Fitur Whatsapp yang Jarang Diketahui

Aplikasi WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan terdepan yang digunakan oleh sebagian besar orang. Selain lebih praktis, aplikasi ini memiliki interface yang nyaman dengan berbagai fitur-fitur menarik.

Diantara fitur-fitur yang tersedia, ada beberapa fitur yang sampai saat ini masih cukup jarang diketahui namun menarik untuk dicoba.

Seperti yang telah Gotomalls rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa fitur dan trik WhatsApp tersembunyi. Simak cara memakainya di bawah ini!

1. Share Status WA ke Facebook Story

article image

Image source: Jurnalpost.com

WhatsApp dan Facebook berasal dari satu induk perusahaan yang sama. Oleh sebabnya, Whatsapp menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan dan membagikan status ke Facebook Story.

Caranya cukup mudah; pertama, masuk ke menu My Status, tulis status, setelah tampil opsi di layar, pilih Share to Facebook Story. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara manual, yaitu; pilih tab di pojok kanan atas, pilih My Status, tap ikon tiga titik di paling kanan, pilih Share to Facebook Story.

2. Mengedit Teks

article image

Image source: Dignited.com

Sebenarnya, tanpa perlu mengunduh aplikasi bantuan, WhatsApp telah menyediakan fitur tersendiri yang bisa kita gunakan untuk mengedit teksi seperti bold, italic, dan lain sebagainya. Namun, fitur ini hanya bisa diakses melalui tombol khusus.

Bold: Tambahkan tanda asterik atau bintang (*) di awal dan di akhir kalimat/kata yang diinginkan.

Italic: Tambahkan simbol underscore (_) di awal dan di akhir teks yang kamu inginkan.

● Mencoret tulisan: Untuk membuat tulisan yang dicoret, kamu hanya perlu mencantumkan simbol tilde (~) di awal dan di akhir kalimat/kata.

Fixedys: Untuk memakai font ini, tambahkan 3 tanda (`) di awal dan akhir pesan yang diinginkan.

3. Mengirim Pesan Tanpa Save Nomor

article image

Image source: howtogeek.com

Ternyata masih belum banyak orang yang tahu kalau mengirim pesan via WhatsApp bisa dilakukan meskipun tidak menyimpan nomor tujuan. Caranya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menggunakan bantuan browser untuk memasukkan aksesnya.

Pertama, buka browser Safari, Chrome, Mozilla atau aplikasi-aplikasi browsing lainnya. Lalu, pada kolom url ketik wa.me/nomorponsel (‘nomorponsel’ diisi dengan nomor tujuan). Setelah itu, di layar akan muncul pilihan untuk membuka aplikasi WA, disitu kamu sudah bisa memulai chat dengan nomor yang kamu cantumkan.

4. Membuat Grup yang Hanya Berisi Akun Kita Sendiri

article image

Image source: Opini.id

Jika kamu membutuhkan akses yang lebih mudah dan cepat untuk berbagi file, sedangkan jaringan internet selalu lemot, kamu bisa gunakan trik tersembunyi ini dengan memanfaatkan opsi ‘Share Link To’ dan grup yang hanya berisi akun sendiri.

Pertama, undang salah satu kontak WhatsApp ke grup yang sudah kamu buat, berikan label grup sesuai nama yang diinginkan. Setelah itu, kick kontak yang diundang ke grup tadi, dan jadilah grup WhatsApp yang hanya berisi akun kita sendiri.

5. Fitur Keamanan Ganda dengan Biometrik

article image

Image source: thetechsuggest.com

Salah satu fitur terbaru yang telah hadir di aplikasi WhatsApp adalah pengamanan ganda dengan sidik jari. Fitur ini sangat berguna untuk mengamankan semua percakapanmu dengan siapa pun.

Dengan kehadiran fitur ini, aplikasi WhatsApp hanya bisa diakses jika pemindai biometriknya mengkonfirmasi identitas si pemiliknya.

Cara mengaktifkannya cukup mudah; masuk ke Setting - Account - Privacy - Fingerprint Lock. Setelah masuk, kamu akan diminta untuk memasukkan sidik jari dan pengaturan waktu untuk menutup aplikasi secara otomatis.


Mudah kan? Demikianlah beberapa fitur dan trik tersembunyi di WhatsApp yang bisa kamu gunakan. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: Dprdnews.com