Buang Masker Medis yang Benar

Pandemi Covid-19 ini membuat orang tidak bisa lepas dari masker, terlebih saat keluar rumah. Tujuannya tentu untuk mencegah atau meminimalisir penularan Covid-19.

Bicara tentang masker, sebenarnya ada beberapa jenis masker yang beredar di pasaran. Ada masker medis, masker kain, dan lain sebagainya. Jika masker kain bisa digunakan berulang beda dengan masker medis.

Masker medis dianjurkan hanya satu kali pakai. Untuk pemakaiannya pun tidak boleh seharian dan harus disesuaikan dengan aktivitas. Itu sebabnya pengguna masker medis akan lebih sering membuang masker bekas pakainya.

Namun tahukah kamu jika membuang masker medis itu tidak bisa asal. Ada cara-cara tertentu yang perlu dilakukan sebelum membuang masker medis. Apa saja itu?

Cara Membuang Masker Medis

article image

Image source: popular.com

  • Sebelum melepas masker, kamu perlu mencuci tangan lalu lepas perlahan tanpa menyentuk sisi depan masker.
  • Semprot masker yang akan dibuang dengan cairan desinfektan agar kuman atau virus yang menempel pada masker tidak tersebar.
  • Setelah itu putuskan tali elastisnya dan robek masker agar tidak didaur ulang orang orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Buang masker pada tempat sampah tertutup setelah dirusak sebelumnya. Kamu bisa juga membuangnya ke kantong plastik transparan agar memudahkan petugas pengolahan limbah.
  • Jangan lupa bersihkan tangan setelah menyentuh masker, cuci dengan sabun dan aplikasikan hand sanitizer.

Berbeda dengan masker kain, masker medis memang tidak bisa digunakan ulang atau disimpan untuk hari selanjutnya. Masker ini hanya bisa satu kali pakai. Untuk itu cara membuangnya pun harus benar agar tidak ada yang menyalahgunakannya.

Lebih efisennya lagi kamu bisa mengumpulkan masker medis yang sudah tidak digunakan dan sudah dirusak dalam satu kantong plastik yang sama. Sehingga petugas pengolahan limbah tidak mengikut sertakan masker bekas kita untuk diolah kembali.

Malls

Articles

Featured Image Source: independent.co.uk