Hacker Paling Berbahaya Di Dunia

Semula, istilah hacker muncul dengan konotasi yang positif. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai keahlian di atas rata-rata di bidang teknologi, terutama komputer dan internet. Hacker awalnya berperan sebagai pembuat program agar lebih baik dari versi sebelumnya.

Seiring waktu, istilah hacker kian populer dan mulai digunakan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan diri mereka sebagai hacker untuk berbuat kejahatan. Hacker atau peretas memiliki kemampuan untuk mempelajari, menganalisis, observasi, memodifikasi, dan menjebol sistem keamanan target.

Skill yang mereka miliki tidak main-main, dampaknya bisa sangat besar terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari. Selain sulit dikuasai, butuh jam terbang tinggi sampai seseorang mampu merekayasa sistem. Dari sekian banyak hacker yang tersebar di seluruh penjuru dunia, berikut ini ada 5 hacker paling berbahaya di dunia!

1. Jonathan James

article image

Image source: Pinterest

James adalah sosok hacker yang cukup menyorot perhatian publik pada masanya. Saat masih berusia 15 tahun, ia pernah melancarkan peretasan untuk modernisasi sekolahnya di kawasan Florida. James juga pernah menjebol situs milik Departemen Pertahanan AS dan perangkat lunak milik NASA yang ditaksir senilai US$25 miliar.

James akhirnya berurusan dengan hukum dan mendapat hukuman penjara rumah selama 6 bulan. Setelah bebas, James juga masih dilarang untuk berinteraksi dengan komputer sampai usia 18 tahun.

2. Adrian Lamo

article image

Image source: The Independent

Adrian Lamo merupakan hacker dalam kategori Grey Hat. Artinya, peretasan yang ia lakukan tidak dilatar belakangi dengan motif jahat, hanya saja tindakannya terkadang ilegal dan tidak etis. Lamo tercatat pernah menjebol sejumlah sistem perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Yahoo, The New York Times, dan sebagainya.

Saat akhirnya Lamo ditangkap, ia mengklaim bahwa tindakannya merupakan “kebaikan” untuk perusahaan agar bisa membangun sistem keamanan yang lebih baik. Meski demikian, ia tetap dijatuhi hukuman tahanan 6 bulan dengan denda sebesar USD 65.000.

3. Kevin Mitnick

article image

Image source: dictio.id

Kevin David Mitnick berprofesi sebagai konsultan sekaligus ahli keamanan komputer. Dia termasuk salah satu hacker paling kontroversial di akhir abad ke-20 akibat tindakan-tindakan ilegalnya. Kevin tercatat pernah menyadap Blackberry milik Obama, menghancurkan data lewat jaringan dan mencuri aset sebuah perusahaan, menjebol pentagon, dan beberapa aksi pencurian cyber.

4. Albert Gonzalez

article image

Image source: AzizPedia

Hacker paling berbahaya di dunia berikutnya adalah Albert Gonzalez, seorang hacker legendaris yang terkenal dengan aksi pencurian kartu kredit yang kemudian dikenal sebagai tindak penipuan terbesar dalam sejarah.

Gonzales dan timnya memanfaatkan injeksi SQL untuk menyebar celah backdoors di sejumlah sistem perusahaan. Aksi ini memungkinkannya meluncurkan paket sniffing dan akhirnya bisa masuk untuk mencuri data lewat jaringan internal perusahaan.

5. Gary McKinnon

article image

Image source: CNN

Mckinnon tumbuh besar sebagai anak yang sangat penasaran dan begitu terobsesi dengan UFO. Karena rasa penasaran dan obsesinya tersebut, Mckinnon menjelma menjadi salah satu hacker paling berbahaya di dunia. Ia berpikir bahwa info penting terkait UFO bisa diketahui jika ia masuk ke jaringan NASA. Lantas, ia akhirnya menyusup ke dalam 97 basis militer US, termasuk salah satunya komputer milik NASA. McKinnon juga dilaporkan sempat menginstal virus dan menghapus sejumlah file penting.


Nah, itulah dia 5 hacker paling berbahaya di dunia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: Brilio.net