Jam Tangan Mewah

Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan adalah aksesori pelengkap untuk menunjang penampilan. Terlebih lagi, jam jangan juga lumrah dijadikan benda koleksi berharga. Mulai dari jam tangan mode hingga jam tangan mewah yang cuma pantas dipajang di etalase galeri seni.

Bukan rahasia lagi kalau harga jam tangan bisa dibanderol sangat tinggi. Bahkan, di dunia ini ada juga beberapa jam tangan yang dihargai dengan nominal fantastis. Saking mahalnya, jam tangan ini melampaui harga pesawat jet!

Seperti yang sudah Gotomalls rangkum dari berbagai sumber, berikut 7 jam tangan mewah termahal di dunia:

1. Patek Philippe - Ref. 1518

article image

Image source: watchcollectinglifestyle.com

Dalam acara lelang Phillips in Association Bacs & Russo Geneva Watch yang digelar tahun 2016 lalu, sebuah jam langka dari merk Patek Philippe berhasil terjual seharga 11 juta Swiss Francs atau sekitar 115,9 miliar Rupiah.

Meskipun harganya ratusan miliar, jam tangan ini ternyata cuma terbuat dari stainless steel. Cukup aneh, mengingat jam tangan mewah pada umumnya terbuat dari bahan-bahan premium semacam emas murni dan hiasan permata. Mahalnya jam tangan ini konon didasari oleh jumlahnya yang hanya ada 4 unit di seluruh dunia.

2. Jacob & Co. - Billionaire Watch

article image

Image source: jacobandco.com

Sekilas jam tangan mewah ini lebih terlihat seperti gelang perhiasan ketimbang jam tangan. Jam buatan brand Jacob & Co ini ditaburi dengan berlian murni 260 karat, 167 komponen jam, dan 19 jewel.

Tidak heran jika jam tangan ini lantas dinamai Billionaire Watch. Dengan perhiasan yang melapisinya, jam tangan ini dihargai senilai 18 juta Dollar US atau setara dengan 255 miliar Rupiah.

3. Patek Philippe - Henry Graves Pocket Watch

article image

Image source: costlywatches.wordpress.com

Meskipun tidak termasuk jenis jam tangan, jam ini merupakan salah satu unit termahal yang pernah diproduksi di dunia. Pada tahun 1999, jam ini terjual hingga mencapai 11 juta Dollar US atau 154 miliar Rupiah. Kemudian, pada tahun 2018 jam ini kembali dilelang dan berhasil laku seharga 336 miliar Rupiah.

Usut punya usut, Patek Philippe sang ahli jam membuatnya khusus untuk Henry Graves, seorang bankir ternama pada tahun 1933. Ia menghabiskan 5 tahun untuk menyelesaikan jam 24 fungsi dengan lapisan emas 18 karat ini.

4. Chopard - 201 Carat Watch

article image

Image source: voices.shortpedia.com

Pada tahun 2000, jam mewah ini berhasil terjual seharga 25 juta Dollar US atau setara 350 miliar Rupiah. Nilai tersebut sempat membuatnya dinobatkan sebagai jam paling mahal di dunia.

Sesuai dengan namanya, 201 Carat Watch terbuat dari 874 berlian langka 201 karat. Uniknya lagi, desain jam ini seakan “ditaburi” begitu saja dengan berlian tanpa struktur yang jelas.

5. Breguet - Grande Complication

article image

Image source: Journal de la Haute Horlogerie

Grande Complication dibuat oleh Abraham-Louis Breguet pada tahun 1782 atas permintaan kekasih Marie Antoinette Sang Ratu Perancis. Dengan lapisan emas dan batu safir, harganya ditaksir mencapai 30 juta Dollar US atau setara 420 miliar Rupiah.

Konon, Breguet meninggal saat membuat jam ini, sehingga pembuatannya harus tertunda sebelum dilanjutkan oleh anaknya. Bahkan, Marie Antoinette sendiri belum sempat melihat jam ini lantaran keburu meninggal. Kini, jam ini dipajang apik di museum L.A. Mayer dan menjadi bagian dari benda peninggalan bersejarah.

6. Graff Diamonds – Fascination

article image

Image source: Luxatic.com

Graff punya reputasi mentereng sebagai pembuat perhiasan berlian dunia. Salah satu mahakaryanya bisa dilihat dari jam tangan bertabur berlian ini. Ia terdiri dari 152,96 karat berlian putih ditambah potongan batu mulia yang dibentuk menyerupai buah pir di tengah-tengahnya.

Laurence Graff menyebut, seri Fascination ini adalah mahakarya yang diciptakan dengan penuh ketelitian dan dedikasi. Untuk harganya, jam tangan mewah ini dibanderol hingga mencapai 560 miliar Rupiah!

7. Graff Diamonds – Hallucination

article image

Image source: braindler.com

Di urutan pertama, jam tangan mewah termahal di dunia ditempati oleh seri Hallucination dari Graff Diamonds. Jam tangan ini memiliki harga senilai 55 juta Dollar US atau setara 770 miliar Rupiah. Hallucination dikategorikan sebagai mahakarya paling bernilai yang pernah diciptakan dalam sejarah.

Harga tersebut nyaris 4 kali lipat pesawat jet Legacy 500 yang dijual seharga 281 miliar rupiah. Selain punya keunggulan dari sisi estetika, jam ini diselimuti dengan berlian berwarna 110 karat yang cukup langka. Ia pertama kali diperkenalkan pada pameran Baselworld di Swiss 2019.


Nah, itulah dia beberapa jam tangan mewah termahal di dunia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: otaa.com