7 Mall Terbesar Di Kalimantan Untuk Hangout di Akhir Pekan

Memiliki wilayah yang luas dan daerah yang kaya akan sumber daya alam, Pulau Kalimantan berpotensi untuk menjadi daerah yang maju. Meski tak seramai di Jawa, tapi Kalimantan menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk bermigrasi. Ini berarti jumlah penduduk di sana pun semakin banyak. Melihat hal tersebut, pemerintah pun mulai mengembangkan sektor hiburan dan fasilitas dengan membangun pusat perbelanjaan besar yang bekerjasama dengan para investor

BACA JUGA:
6 Mega Mall di Medan Paling Populer! Mampir Yuk!

Sudah banyak mall dan pusat perbelanjaan besar berdiri di Kalimantan. Hingga tahun 2017 ini, kurang lebih ada tujuh mall di Kalimantan yang tersebar diseluruh penjuru pulau. Berikut adalah daftarnya:

Big Mall Samarinda

article image

source: bigmall.co.id

Kalimantan Timur menjadi salah satu propinsi yang maju, terutama di sektor industri. Dari segi hiburan pun Kalimantan Timur memiliki banyak mall besar, salah satunya Big Mall Samarinda. Sejak beroperasi pada tanggal 23 Oktober 2014, ke 33 merchant nya selalu ramai diserbu pengunjung, terutama tempat makan dan minum. Total merchant nya sendiri berjumlah 150.

Big Mall Samarinda berlokasi di Jalan Untung Suropati No.8, Karang Asam Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Mall ini memiliki 7 lantai yang menempati lahan seluas 6,7 hektar, sedangkan luas bangunannya sendiri adalah 200.000 m2. Hal ini menjadikannya sebagai mall terbesar di Kalimantan Timur.

Mall of Borneo Pontianak

article image

source: phlarchitects.com

Di kota Pontianak, Kalimantan Barat, juga terdapat mall besar yang dimulai pembangunannya pada 30 Mei 2014. Dinamakan Mall of Borneo, pusat perbelanjaan ini merupakan gabungan dari mall dan hotel berbintang empat yang berdiri di lahan seluas 233.779 m2. Berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kubu Raya, Pontianak, Mall of Borneo memiliki 10 lantai di mana 5 lantai merupakan mall utama dan 5 lantai atas merupakan hotel.

Pembangunan mall ini bertujuan untuk memberikan area pusat perbelanjaan sekaligus pasar wisata terlengkap di Pontianak dan Kalimantan Barat secara umum. Untuk itu Mall of Borneo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti department store, bioskop, kuliner, city walk, dan theme park yang juga memiliki playground sehingga ramah untuk anak-anak.

Atau kamu juga bisa cek brand-brand rekomendasi Gotomalls berikut ini:

Brands

Plaza Balikpapan

article image

source: nusantarawisata.com

Balikpapan merupakan kota besar lainnya di Kalimantan Timur yang sudah sangat berkembang. Di kota ini juga sudah berjejer mall-mall besar dan yang terbesar adalah The Plaza Balikpapan yang beralamatkan di Jl. Jendral Sudirman No. 1, Klandasan llir, Balikpapan. Area parkirnya sendiri sangat besar yang mampu menampung 709 mobil dan 1200 motor.

Berdiri pada tahun 2012, mall ini memiliki 4 lantai yang menawarkan ragam fasilitas untuk belanja, hiburan, dan kuliner. Dengan 55 gerai yang buka di The Plaza Balikpapan, para pengunjung akan terpuaskan saat mengunjunginya. Belum lagi desain interiornya yang mewah serta taman di area luar yang dilengkapi kolam, memberikan kesan modern yang membuat betah.

Kamu mungkin tertarik dengan promo-promo berikut ini. Yuk dicek!

Duta Mall Banjarmasin

article image

source: dutamall.co.id

Beralih ke bagian Selatan, ada Duta Mall Banjarmasin sebagai mall terbesar di Kalimantan Selatan yang diresmikan pada 7 Juli 2007. Mall ini memiliki konsep ingin memberikan fasilitas yang aman dan nyaman untuk berbelanja maupun berekreasi yang meliputi Trade Center, Mall, Hotel. Berada di atas tanah seluas 80.000 m2 di Jl. Ahmad Yani KM 2, Banjarmasin, Duta Mall memiliki 4 lantai dengan 300 tenant yang meliputi kuliner, fashion, dan hiburan. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah ruang menyusui, masjid, klinik, ATM Center, SIM Corner, dan hotel berbintang.

Q Mall Banjarbaru

article image

source: riyadhguesthouse.co.id

Bergeser sedikit dari Banjarmasin, ada satu mall besar di Banjarbaru. Q Mall namanya, berada tepat di batas Kota Banjarbaru dengan Kabupaten Banjar (Martapura) yang beralamatkan di Jl. A. Yani KM. 36,8 Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Mall ini dilengkapi dengan beragam fasilitas dari banyak tenant terkemuka yang meliputi food court, arena hiburan, shopping center, hotel berbintang, bahkan memiliki masjid terbesar di Kalimantan Selatan. Total ada 66 tenant yang mengisi mall besar ini. Q Mall juga sering mengadakan event tiap minggunya, dengan begitu pengunjung pun makin banyak.

Nah, berikut adlaah beberapa event seri di Kalimantan yang bisa kamu ikuti:

e-Walk Balikpapan

article image

source: egrandeurhotels.com

Balikpapan masih memiliki satu lagi mall besar lagi bernama e-Walk yang berlokasi di Jl. Jenderal sudirman No.47, Balikpapan. Dibuka sejak 9 September 2009, mall ini berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2 dengan 4 lantai yang diisi 94 tenant. Memadukan konsep modern, ceria, dan suasana nyaman, e-Walk memberikan ragam kemudahan pada pengunjung dalam satu lokasi. Hiburan, kuliner, atau belanja, semuanya bisa dilakukan di sini. Sangat ringkas dan efisien pastinya, jadi pengunjung tak perlu pergi ke tempat lain lagi.

Samarinda Central Plaza

article image

source: wikimedia.org

Berdiri sejak 2001, Samarinda Central Plaza menjadi salah satu icon kota Samarinda sebagai pusat perbelanjaan besar dan lengkap. Lokasinya strategis tepat di jantung kota Samarinda beralamatkan di Jl. Pulau Irian No. 1 Samarinda dan berdekatan dengan Swiss-Belhotel Borneo Samarinda dan Aston Samarinda City Hotel. Hal ini menjadikannya mudah untuk diakses seluruh warga yang ingin mengunjungi ke 66 tenant besar nya yang sudah terkenal. Dengan lahan parkir yang luas, mall ini mampu menampung hingga 900 mobil dan 500 motor yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan, kebersihan, dan parkir yang terjamin.

Selain ketujuh mall di atas, masih ada berbagai pusat perbelanjaan di Kalimantan yang nggak kalah besar dan tentunya wajib kita kunjungi. Untuk mengetahui lokasi mall di Kalimantan atau di berbagai kota lain di Kalimantan, langsung aja visit Gotomalls.com. Sistem geo-lakasi yang canggih akan memudahkanmu dalam menemukan berbagai promo, event dan kupon serta lokasi mall dan merchant terdekat.

Malls


Brands