang pastinya lezat. Selain makan dan ngopi, kamu juga bisa menikmati live music yang sering diadakan di kafe ini.

Jangan lupa gunakan gotomalls.com untuk info terbaru seputar mall dan promo-promonya. Kunjungi beberapa rekomendasi mall dari Gotomalls.com seperti berikut ini:

Malls

Kedai Kopi Es Tak Kie

article image

image credit: IG@quephin

alamat: Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No. 4 – 6, Glodok, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 06.30-14.00

Berdiri pada 1927, Kopi Es Tak Kie didirikan oleh Liong Kwie Tjong, seorang perantau dari Tiongkok. Hingga kini, warung kopi ini telah dipegang oleh generasi ketiga bernama Ayauw dan Liong Kwang Joe. Di generasi ketiga ini pengelolaan kedai semakin maju dan modern hingga menggunakan sosial media sebagai media promosi. Meski begitu, cita rasa khas dari kopi di sini masih tetap dipertahankan.

Kopi andalannya yang cukup dikenal adalah Es Kopi Tak Kie. Kopi ini merupakan perpaduan dari jenis kopi Robusta maupun Arabika dari Lampung, Toraja, sampai Sidikalang. Selain bisa ngopi, kamu juga bisa sekalian makan di salah satu kedai kopi tertua ini. Ada mie ataupun nasi dengan lauk telur dan ayam yang enak.

BangiKopi

article image

image credit: destinasi-indonesia.com

alamat: Jl. Kali Besar Tim. No.21A, RT.7/RW.7, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 08.00-23.00

Buat kamu penggemar kafe bernuansa vintage wajib datang ke BangiKopi atau sering juga disebut Bangi Kopitiam. Di sini ada berbagai peralatan serba kuno sebagai dekorasi, seperti mesin tik, mesin jahit, motor pitung, dan foto. Perabotan yang serba warna putih dengan desain vintage terlihat kontras dengan langit-langit, lantai, dan dinding papan tulis yang serba hitam.

Nggak hanya menonjolkan dekorasi yang membuat suasana kafe terlihat keren, menu di sini juga jadi unggulan. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah, berkisar Rp 50.000-Rp 100.000/orang. Kamu bisa menikmati Chinese food, kuliner Nusantara, ataupun kuliner Thailand. Suasana kafe yang nyaman pasti akan membuatmu betah untuk berlama-lama ngopi atau sekedar nongkrong di sini.

Kedai Seni Djakarte

article image

image credit: IG@kedaisenidjakarte

alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 17, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 09.00-21.00

Dilihat dari luar, Kafe Seni Djakarte sudah sangat menonjolkan nilai klasik yang berasal dari jendela berwarna hijau dengan desain vintage. Mayoritas bangunan masih dibiarkan seperti dulu, termasuk ornamen, pintu, jendela, dan lantainya. Kafe ini terdiri dari dua lantai dan juga terdapat area outdoor di bagian depan dimana kamu bisa ngopi atau makan sambil memandangi Kota Tua. Di bagian dalam, dinding-dindingnya didekorasi dengan beragam tulisan yang memberikan nilai estetik.

Selain ngopi, menu makanan di sini juga wajib dicicipi karena rasanya enak dan harganya cukup terjangkau, hanya Rp 50.000-Rp 100.000/orang. Ada kuliner Nusantara seperti sop buntut, soto Betawi, dan iga bakar, serta menu Western seperti chicken cordon bleu dan spaghetti. Untuk minuman yang recommended adalah aneka es toples, yaitu minuman buah-buahan dan sirup yang disajikan di dalam toples kecil.

Sebgai alternatif, kamu juga bisa nongkrong di cafe-cafe ternama berikut ini :

Brands

Historia Food and Bar

article image

image credit: IG@ellynatjohnard

alamat: Jalan Pintu Besar Utara No. 11, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 10.00-21.00

Nggak jauh dari Kedai Seni Djakarte ada kafe lainnya yang asyik buat ngopi dan nongkrong. Adalah Historia Food and Bar, sebuah kafe bernuansa klasik yang diberi sentuhan modern sehingga memberikan tampilan yang menarik. Keaslian interior dan eksterior bangunan masih tetap dipertahankan untuk menciptakan tema vintage, seperti pada lantai dan dinding batu bata. Pemilihan furnitur juga makin mempertegas suasana khas tempo dulu.

Menu yang disajikan adalah kuliner Nusantara dari berbagai daerah. Ada karedok, pempek, soto betawi, bakmi jawa, dan masih banyak menu lainnya. Kamu jadi nggak perlu berkeliling Indonesia untuk mencicipi makanan khas daerah. Untuk harga menu standar seperti kafe-kafe lainnya, berkisar Rp 50.000-Rp 100.000/orang.

Semasa di Kota Tua

article image

image credit: IG@semasadikotatua

alamat: Jl. Jemb. Batu No.53, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

jam operasional: 11.00-18.00

Semasa di Kota Tua berlokasi di lantai 3 Gedung Olveh. Untuk menuju ke kafe, kamu akan menaiki tangga di lorong melingkar dengan dinding batu bata yang masih dipertahankan keasliannya. Nuansa era Belanda jadi terasa begitu kental. Semasa menghadirkan sebuah concept store yang menawarkan berbagai menu kopi yang enak untuk dinikmati sambil bersantai. Sebagai teman ngopi, ada beragam kue dan camilan yang lezat. Suasananya begitu menenangkan, membuat siapa saja jadi betah untuk berlama-lama di sini. Untuk oleh-oleh ada berbagai pernak-pernik yang dijual, seperti home amenities, parfum, paper craft, dan masih banyak lainnya.

Biar nokrong nggak bikin kantong bolong, nih manfaatkan promo-promo terbaru di bawah ini yang mungkin kamu suka!

Kopi Kota Tua

article image

image credit: IG@kopikotatuajakarta

alamat: Kerta Niaga Marketplace Unit K3-01 – Jl. Pintu Besar Utara No.11 Pinangsia, Tamansari, Kota Tua, Jakarta Barat

jam operasional: Senin-Jumat: 10.00-22.00, Sabtu & Minggu: 07.00-22.00

Suasana yang asyik langsung menyambut saat masuk ke Kedai Kota Tua. Kafe di Kota Tua ini terdiri dari dua lantai, di lantai 1 terdapat meja dan kursi, sedangkan lantai 2 berupa lesehan. Kombinasi klasik, kontemporer, dan modern pada interiornya membuat kafe ini terlihat unik. Dinding berwarna putih dengan sedikit aksen batu bata dan lantainya yang masih asli memperlihatkan konsep klasik. Sementara perabotannya memberikan sentuhan modern kontemporer.

Koleksi menu minuman kopi di sini cukup bervariasi, mulai dari latte dengan aneka rasa sampai coffee mix. Kalau nggak suka kopi masih ada minuman lainnya, seperti milk tea, milkshake, chocolate, dan jus jeruk. Untuk makanannya tersedia makanan ringan hingga berat, seperti nasi goreng, aneka mie, dan nasi ayam. Menu di sini dibanderol sangat murah, berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 38 ribu saja.


Selain kafe di Kota Tua, kamu masih bisa nongkrong sambil ngopi asyik di tempat lainnya di daerah Jakarta Barat. Ada BEANstro, Calais, dan Excelso. Lokasi dan info lebih detailnya bisa kamu lihat melalui situs GoToMalls.com. Ssstt..siapa tahu lagi ada diskon atau promo!

Malls


Brands