Bahaya Charger Palsu

Charger ponsel adalah salah satu barang yang mudah hilang dan rusak. Karena itu tidak sedikit orang memberi charger double. Sayangnya masih ada lho orang yang mau membeli charger KW atau palsu demi menghemat uang.

Jika kamu pernah melakukannya, kamu wajib membaca ini. Adaptol palsu yang dijual di konter-konter tidak dirancang untuk memenuhi standar keamanan industri. Dalam kata lain charger palsu bisa sangat membahayakan dan berpotensi mengundang kebakaran.

Dalam sebuah studi menjelaskan jika beberapa tahun terakhir ini banyak insiden kebakaran terjadi lantaran sengatan arus pendek listrik dari telepon seluler. Coba kita jabarkan satu persatu bahaya charger palsu.

1. Merusak HP

article image

Image source: cnnindonesia.com

Namanya juga barang palsu sudah pasti tingkat keamanannya tidak standar seperti aslinya. Charger palsu bisa mengakibatkan ponsel lambat laun rusak saat pengisian daya.

Kok bisa sih? Tentu saja, karena komponen perangkat hp yang sensitif bertemu charger dengan voltase yang cenderung tidak stabil dapat mengakibatkan banyak masalah.

2. Overheating

article image

Image source: carlcare.com

Apa itu overheating? Adalah kondisi di mana mesin hp memiliki suhu panas yang berlebihan. Voltase tidak stabil yang dihasilkan oleh charger palsu mengakibatkan komponen listrik membuat baterai hp mudah panas. Jika dibiarkan ini dapat menyebabkan kerusakan hingga bisa meledak.

3. Lubang USB Rusak

article image

Image source: semutimut.com

Panas yang dihasilkan dari charger palsu tidak hanya bisa merusak baterai tapi juga libang USB. Apalagi jik hp kalian merek iPhone, akan lebih sensitif lagi.

4. Slow Charging

article image

Image source: techcult.com

Sepertinya sudah hampir tidak ada ponsel yang tidak dilengkapi dengan sistem fast charging. Sayangnya jika kamu menggunakan charger palsu, pengisian daya mungkin akan terasa lebih lama dari biasanya.

5. Menghantarkan Listrik

article image

Image source: smartprotection.com

Terakhir yang juga tidak kalah membahayakan adalah berpotensi terjadi ledakan dan sengatan listrik. Hal ini bisa disebabkan karena tekanan daya listrik yang berbeda. Makanya ngeri juga kalau pas langi ngecas terus digunakan untuk main atau telponan.

Kalau udah tau 5 bahaya di atas, masa iya kamu masih mau beli charger KW?

Malls

Articles

Featured Image Source: makeuseof.com