Pengarang Buku Cerita Anak di Dunia

Alam pikiran anak-anak penuh dengan fantasi dan hal-hal menakjubkan. Itulah sebabnya masa-masa ini sangat cocok untuk mengembangkan potensi seseorang dengan mengenalkannya dengan berbagai macam aktivitas-aktivitas positif, seperti membaca buku dongeng misalnya.

Dongeng adalah sarana belajar paling tua yang sudah dilakukan umat manusia sejak ribuan tahun silam. Dengan bercerita, seseorang bukan hanya bisa belajar, melainkan juga termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Itulah sebabnya pengarang karya-karya fiksi seperti dongeng selalu mendapat apresiasi tinggi. Nah, berikut ini ada 5 pengarang buku cerita anak di dunia yang sangat inspiratif, marti kita simak informasinya:

1. Hans Christian Andersen

article image

Image source: wikipedia

Hans Christian Andersen adalah tokoh terkemuka yang berpengaruh di dunia sastra, terutama berkat kontribusinya terhadap cerita fiksi dan dongeng anak-anak. Ia lahir pada 2 April 1805 di Odense, Denmark, dan tanggal kelahirannya tersebut ditetapkan sebagai Hari Buku Anak Internasional.

Beberapa karya populer Hans Christian Andersen antara lain Putri Duyung (The Little Mermaid) dan Anak Itik Buruk Rupa (The Ugly Duckling). Semenjak kecil, Andersen sudah menunjukkan minatnya terhadap karya sastra, terutama seni teater.

Ia sangat mengagumi Shakespeare. Waktu kecil, Andersen pernah membuat sebuah teater mainan dengan boneka untuk mementaskan drama favoritnya.

Pada tahun 1819, Andersen hijrah ke Copenhagen dan sempat bekerja sebagai aktor teater di Royal Danish Theatre. Sayangnya, ia dipecat ketika suaranya pecah. Selanjutnya ia mulai menekuni sastra. Cerita pertamanya yang berjudul The Ghost at Palnatoke’s Grave diterbitkan pada tahun 1822.

2. Lewis Carroll

article image

Image source: Greelane.com

Charles Lutwidge Dodgson atau yang lebih akrab dikenal dengan nama pena Lewis Carroll adalah seorang penulis, ahli matematika dan logika, pendeta anglikan, dan ahli fotografi.

Di dunia sastra, Carroll terkenal sebagai penulis yang unik lantaran ciri khasnya dalam penggunaan kata-kata yang tidak ada dalam kamus bahasa Inggris dan terkadang membuat istilah-istilah baru untuk ditulis di dalam puisi maupun novelnya.

Carroll membuat sebuah trend baru dalam dunia sastra dengan memunculkan sebuah genre baru yang dinamakan “literary nonsense”.

Lewis Carroll terkenal dengan karya fiksinya yang berjudul Alice Adventures in Wonderland (1865), sebuah karya klasik yang sampai hari ini pun masih populer dan beberapa kali diadaptasi menjadi film.

3. J.R.R Tolkien

article image

Image source: Ceknricek.com

John Ronald Reuel Tolkien atau yang lebih dikenal dengan nama pena J.R.R Tolkien adalah seorang penulis yang terkenal dengan sejumlah karya fantasinya seperti The Hobbit, The Lord of the Rings, dan The Silmarillion.

Tolkien lahir pada 3 Januari 1892 di Bloemfontein, Afrika Selatan. Tolken banyak mendapat pendidikan langsung dari ibunya, mulai dari ilmu botani hingga bahasa Latin.

Menginjak usia empat tahun, Tolkien sudah mampu membaca dan didukung oleh ibunya. Tolkien kecil sangat menyukai Red Indians serta novel-novel fantasi karya George MacDonald, dan Fairy Books Andrew Lang yang kemudian mempengaruhi gaya berceritanya.

4. C.S Lewis

article image

Image source: logosid.xyz

Masih ingat film The Chronicles of Narnia? Nah, film tersebut diadaptasi dari salah satu karya mendiang C.S Lewis dengan judul yang sama. Novel fantasi ini terjual hingga 100 juta kopi di seluruh dunia dan diterjemahkan ke dalam 47 bahasa.

Pria bernama lengkap Clive Staples Lewis ini lahir tanggal 29 November 1898 dan meninggal pada 22 November 1963. Ia lahir di Belfast, Irlandia Utara, dalam sebuah keluarga Ulster Protestan. Selain menulis, Lewis juga dikenal sebagai seorang apologet Kristen.

Semasa kecil, Lewis jatuh cinta dengan cerita-cerita karya Beatrix Potter dan seringkali menulis karangan tentang hewan dan menciptakan ilustrasinya. Barangkali inilah yang kelak menginspirasinya menciptakan makhluk-makhluk fantastis di dunia Narnia.

5. J.K Rowling

article image

Image source: NBC News

Kisah Harry Potter yang dilahirkan Rowling tidak hanya menginspirasi anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Rowling telah berhasil mencuri perhatian dari mulai kisah Harry Potter and the Philosopher's Stone pada 1997 hingga Harry Potter and the Deathly Hallows pada 2007.

Seri Harry Potter yang telah memenangkan banyak penghargaan dan terjual lebih dari 500 juta kopi pada tahun 2018 kini menjadi seri buku anak-anak terlaris dalam sejarah. Kisah petualangan Harry Potter sendiri tertuang dalam 7 buku berbeda.

Selain itu, J.K Rowling juga tengah aktif merambah ke industri perfilman dengan memulai karir barunya sebagai screenwriter/penulis skenario.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: countryliving.com