Hari Perawat Nasional

Pada 17 Maret lalu, kita baru saja memperingati Hari Perawat Nasional. Ini adalah hari yang spesial bagi para perawat di Indonesia. Terlebih pada kondisi Covid-19 seperti saat ini, perawat telah menjadi garda terdepan.

Berbicara tentang Hari Perawat Nasional, sebenarnya gimana sih awal mula dibentuknya? Ternyata Hari Perawat Nasional awalnya dicetuskan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974.

Jauh sebelum itu, organisasi perawat sebenarnya sudah ada seiring dengan berkembangnya rumah sakit Residen Vpabast yang kini dikenal dengan RS Cipto Mangunkusumo pada tahun 1918 di Jakarta. Sejumlah organisasi keperawatan kemudian mengadakan pertemuan di Bandung yang diketuai oleh Maskoed Soerjasumantri.

Pada pertemuan tersebut mereka membahas beberapa agenda termasuk menyepakati terbentuknya wadah baru yang bernama Persatuan Perawat Indonesia. Peristiwa bersejarah ini dilaksanakan di Ruang Demonstration, Jalan Prof. Eyckman No.34 Bandung. Dan sejak saat itu Hari Perawat Nasional pun mulai diperingati setiap tanggal 17 Maret.

Tahun 2022 ini adalah tahun ke-48 Indonesia merayakan Hari Perawat Nasional. Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda membuat perayaan pada tahun ini memiliki tema "Perawat Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas ovid-19."

Tema ini menjadi semangat tersendiri bagi para perawat yang tidak pernah lelah membantu masyarakat Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Meski pun sudah lewat tidak ada salahnya jika kita turut membantu para perawat memerangi Covid-19 dengan memperketat protokol kesehatan.

Selamat Hari Perawat Nasional.

Malls

Articles

Featured image Source: dailynurse.com