Cara Merawat Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang banyak manfaatnya, namun juga diperlukan ketelatenan dalam merawatnya.Tak hanya soal memberi makan, ada banyak peran harus dilakukan agar hewan peliharaan tidak mudah stres.

Apalagi ini menyangkut rutinitas sehari-hari. Memastikan kenyamanan, makanan, kesehatan, dan kebersihan peliharaan. Dan berikut ini cara merawat hewan peliharaan di rumah agar mereka tak mudah stres dan tetap bahagia.

1. Periksa Hewan Peliharaan Secara Teratur

article image

image source: holidogtimes.com

Cara merawat hewan peliharaan yang pertama adalah dengan rajin mengajak mereka berkunjung ke dokter hewan. Pastikan hewan peliharaan mendapat pemeriksaan rutin, mengingat umurnya tidak lebih panjang daripada manusia. Untuk anjing atau kucing, setidaknya mendapatkan pemeriksaan sekali atau dua kali dalam setahun. Seiring bertambahnya usia hewan peliharaan, maka intensitas kunjungan ke dokter hewan bisa semakin rutin.

Mungkin awalnya akan sangat susah, apalagi kucing termasuk hewan yang tidak terlalu suka meninggalkan lingkungannya. Namun perlahan-lahan kamu harus berusaha membujuk mereka agar mau melakukan pemeriksaan. Berbeda dengan anjing, mereka bisanya senang melakukan perjalanan apalagi menggunakan mobil.

Jadi untuk mengajak mereka pergi ke dokter hewan akan lebih mudah. Untuk hewan peliharaan lainnya dengan ukuran yang lebih kecil bisanya mereka akan lebih mudah untuk dibawa ke dokter hewan.

2. Berikan Vaksinasi

article image

image source: eurakavet.com.au

Membawanya ke dokter berarti kamu juga perlu memberi hewan peliharaan vaksinasi. Cara merawat hewan peliharaan ini akan sangat membantu kamu dan mereka menjaga kesehatan lingkungan. Vaksin akan melindungi hewan peliharaan dari berbagai penyakit yang mungkin saja bisa menular pada manusia. Misalnya rabies, penyakit Lyme, herpes, dan distemper.

Jika kamu mengadopsi hewan yang sudah besar pastikan mereka juga diberi vaksin, karena kita tidak pernah tau apakah pemilik sebelumnya telah melakukan hal serupa atau belum.

3. Beri Makanan Sehat dan Teratur

article image

image source: scitechdaily.com

Memberi makanan sehat dan teratur tentu masuk dalam cara merawat hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Memberi mereka makanan yang tepat akan menjamin kesehatan dan kualitas hidup hewan peliharaan kamu. Makanan akan memberi mereka nutrisi dan energi untuk kelangsungan hidup.

Jangan lupa untuk rajin mengganti makanan dan minuman segar dengan teratur pada tempat yang telah kalian sediakan. Terkadang sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak diganti dapat menjadi sarang bakteri dan jamur. Hal tersebut menyebabkan gangguan pada hewan peliharaan serta dapat menginfeksi mereka.

4. Membersihkan Hewan Peliharaan

article image

Image source:hgtv.ca

Sebagai pemilik hewan peliharaan, kamu juga harus rajin membersihkan mereka. Mulai dari memandikan, membersihkan bulu-bulu mereka, menyikat kuku dan gigi, dan memastikan di badannya tidak ditempeli kutu atau jamur.

Cara merawat hewan peliharaan ini terkadang sering disepelekan dan dilupakan. Untuk itu, sediakan jadwal dan tambahan alarm agar kamu tidak lupa untuk membersihkan hewan peliharaan.

5. Beri Tempat yang Nyaman

article image

Image source: willanyonehearthis.com

Tentu berbeda hewan peliharaan dengan hewan liar. Hewan liar terbiasa mencari tempat ternyaman di alam terbuka untuk beristirahat, namun hewan peliharaan tidak bisa diperlakukan sama. Sebagai pemilik hewan peliharaan, kamu memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan tempat nyaman untuk mereka.

Jika hewan peliharaan tidak diletakkan di kandang, mungkin kamu bisa mencarikan satu sudut dengan tempat istirahat yang sesuai untuk mereka.Pastikan tempat tersebut jauh dari kabel terbuka, karena anjing dan kucing terutama sering menganggap kabel sebagai mainan. Ini akan cukup membahayakan.

Satu lagi, jauhkan tempat bermain hewan peliharaan dari tanaman beracun dan berduri. Jangan lupa untuk rajin membersihkan rumah karena kesehatan manusia juga memiliki dampak besar terhadap kondisi fisik hewan peliharaan.

6. Melatih Hewan Peliharaan

article image

Image source: 123pets.com

Salah satu aspek terpenting dari merawat hewan peliharaan adalah memastikan mereka terlatih dengan baik. Melatih kucing dan anjing akan lebih mudah dibandingkan hewan lain. Jika hewan peliharaan terlatih dan dapat bersosialisasi dengan baik, mereka tidak akan banyak merepotkan pemiliknya.

Latihan bisa dimulai saat mereka masih kecil. Misalnya dengan melatih mereka untuk buang kotoran di toilet, tidak merusak barang, berlatih kepatuhan, dan masih banyak lainnya.

7. Ajak Mereka Berkomunikasi

article image

image source: epost.com

Siapa bilang hewan tidak bisa diajak komunikasi? Padahal sudah banyak kasus hewan peliharaan mengerti perasaan majikannya. Cara merawat hewan peliharaan ini bisa kamu mulai dengan rajin mengajaknya berkomunikasi secara intens. Bangun ikatan yang kuat antara kamu dan hewan peliharaan. Peluk hewan peliharaan ketika mereka melakukan hal yang benar dan lakukan komunikasi kecil lainnya.

Cara ini akan sangat efektif mengembangkan pertumbuhan hewan. Tidak hanya bahagia, antara pemilik dan hewan peliharaan pun akan tumbuh ikatan batin yang kuat. Mungkin saja mereka jadi yang pertama datang ketika kamu sedang mengalami kesedihan.


Semoga 7 cara merawat hewan peliharaan di atas dapat membantu kalian lebih bertanggung jawab dapat merawat binatang di rumah. Jangan lupa untuk sayangi hewan peliharaanmu dengan tulus.

Malls

Brands

Articles

Featured image source: paw.id