Sederet Film Kartun Anak yang Mendidik

Penikmat film kartun animasi tak terhalang oleh usia, tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Namun sebelum memberikan tontonan film kartun kepada anak, sebagai orang tua wajib menyeleksi beberapa hal apakah film tersebut layak ditonton sang anak. Mulai dari rating dan usia yang sesuai dengan anak, jalan cerita yang menarik, hingga karakter-karakter di film kartun tersebut. Dalam pemilihan ini sangat butuh dampingan orang tua, agar sang anak juga tidak menonton film yang mengandung kekerasan, kata-kata kasar atau kotor karena anak-anak dengan cepat dan mudah memiliki kecenderungan untuk meniru. Untuk itu pilih film kartun anak yang mendidik dan juga inspiratif. Memperingati Hari Animasi Internasional pada 28 Oktober, berikut Gotomalls rekomendasikan beberapa film kartun anak yang mendidik:

Zootopia

Film kartun anak yang mendidik pertama ada film Zootopia, salah satu film besutan Disney menceritakan sebuah petualangan seekor kelinci, Judy Hopps, yang sedari kecil sangat berambisi menjadi seorang polisi. Karena kegigihannya, Judy berhasil menjadi seorang polisi di kota Zootopia di mana penghuninya adalah berbagai jenis binatang. Untuk membasmi kejahatan, Judy terpaksa harus bekerja sama dengan Nick Wilde, yang notabene adalah seekor rubah. Pada kenyataannya keduanya sebenarnya tidak bisa berteman tapi di film ini ditunjukkan bahwa kedua hewan tersebut bisa saling belajar toleransi dan percaya kepada teman tanpa membeda-bedakan.

Inside Out

Inside Out adalah film kartun anak yang mendidik dan layak ditonton oleh anak Anda. Film dari Disney berikutnya menceritakan tentang emosi sebagai karakter yang bisa berbicara satu sama lain. Mulai dari karakter senang, sedih, marah, jijik dan penakut dalam diri seorang anak. Dengan menonton film ini, anak Anda akan belajar tentang emosi apa pun sehingga mereka tidak perlu takut untuk menunjukkannya dan mereka juga bisa belajar untuk mengontrolnya.

Finding Nemo

Ketiga ada film Finding Nemo yang merupakan film kartun anak yang mendidik dan cocok ditonton oleh berbagai kalangan usia. Anda juga bisa mendampingi anak Anda menonton bersama, dalam cerita ini anak-anak bisa mengenal berbagai jenis hewan yang ada di laut. Namun cerita yang dapat diambil adalah bagaimana cinta kasih orang tua yang begitu besar kepada anaknya dan rela melakukan apa saja untuk menyelamatkan anaknya. Dalam film ini diceritakan, Marlin si ikan badut yang berusaha menyelamatkan sang anak, Nemo, yang hilang.

Lion King

Berikutnya ada film Lion King menceritakan tentang perjalanan anak singa, bernama Simba, yang kehilangan ayah dan juga tanah kelahirannya. Sebelum ayahnya pergi, setelah Simba dewasa ia akan ditunjuk sebagai raja. Namun dalam perjalanan kehidupannya hingga dewasa, ia harus merebut kembali takhta raja yang sudah direbut oleh pamannya. Simba dengan bantuan teman-temannya pun berhasil merebut takhta kerajaan dan Simba menjadi seorang raja alam liar yang baik. Film ini mengajarkan anak Anda untuk memiliki sikap berani dan melawan ketidakadilan serta berani bertanggung jawab atas tugas yang sudah disematkan.

Toy Story

Film kartun anak yang mendidik berikutnya ada Toy Story besutan Pixar Studios yang menceritakan tentang petualangan boneka kayu bernama Woodie beserta teman-temannya yang merupakan sekumpulan mainan milik anak bernama, Andy. Andy selalu berusaha memainkan semua mainannya, hal itu membuat Woodie dan teman-temannya bahagia. Namun mainan-mainan juga akan merasa sedih saat sudah tidak dimainkan lagi, diabaikan atau bahkan dibuang. Dari cerita film ini, yang bisa diambil adalah mengajarkan anak Anda bagaimana pentingnya merawat mainan yang sudah diberikan oleh orang tua dengan sebaik mungkin.

Ratatouille

Film Ratatouille adalah film kartun anak yang mendidik dan layak ditonton. Film ini menceritakan seekor tikus bernama Remy yang memiliki mimpi besar menjadi seorang koki. Remy tertarik dengan semua hal yang berbau masakan mulai dari menonton demo memasak hingga ketertarikannya membaca buku resep. Namun, ia adalah hewan pengerat yang selalu dibenci manusia termasuk koki. Dalam perjalanannya, Remy berada di saluran pembuangan restoran terkenal yang berada di Paris. Remy tidak sengaja bertemu dengan tukang sampah bernama Linguini yang baru saja diterima bekerja di restoran tersebut yang juga secara tidak sengaja pula perlahan impian Remy pun mulai terwujud. Film ini sangat inspiratif dan memberikan pesan bahwa segala sesuatu bisa diraih asalkan ada kemauan dan yakin pada diri sendiri maka semesta pun akan mendukung untuk mencapainya.


Itulah beberapa rekomendasi film kartun anak yang mendidik dan layak ditonton oleh anak Anda karena mengandung unsur edukasi. Cerita-cerita yang disajikan juga sangat inspiratif. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls