Hari Perempuan Internasional

8 Maret diperingati dengan Hari Perempuan Internasional. Peringatan ini diadakan untuk mengingat prestasi para perempuan tanpa melihat budaya, etnis, asal, bahasa, agama, bahkan ekonomi. Beragam acara pun kerap dilakukan pada hari perayaan ini.

Tahukah kamu jika 8 Maret dipilih menjadi Hari Perempuan Internasional dengan penuh perjuangan. Sejarahnya pun panjang untuk dapat memperjuangkannya. Berikut kita rangkum sejarah dan fakta Hari Perempuan Internasional.

1. Sejarah Hari Perempuan Internasional

article image

Image source: b2bmarket.com

Hari spesial ini awal mula terjadi pada 1908 di New York. Kala itu sekitar 15.000 perempuan di sana menuntut kebijakan jam kerja yang lebih singkat, upah yang setara, dan hak untuk memilih.

Sejak itulah gerakan perempuan mulai mendapatkan spotlight dan setahun kemudian Partai Sosialis Amerika Serikat mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional. Awalnya dirayakan di seluruh AS pada 28 Februari hingga 1913.

Kemudian muncullah gagasan jika Hari Perempuan perlu dirayakan secara Internasional. Gagasan tersebut kemudian disampaikan pada konferensi Internasional pada tahun 1910. Pada keputusan yang dihadiri oleh 17 negara tersebut akhirnya beberapa negara lain turut merayakan.

Tahun 1975, Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadikan Hari Perempuan Internasional sebagai perayaan tahunan. HIngga setelah diskusi panjang diputuskan tanggal 8 Maret menjadi Hari Perempuan Internasional, merujuk pada sejarah mogok kerja wanita Rusia pada 1917.

2. Tujuan Hari Perempuan Indonesia

article image

Image source: womenissuecentre.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hari luar biasa ini diadakan untuk merayakan kontribusi perempuan demi terciptanya perjuangan kesetaraan gender.

Hari Perempuan Internasional ini juga memiliki arti yang kuat agar masyarakat dapat memberikan dukungan pada perempuan dan tidak mendiskriminasi atau bahkan memandang sebelah mata.

3. Tema Hari Perempuan Internasional 2022

article image

Image source: newschat.com

Nah untuk perayaan di tahun ini pun PBB memiliki tema khusus Hari Perempuan Internasional mengambil yakni "Gender equality today for a sustainable tomorrow" yang artinya "Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan".

Tema ini sengaja dipilih untuk mengakui semua kontribusi perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia untuk memimpin tugas menuju masa depan.

Logonya sendiri identik dengan warna ungu, putih, dan hijau. Ungu melambangkan keadilan dan martabat, putih kemurnian, dan hijau harapan.

Yuk sama-sama kita mendukung Hari Perempuan Internasional 8 Maret nanti.

Malls

Articles

Featured Image Source: pacforum.org