7 Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera Ditangani

Tanpa disadari, tingkat kesadaran seseorang dalam menjaga kebersihan serta melakukan pemeriksaan gigi rutin menjadi salah satu hal yang menyebabkan gigi rentan berlubang. Gigi berlubang umumnya memang sering dialami anak-anak, namun tak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga bisa mengalami permasalahan gigi ini. Letak gigi yang terbilang tersembunyi, tak jarang membuat orang tidak terlalu memperhatikan kondisi gigi. Padahal jika gigi berlubang dibiarkan begitu saja, ini akan sangat mempengaruhi kesehatan. Bahkan bahayanya, gigi berlubang bisa menyebabkan penyakit kronis hingga berujung pada kematian. Berikut ini bahaya yang bisa terjadi saat gigi berlubang tak segera ditangani.

Muncul Rasa Nyeri Yang Parah

article image

Image source: pond5.com

Salah satu akibat yang ditimbulkan dari gigi yang berlubang adalah munculnya rasa nyeri. Banyak orang yang menganggap sepele rasa nyeri ini, padahal ini sangat membuat tidak nyaman. Untuk tingkat keperihan ini bisa dirasakan tergantung dari seberapa besar parahnya pada gigi berlubang. Kamu mungkin bisa mengalami nyeri yang tiba-tiba dan kemudian hilang. Tapi tak lama setelah itu nyeri bisa kembali muncul dan bahkan menjalar hingga ke telinga dan rahang, bahkan tak jarang bisa menyebabkan sakit kepala. Rasa nyeri seperti ini tentunya membuat banyak aktivitas jadi terhambat. Kamu bisa jadi lebih sensitif dengan lingkungan sekitar, seperti mudah marah saat mendengarkan suara yang bising.

Kerusakan Tulang Rahang

article image

Image source: honestdocs.id

Gigi yang berlubang bisa menyebabkan infeksi yang dapat menjalar ke jaringan-jaringan lainnya yang ada di dalam tubuh. Termasuk pula gusi, yang menyebabkan terjadinya kerusakan di area tulang rahang. Kerusakan yang dimaksud adalah kemungkinan perubahan pada struktur rahang. Jika gigi berlubang yang dirasakan sudah sangat parah akan menyebabkan pembusukan pada beberapa gigi geraham yang membuat beberapa gigi ompong. Akibatnya menyebabkan gigi bergeser dan inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan struktur.

Terbentuknya Abses

article image

Image source: chinookmalldental.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi. Jika tidak ditangani dengan cepat, bisa menyebabkan pembentukan abses atau kantung nanah. Apa yang dimaksud dengan abses? Abses adalah kumpulan cairan yang disebabkan penumpukan bakteri yang ada di dalam mulut. Terutama pada bagian gigi atau gusi yang berlubang. Ini disebabkan karena infeksi gigi yang berlubang tersebut sudah menyebar menuju jaringan lunak yang ada di dalam mulut, mulai dari gusi, pulp, serta area dalam mulut lainnya. Jika sampai terjadi pembentukan abses di dalam mulut kamu maka akan menyebabkan rasa sakit yang menyakitkan.

Baca juga artikel seputar kesehatan dan permasalah gigi di bawah ini.

Articles

Gingvitis

article image

Image source: kondisiumum.com

Salah satu bahaya dari gigi berlubang yang tidak segera ditangani dengan tepat bisa menyebabkan munculnya penyakit gusi atau Gingvitis. Penyakit gusi ini dapat menyebabkan rasa nyeri, gusi berwarna kemerahan, peradangan pada gusi, hingga terjadi pembengkakan pada gusi. Tak hanya itu saja, Gingvitis pun juga bisa menyebabkan gusi mengalami pendarahan saat dipegang ataupun saat menyikat gigi. Jika penyakit ini semakin parah bisa menyebabkan munculnya penyakit gusi lainnya yang berbahaya seperti periodontitis.

Infeksi Jantung

article image

Image source: hellosehat.com

Mungkin banyak dari kamu yang bertanya, apa kaitan antara gigi yang berlubang dengan munculnya infeksi jantung? Beberapa penelitian telah menemukan fakta jika penyakit gigi dan gusi memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Gusi yang terluka bisa menyebabkan munculnya bakteri di dalam mulut yang kemudian dapat memasuki aliran darah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya infeksi di bagian otot yang ada di dalam jantung atau infective endorcarditis. Jika sudah dalam kondisi ini, maka dibutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik lebih lanjut. Selain endocarditis, kuman yang berasal dari gigi berlubang juga dapat menyebar hingga ke dalam dinding rongga sinus kemudian menyebabkan sinusitis atau infeksi sinus.

Risiko Penyakit Stroke

article image

Image source: medicalnewstoday.com

Beberapa penelitian lainnya juga menemukan hasil jika gigi berlubang juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Dalam penelitian yang dilakukan ada sebab akibat yang ditimbulkan dari infeksi oral yang mana menjadi faktor risiko dari penyakit stroke. Pasalnya, banyak kasus di mana masalah infeksi oral ditemukan pada penderita cerebrovascular ischemia. Kondisi ini di mana tak mencukupinya aliran darah yang menuju ke otak sehingga memicu stroke iskemik. Baik penyakit jantung dan stroke, keduanya merupakan penyakit yang berbahaya dan berisiko menyebabkan kematian.

Kelahiran Bayi Prematur

article image

Image source: klikdokter.com

Jika gigi berlubang dialami oleh ibu hamil, maka patut diwaspadai karena bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur. Sebab bakteri dapat masuk ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk pula ke dalam kandungan dan janin di dalamnya. Inilah yang meningkatkan risiko kelahiran prematur karena pertumbuhan janin mengalami gangguan yang disebabkan karena infeksi tersebut. Pertumbuhan janin yang terganggu pun juga dapat menyebabkan berat badan bayi lahir sangat rendah.


Itulah beberapa bahayanya jika memiliki gigi berlubang. Jika kamu sedang mengalami gigi berlubang, jangan sesekali mencoba mengobatinya sendiri. Pilihan yang paling bijak adalah dengan mengunjungi dokter gigi atau ke dental sesegera mungkin. Ini akan membantu menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan saat gigi bermasalah. Konsultasi langsung ke dental atau dokter gigi terdekat salah satunya adalah Happy Dental Clinic. Cek Gotomalls.com untuk menemukan informasi klinik gigi lainnya di mall terdekat di kotamu. Gotomalls menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: insuranceportals.us