Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Sudah Pernah Nonton?

Avengers: Infinity War telah resmi menduduki posisi 4 dalam daftar film terlaris sepanjang masa dengan perolehan lebih dari $2 miliar. Meskipun begitu, jika mempertimbangkan laju inflasi dan kenaikan harga tiket bioskop maka film terbaru MCU ini justru tidak masuk sama sekali. Mau tahu film apa saja yang termasuk dalam daftar film terlaris sepanjang masa? Yuk, simak 7 film dalam posisi teratas berikut.

Gone With The Wind (1939)

Box Office: $390 juta

Penyesuaian: $3,64 miliar

Di urutan pertama ada film romantis Gone With The Wind yang sukses memikat jutaan penonton lebih dari 70 dekade yang lalu. Film ini mengisahkan tentang kehidupan romantis gadis muda bernama Scarlett O’Hara yang rumit. Ia jatuh cinta pada suami sepupunya sendiri yaitu Ashley Wilkes. Scarlett mencoba mengejar cintanya melewati ribuan tawa dan air mata, namun apa daya suratan takdir ternyata berbeda dari yang diharapkan. Akhirnya ia mencoba menerima kenyataan dan mendapat gantinya dalam sosok Rhett Butler.

Film Gone With The Wind (1939) diangkat dari novel karya Margaret Mitchell berjudul sama dan menjadi film legendaris yang sangat populer pada masanya. Film ini memegang rekor film terlaris sepanjang masa selama lebih dari 20 tahun. Baru setelah film The Godfather rilis di tahun 1972 titel film terlaris terlepas dari Gone With The Wind.

Avatar (2009)

Box office: $2,787,965,087

Penyesuaian: $3,19 miliar

Saat ini, film Avatar (2009) lah yang memuncaki daftar film terlaris sepanjang masa, di luar inflasi, kenaikan harga tiket dan lain-lain. Dengan perolehan lebih dari $2,7 miliar, belum ada satupun film yang berhasil menyamakan pendapatan bioskop film besutan James Cameron ini. Avatar (2009) juga merupakan film pertama dalam sejarah yang mencetak $2 miliar di box office. Tak hanya itu, film ini juga diterima dengan begitu baik di kalangan kritikus. Di ajang Academy Awards, Avatar (2009) sukses merebut 3 piala dari 9 nominasi termasuk Best Picture dan Best Director.

Saat ini, 2 sekuel Avatar (2009) sedang dalam proses pengambilan gambar. Kedua sekuel itu yang sementara berjudul Avatar 2 dan Avatar 3 dijadwalkan rilis pada 18 Desember 2020 dan 17 Desember 2021. Tidak sampai situ saja, pihak produser dan sutradara James Cameron bahkan menargetkan dua sekuel lainnya yang akan rilis tahun 2024 dan 2025. Mengingat pendapatan film pertamanya, tak heran mereka begitu ambisius untuk mencetak rekor lain.

Kamu pecinta film? Kamu harus selalu update dengan promo seputaran bioskop dan entertaiment di Gotomalls!

Titanic (1997)

Box office: $2,187,463,944

Penyesuaian: $3,02 miliar

Rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal kisah Titanic. Kapal mewah yang digadang-gadang 100% aman tersebut pada akhirnya menemui takdirnya hingga menyisakan kenangan pilu bagi keluarga para korban. Kisah tenggelamnya kapal Titanic diangkat secara sempurna oleh James Cameron menjadi film epic romance-disaster yang menyesakkan. Selain menjadi sutradara, ia juga bertanggung jawab sebagai penulis naskah, produser bersama John Landau, serta editor bersama 2 orang lain. Dengan pendapatan awal sebanyak $1,84 miliar, Titanic (1997) menjadi film pertama dalam sejarah yang mencapai $1 miliar di box office. Pada tahun 2012, film Titanic versi 3D dirilis dan meraih tambahan $343 juta.

Film yang mengangkat kisah cinta Jack dan Rose ini sukses membawa pulang 11 penghargaan di ajang Academy Awards termasuk Best Picture dan Best Director. Jumlah tersebut menjadikan Titanic (1997) sebagai film dengan piala Oscar terbanyak.

Star Wars (1977)

Box office: $775,398,007

Penyesuaian: $2,99 miliar

Film pertama Star Wars (1977) atau yang biasa dikenal dengan istilah Star Wars Episode IV – A New Hope bisa dibilang merupakan proyek ambisius George Lucas. Ia menjadi sutradara sekaligus penulis naskah dalam film yang ia buat dari nol ini. Dengan budget $11 juta, film ini sukses memuncaki box office dengan perolehan $775 juta. Tak hanya itu, film ini juga dianugerahi 10 nominasi Oscar dan memenangkan 7 di antaranya. Kesuksesan ini kemudian mengantarkan pada pembuatan dua sekuelnya yang sama-sama sukses secara komersil.

Star Wars Episode IV – A New Hope mengisahkan tentang pemuda bernama Luke Skywalker yang berusaha menemukan jati diri. Luke tinggal di Tatooine, sebuah planet padang pasir, di tengah perang galaksi antara Kekaisaran Galaksi dengan aliansi pembangkang. Berawal dari pertemuannya dengan robot R2-D2, ia memulai petualangan yang akhirnya mempertemukan ia pada Leia yang tak lain adalah saudarinya. Di tengah perjalanan, Luke menemui takdirnya sebagai Jedi, pembela kebenaran yang diburu oleh pihak kekaisaran.

Kamu juga bisa cek bioskop rekomendasi Gotomalls di mall terbaik di Indonesia.

Brands

The Sound of Music (1965)

Box office: $286,214,076

Penyesuaian: $2,5 miliar

The Sound of Music (1965) adalah sebuah film drama musikal yang mengisahkan tentang keluarga von Trapp. Film ini merupakan adaptasi drama musikal berjudul sama di tahun 1959. Selain itu, film ini juga dibuat berdasarkan memoar Maria von Trapp berjudul The Story of the Trapp Family Singers. Dikisahkan Maria, seorang gadis Austria yang belajar menjadi biarawati di Salzburg. Di tahun 1938, ia dikirim pihak gereja untuk menjadi pengasuh 7 orang anak dari seorang pensiunan kapten Angkatan Laut. Kedatangan Maria berhasil membawa musik dan cinta dalam kehidupan mereka yang sebelumnya sangat kaku akibat didikan sang ayah. Pada akhirnya, ia menikah dengan pensiunan Angkatan Laut tersebut. Bersama keluarga barunya, ia menjalani kehidupan penuh cinta hingga tentara Nazi mendatangi mereka untuk merekrut sang pensiunan kapten.

Film The Sound of Music (1965) berhasil memenangkan 5 penghargaan Academy Awards termasuk Best Director dan Best Picture. Selain itu, film ini juga dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa oleh Institut Film Amerika.

E.T. the Extra Terrestrial (1982)

Box office: $792,910,554

Penyesuaian: $2,44 miliar

Elliott adalah seorang anak laki-laki yang pendiam. Ia tinggal bersama seorang ibu dan 2 saudara di sebuah rumah sederhana dekat hutan. Suatu saat ia menemukan seorang alien di hutan yang ditinggal oleh teman-temannya dalam sebuah misi ilmiah. Semenjak itu, Elliott mulai mencari cara untuk memulangkan teman baru yang mengubahnya menjadi sosok yang lebih terbuka dan ceria.

Tak seperti kebanyakan film, proses syuting E.T. the Extra Terrestrial (1982) dilakukan dengan urut sesuai kronologi. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan chemistry dan emosi terbaik dari para pemain muda. Di ajang Academy Wards ke-55, film besutan Steven Spielberg ini mendapat 9 nominasi termasuk Best Picture dan memenangkan 4 di antaranya. Kategori Best Picture akhirnya dimenangkan oleh film Gandhi (1982), namun sang sutradara menyatakan bahwa seharusnya E.T. the Extra Terrestrial lah yang mendapatkannya.

Baca juga :

Inilah 6 Film Pendakian Gunung Terbaik Seru dan Menegangkan

15 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

13 Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

The Ten Commandments (1956)

Box Office: $122,700,000

Penyesuaian: $2,3 miliar

Saat ini sudah banyak film tentang orang-orang religius di masa lalu yang diangkat dari kitab suci. Meskipun begitu, hanya sedikit yang benar-benar memenuhi ekspektasi publik dan kritikus, salah satunya adalah The Ten Commandments (1956). Film epik-drama religius ini mengangkat cerita tentang Nabi Musa berdasarkan kitab Injil. Pengambilan gambar dilakukan di Mesir, gunung Sinai, dan semenanjung Sinai. Dibuat dengan budget $13 juta, The Ten Commandments (1956) merupakan film termahal pada masanya.

Tampaknya biaya besar yang dikeluarkan untuk membuat film ini tidak sia-sia. Di tahun 1957, film The Ten Commandments meraih 7 nominasi Oscar termasuk Best Picture dan memenangkan kategori Best Visual Effects.

**

Itu dia 7 film terlaris sepanjang masa. Mana saja yang sempat kamu saksikan di bioskop? Tentunya tidak semua sebab sebagian besar justru rilis puluhan tahun yang lalu. Jangan khawatir, kamu tetap bisa menontonnya di rumah. Dapatkan koleksinya di toko DVD terdekat di kotamu melalui GoToMalls.com. GoToMalls adalah aplikasi berbasis web pertama yang menyediakanmu info terlengkap seputar promo diskon, kupon, dan event-event yang sedang berlaku di mall-mall terbaik Tanah Air.

Brands

Malls