Cara Menyambung HP Oppo ke TV Untuk Semua Tipe, Mudah dan Sederhana

Hidup tidak pernah lebih mudah dan menyenangkan dengan kehadiran smartphone yang menawarkan berbagai akses canggih hanya melalui satu sentuhan. Belum lagi konektivitasnya yang luas memungkinkan kita terhubung dengan beberapa perangkat elektronik sekaligus.

Untuk pengguna smartphone Oppo, kali ini Gotomalls akan membagikan tips cara menyambung HP Oppo ke TV untuk semua tipe dengan langkah-langkah yang mudah dan sederhana.

Cara Menyambung HP Oppo ke TV

article image

Image source: apkpure.com

Ada 4 pilihan cara untuk menyambungkan User-Interface perangkat Oppo ke layar televisi. Berikut penjelasannya:

Via Kabel HDMI

article image

Image source: tokokomputer007.com

High-Definition Multimedia Interface atau HDMI memiliki tiga tipe ukuran yang paling umum, yaitu tipe A (reguler), tipe C (mini), dan tipe D (mikro). Kabel HDMI bisa didapatkan di toko-toko gadget yang tersedia di mall terdekat di kotamu. Pilih kabel HDMI yang sesuai dengan konektivitas perangkat Oppo.

Selain itu, pastikan juga televisi yang digunakan memiliki port HDMI cadangan. Setiap port biasanya ditandai dengan kode tulisan AV1, AV2, AV3, dan seterusnya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungkan perangkat Oppo menggunakan kabel HDMI dengan salah satu port tersebut.

Untuk menampilkan User-Interface, cukup ganti saluran TV dengan remote ke program AV yang digunakan. Misalnya kamu terhubung dengan port AV1, maka pilihlah program AV1.

Via Kabel MHL

article image

Image source: cablesnmore.com

Cara menyambung HP Oppo ke TV selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel MHL (Mobile High-Definition Link). Cara ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk memutar media dari perangkat Oppo ke televisi, tapi juga bisa bernavigasi menggunakan remote TV dan mengisi daya di saat yang bersamaan.

MHL memanfaatkan port mikro USB yang sama dengan yang kita pakai untuk mengisi daya. Jika tipe smartphone Oppo yang kamu miliki tidak mendukung HDMI, biasanya akan digantikan dengan MHL. Pastikan TV kamu mendukung koneksi MHL, jika tidak bisa, kamu bisa menggunakan adaptor MHL yang sesuai dengan spesifikasi
perangkatnya.

Google Chromecast

article image

Image source: konga.com

Kalau kamu ingin menonton film, memutar video, atau memutar playlist musik yang tersimpan di smartphone melalui televisi dengan mudah tanpa harus menyambungkan kabel, kamu bisa mengandalkan Google Chromecast.

Cara kerjanya mirip seperti Apple TV atau AirPlay, di mana pengguna hanya perlu terhubung dengan jaringan Wifi rumah yang sudah dikoneksikan dengan Google Chromecast. Tinggal pilih konten yang akan diputar, dan seketika akan tampil di layar TV.

Pertama-tama, hubungkan dongle ke port HDMI di bagian samping atau belakang layar TV. Setelah itu instal aplikasi Google Chromecast dan hubungkan smartphone dengan jaringan wifi lokal. Gunakan aplikasi Google Chromecast untuk terhubung dengan TV.

Miracast

article image

Image source:appadvice.com

Cara menyambung HP Oppo ke TV terakhir adalah menggunakan aplikasi Miracast. Cara ini hanya bisa dilakukan jika smartphone kamu memiliki fitur Multi-Screen Interaction. Selain itu, TV yang kamu gunakan harus mendukung fitur yang sama.

Caranya cukup mudah, pertama-tama download aplikasi Miracast di Google Play Store lalu hubungkan perangkat Android dengan jaringan wifi. Buka aplikasi Miracast, tap “Connect”, masuk ke pengaturan TV dan aktifkan fitur Multi-Screen. Selanjutnya akan muncul nama-nama device di layar smartphone, pilih nama TV yang akan digunakan lalu sambungkan.

Jika TV tidak mendukung fitur Multi-Screen, kamu bisa menggunakan adaptor tambahan seperti STB dan dongle HDMI.

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini:

Articles


Demikianlah 4 cara menyambung HP Oppo ke TV. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: hantologie.com