7 Ikon Wisata Dunia Ini Punya “Kembaran” di Indonesia

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki ikon wisatanya masing-masing, semua itu tak lepas dari pengaruh besar kebudayaan Nusantara yang sangat beragam. Dari sekian banyak ikon wisata di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki kemiripan dengan ikon wisata populer dunia. Seperti 7 ikon wisata di bawah ini!

1. Arc de Triomphe & Monumen Simpang Lima Gumul

article image

Image source: britannica.com

Arc de triomphe de l'Étoile (Gapura Kemenangan) adalah sebuah monumen megah yang bisa kita jumpai di tengah-tengah area Place de l'Étoile di kota Paris. Monumen ini dibangun pada awal abad ke-19 atas perintah Napoleon Bonaparte sebagai tanda penghormatan terhadap jasa para prajurit. Arc de Triomphe merupakan monumen paling terkenal di kota Paris selain Menara Eiffel.

article image

Image source: pegipegi.com

Monumen dengan wujud serupa bisa kita jumpai di Kota Kediri, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul (SLG). Entah sengaja atau tidak, tapi bentuk monumen SLG memang nyaris sama persis seperti monumen Arc de Triomphe, hanya warna bangunan dan motif ukirannya saja yang berbeda. Ikon Kota Kediri ini juga sudah menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru di Kabupaten Kediri.

2. Maldives & Pantai Ora

article image

Image source: robbreport.com

Maldives atau Maladewa merupakan suatu negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (pulau koral) yang mengelilingi sebuah laguna di Samudra Hindia. Negara ini terkenal dengan pemandangan lautnya yang sangat indah, perairannya jernih, suasana tenang, sehingga tak heran kalau para wisatawan dunia selalu tertarik untuk berkunjung ke Maldives.

article image

Image source: newswantara.com

Di Indonesia, terdapat sebuah pantai dengan kondisi alam yang mirip seperti di Maldives, yaitu Pantai Ora di Pulau Seram, Maluku Tengah. Maldives dan Pantai Ora keduanya sama-sama memiliki laguna dengan air yang jernih, suasana tenang, serta terdapat banyak penginapan wisata di atas air.

3. Piramida Kukulkan & Candi Sukuh

article image

Image source: taringa.net

Di Meksiko terdapat suatu kompleks bangunan bersejarah yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, yaitu Chichén Itzá. Kompleks ini merupakan peninggalan peradaban bangsa Maya pada abad 800 SM. Di lokasi ini juga berdiri sebuah Piramida yang pernah menjadi pusat kegiatan politik dan ekonomi bangsa Maya, yaitu Piramida Kukulkan.

article image

Image source: jejakpiknik.com

Sebuah candi yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki bentuk bangunan yang serupa seperti Piramida Kukulkan, yaitu Candi Sukuh. Di sekitar area Candi Sukuh terdapat beberapa patung hewan, garuda, bangunan dengan relief tapal kuda dan dua sosok manusia, serta sebuah patung kecil tanpa kepala. Catatan tentang penemuan Candi Sukuh pertama kali dilaporkan pada masa pemerintahan Britania Raya di Residen Surakarta pada 1815 oleh Johnson, yang ditugaskan oleh Thomas Stanford Raffles.

4. Gunung Everest & Puncak Jaya

article image

Image source: britannica.com

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.850 meter (29.002 kaki) di atas permukaan laut. Gunung yang termasuk dalam “Seven Summits” ini berada di lempeng Asia, berbatasan langsung dengan Nepal di sebelah selatan, dan di sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok dan Tibet.

article image

Image source: bobo.grid.id

Di Indonesia juga terdapat salah satu gunung tertinggi yang masuk dalam daftar “Seven Summits”, yaitu Puncak Jaya (Jayawijaya) di Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 meter dengan gletser tropika di area puncaknya. Dengan ketinggian tersebut, Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi di Indonesia kawasan Oceania.

Baca juga rekomendasi destinasi wisata lainnya di bawah ini:

Articles

5. Patung Christ the Redeemer & Patung Yesus Memberkati

article image

Image source: britannica.com

Patung Christ the Redeemer atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kristus Penebus” adalah patung Art Deco terbesar yang bisa kita jumpai di Rio de Janeiro, Brasil. Patung ini berdiri kokoh setinggi 38 meter di puncak Gunung Corcovado dan telah menjadi simbol umat Kristen serta ikon kebanggaan kota Rio de Janeiro.

article image

Image source: pegipegi.com

Patung raksasa dari sosok Yesus juga bisa kita jumpai di Indonesia, tepatnya di Winangun I, Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. Patung itu dikenal sebagai “Yesus Memberkati” atau dalam pelafalan lokal “Yesus Kase Berkat”. Patung ini memiliki ukuran setinggi 30 meter dengan penopang 20 meter. Patung Yesus Memberkati merupakan patung Yesus tertinggi ke-4 di dunia.

6. Golden Gate Bridge & Jembatan Ampera

article image

Image source: history.com

Di San Francisco, California, terdapat sebuah jembatan gantung yang membentang di sepanjang Samudra Pasifik sampai Teluk San Francisco, jembatan itu disebut Golden Gate Bridge. Salah satu jembatan paling ikonik di dunia ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 2.727 meter, dengan jarak antar menara 1.280 meter.

article image

Image source: notepam.com

Dengan struktur dan warna jembatan yang serupa, Jembatan Ampera di Kota Palembang, Sumatera Selatan, disebut-sebut mirip seperti Golden Gate Bridge SF. Jembatan sepanjang 1.177 meter dengan jarak antar menara sepanjang 75 meter ini juga sudah dianggap sebagai ikon kota.

7. Big Ben & Jam Gadang

article image

Image source: theculturetrip.com

Yang terakhir adalah dua menara jam yang sangat populer di masing-masing negara. Di Inggris, kita mengenal Big Ben sebagai menara jam besar, yang terletak di sebelah utara Istana Westminster, London. Bangunan ini sebenarnya bernama Elizabeth Tower, sedangkan Big Ben adalah lonceng besar di menara tersebut, tapi orang-orang lebih mengenalnya sebagai Big Ben.

article image

Image source: blog.reservasi.com

Sedangkan di Indonesia, kita memiliki Jam Gadang. Menara jam ini berdiri kokoh di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Menara jam setinggi 36 meter ini sudah menjadi ikon kota Bukittinggi, di sekitarnya terdapat taman yang sering dijadikan lokasi penyelenggaraan acara-acara umum sekaligus tempat rekreasi.


Itulah 7 ikon wisata di Indonesia yang mirip dengan ikon wisata dunia. Atur saja perjalanan kamu dengan agen perjalanan terpercaya yang ada di mall terdekat di kotamu.

Brands

Temukan juga promo-promo liburan menarik lainnya di bawah ini.

Kunjungi Gotomalls.com yang menyediakan informasi merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: Hipwee