Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Meskipun tidak mudah, olahraga rutin sudah menjadi proses tak terpisahkan dalam diet. Ironisnya, tidak sedikit pula yang gagal menurunkan berat badan karena tidak sanggup meneruskan program olahraga.

Tidak bisa dipungkiri, menjaga repetisi aktivitas fisik secara berkelanjutan memang butuh usaha lebih. Terutama untuk mereka yang sebelumnya jarang sekali berolahraga.

Sebagian orang lantas mencari cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Namun, adakah cara yang lebih baik tanpa olahraga?

Berat badan bisa turun tanpa olahraga, tapi...

Dalam sebuah kesempatan bersama US News & Report, Dr Scott A Cunneen, Direktur Bedah Metabolik dan Bariatrik dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles menjelaskan bahwa olahraga meningkatkan efisiensi pembakaran kalori dalam tubuh.

Olahraga mampu mempercepat proses metabolisme tubuh, dan itu sangat bagus untuk diterapkan dalam program penurunan berat badan.

Hasil yang diperoleh tetap tergantung dari frekuensinya itu sendiri, namun olahraga akan membantu mempercepat prosesnya.

Kesimpulannya, cara menurunkan berat badan yang tidak disertai olahraga akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Meski begitu, hal ini tidak selalu buruk.

Menurut Jill Wisenberger, ahli gizi dan penulis Prediabetes: A Complete Guide and Diabetes Weight Loss - Week by Week, menurunkan berat badan secara perlahan bisa lebih mudah untuk dipertahankan daripada melakukannya secara cepat.

Keputusannya kembali kepada diri sendiri. Jika kamu tetap berencana menurunkan berat badan tanpa olahraga, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Perbanyak Asupan Protein

article image

Image source: realfood.co.id

Makanan tinggi protein sudah terbukti mampu membuat perut kenyang lebih cepat dan lebih sedikit kebutuhan kalori. Protein diketahui dapat mempengaruhi sejumlah hormon yang berperan terhadap rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1.

Beberapa sumber pangan tinggi protein yaitu tempe, dada ayam, telur, ikan, daging sapi, dan kacang-kacangan. Protein adalah menu wajib yang sangat dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan penurunan berat badan.

2. Kunyah Makanan Sampai Halus

article image

Image source: Medical News Today

Trik mudah namun cukup membantu untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga, mengunyah secara perlahan sampai makanan benar-benar halus.

Mengunyah makanan secara menyeluruh akan membuat kita makan lebih lambat dan ini berkaitan dengan pengurangan porsi makanan dan peningkatan rasa kenyang. Menghitung jumlah kunyahan bisa membantu kita mengunyah secara perlahan.

3. Perbanyak Makanan Tinggi Serat

article image

Image source: indoindians.com

Selain daripada protein, serat juga dapat mendukung keberhasilan penurunan berat badan. Makanan tinggi serat mampu membuat tubuh kenyang lebih lama sekaligus memperlancar sistem pencernaan selama diet.

Ada salah satu jenis serat yang cocok untuk menu diet, yaitu serat kental (viscous fiber). Serat kental bisa ditemukan dalam makanan nabati seperti gandum, asparagus, kacang-kacangan, jeruk, dan sebagainya.

4. Perbanyak Asupan Cairan

article image

Image source: Harvard Health

Menambah porsi minum harian bisa membantu kita makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika kita minum sebelum makan.

Sebuah studi yang melibatkan partisipan dewasa mengungkapkan bahwa minum setengah liter air sekira 30 menit sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Untuk kamu yang terbiasa minum minuman manis, sebaiknya ganti dengan air mineral agar memberikan efek kesehatan lebih.

5. Puasa Intermiten

article image

Image source: detikFood - detik.com

Untuk menggantikan peran olahraga dalam proses penurunan berat badan, salah satu pilihan terbaiknya adalah dengan menerapkan puasa intermiten.

Puasa ini dilakukan dalam jangka pendek namun teratur; mengatur pola dan jenis makanan dalam periode waktu yang lebih singkat di siang hari. Puasa intermiten sendiri berbeda-beda tergantung metode yang dipilih.

Salah satu metode populer yaitu metode 16/8 (puasa 16 jam dan makan selama 8 jam). Biasanya, orang-orang memilih jam makan sekitar tengah hari hingga jam 8 malam.

6. Perbaiki Pola Tidur

article image

Image source: Healthy Living Men

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga berikutnya adalah dengan memperbaiki pola tidur pada malam hari. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari 5-6 jam per malam berikaitan dengan peningkatan resiko obesitas.

Kualitas tidur yang tidak optimal juga berpotensi melambatkan proses metabolisme, sehingga dapat mempengaruhi berat badan.

Selain itu, durasi tidur juga bisa mempengaruhi pengaturan hormon-hormon yang bertanggung jawab mengontrol nafsu makan dan rasa kenyang.

7. Manajemen Stres

article image

Image source: Voice of Margin

Yang terkahir, yaitu manajemen stres, cukup berpengaruh pada penurunan dan penambahan berat badan. Seperti diketahui, stres memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol, yang berperan dalam menurunkan nafsu makan sebagai bentuk respons tubuh ketika menghadapi ancaman.

Namun, ketika orang berada di bawah tekanan konstan, kortisol akan tetap berada di aliran darah lebih lama, yang akhirnya malah berpotensi meningkatkan nafsu makan.

Beberapa trik yang bisa kamu coba yaitu meditasi, yoga, latihan teknik pernapasan tertentu, atau bisa juga dengan melakukan relaksasi.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: ricktroy.com