Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Cara menghilangkan embun di kamera HP itu sebenarnya cukup mudah, cukup dengan memanfaatkan benda-benda atau peralatan yang ada di rumah, masalah ini bisa teratasi tanpa perlu repot-repot pergi ke tempat service gadget.

Sebelum kita masuk ke poin pembahasan tipsnya, sebaiknya ketahui dulu penyebab-penyebab kamera hp berembun supaya kamu bisa mengantisipasinya di kemudian hari.

Penyebab Kamera HP Berembun

Kamera HP yang berembun akan sangat mengganggu saat kita menggunakannya untuk memotret. Setinggi apapun resolusinya, kualitas gambar yang dihasilkan akan tetap terlihat buram. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini, yaitu:

  • Main screen berembun

  • Perangkat tersiram/tercebur ke dalam air atau kehujanan

  • Kaca kamera bermasalah

  • Case HP tidak tertutup rapat

  • Disimpan terlalu lama di ruangan lembab

Jika kasusnya disebabkan kaca kamera bermasalah, mungkin kamera hp kamu akan sering berembun walaupun sudah berulang kali ditangani. Satu-satunya cara efektif adalah memperbaikinya atau mengganti kaca kamera.

1. Menghilangkan Embun Kamera HP dengan Silica Gel

article image

Image source: Ali Express

Daripada terbuang percuma, kamu bisa memanfaatkan silica gel sebagai cara menghilangkan embun di kamera HP. Silica gel sendiri memiliki fungsi untuk menyerap sekaligus menjaga kelembapan, dan ini cocok sekali untuk mengatasi kamera berembun.

Caranya sangat gampang, pertama-tama matikan HP dan lepaskan baterainya (jika baterai bisa dicopot). Kemudian, letakan HP di dalam wadah plastik dan taburi silica gel di atasnya. Jika baterai tidak bisa dicopot, cukup taburi di sekitar kamera saja.

2. Menggunakan Beras

article image

Image source: Republika.co.id

Selain silica gel, kita juga bisa menggunakan beras sebagai alternatifnya. Beras punya sifat yang sama seperti silica gel, yaitu menyerap kelembapan.

Selain itu, bahan ini pun lebih mudah ditemukan karena di setiap rumah tentunya terdapat beras. Caranya kurang lebih sama seperti sebelumnya, pertama-tama siapkan wadah yang sudah diisi beras secukupnya. Kemudian, masukkan hp ke dalam wadah tersebut.

Jangan lupa menutup wadah dengan rapat. Kalau bisa, sebaiknya kamu gunakan wadah kedap udara supaya penyerapannya lebih baik. Selanjutnya, biarkan sampai embun di kamera menghilang.

3. Menghilangkan Embun dengan Hair Dryer

article image

Image source: Reviewed.com

Hair dryer yang biasa dipakai sebagai pengering rambut juga bisa kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan embun di kamera HP. Caranya pun tidak kalah mudah, kamu hanya perlu mengarahkan udara dari hair dryer ke kamera HP.

Tetapi pastikan ponsel sudah dimatikan terlebih dulu dan dilepas case-nya. Todongkan hair dryer sekitar 15 cm dari kamera, jangan terlalu dekat ataupun terlalu jauh.

Jika ingin menggunakan cara ini, mungkin tangan kamu akan terasa agak pegal karena harus memegang hair dryer cukup lama.

4. Memanfaatkan Cahaya Lampu

article image

Image source: Moddb.com

Jika sedang dalam kondisi darurat dan tidak ada medium lain yang tersedia, solusinya bisa menggunakan lampu, entah itu lampu senter maupun dari bohlam. Prinsipnya tidak jauh berbeda seperti hair dryer, yaitu memaksa embun menguap dari kamera HP.

Pertama, matikan perangkat terlebih dahulu dan letakkan di atas tisu atau kain kering yang bersifat mudah menyerap air. Sorotkan lampu ke arah kamera HP dalam jarak yang disesuaikan dengan intensitas cahaya.

Jika lampu sangat terang, posisikan di jarak yang tidak terlalu dekat, begitu pula sebaliknya. Setelah itu, kita tinggal tunggu sampai embun menguap dan hilang.

5. Menjemur HP di Bawah Sinar Matahari

article image

Image source: Unsplash.com

Jalan terakhir yang bisa kamu coba jika cara-cara sebelumnya tidak bisa dilakukan adalah memanfaatkan sinar matahari. Tapi, cara ini harus dilakukan dengan benar dan hati-hati karena beresiko merusak kamera HP.

Kita juga akan membutuhkan wadah transparan untuk menahan agar sinar matahari tidak terpapar secara langsung.

Pertama, matikan HP dan buka casing-nya. Letakkan HP dalam posisi layar menghadap ke bawah di atas beberapa helai tisu atau kain bersih & kering. Kemudian, letakkan sebuah wadah di atasnya. Jemur di bawah sinar matahari.

Selain itu, pastikan wadah tersebut tidak menghalangi sirkulasi udara yang keluar masuk. Kamu bisa menggunakan ganjalan untuk memberi jarak antara hp dan wadah.

Perlu diingat bahwa cara menghilangkan embun di kamera HP ini cuma efektif jika embun tidak terlalu banyak. Kita juga tidak boleh menjemur HP terlalu lama karena bisa menyebabkan debu masuk dan merusak lensa.


Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menghilangkan embun di kamera HP. Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Products

Articles

Featured image source: theverge.com