6 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun

Tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun 2019. Umumnya orang-orang sudah merencanakan liburan di akhir tahun. Ada pula yang masih bingung dan belum menentukan akan liburan ke mana.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan di akhir tahun. Salah satu cara yang seru untuk liburan keluarga adalah berkunjung ke kebun binatang. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki kebun binatang yang asyik banget untuk dikunjungi.

Penasaran dengan kebun binatang terbaik di Indonesia yang wajib masuk daftar destinasi liburan kamu? Yuk simak deretan kebun binatang terbaik di Indonesia berikut ini.

1. Taman Margasatwa Ragunan

article image

Image source: nativeindonesia.com

Kebun binatang yang dahulu bernama Planten En Dierentuin ini berada di atas lahan 140 hektar pemberian Raden Saleh dan mulai dikerjakan pada 1864. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Taman Margasatwa Ragunan bisa menjadi pilihan destinasi liburan keluarga yang menyenangkan.

Taman Margasatwa Ragunan menghadirkan berbagai wahana wisata yang seru, lho! Selain dapat melihat sekitar 295 spesies hewan dengan 4040 spesimen dan keliling kebun binatang dengan kereta, kamu juga bisa naik perahu angsa, kuda bendi, sepeda tunggal atau sepeda ganda untuk mengarungi tempat ini. Bahkan di sini kamu tidak hanya akan melihat berbagai spesies hewan, tetapi juga bunga anggrek yang cantik di Taman Anggrek Ragunan.

2. Bali Safari and Marine Park

article image

Image source: thebalibible.com

Kalau kamu merencanakan liburan akhir tahun di Bali, jangan lewatkan Bali Safari and Marine Park. Atraksi menarik di kebun binatang ini akan memberikan sebuah pengalaman safari terbaik untuk kamu. Kebun binatang yang juga dikenal dengan Taman Safari Bali ini terkenal ahli dalam konservasi hewan, pertunjukan binatang dan eksebisi.

Di Taman Safari Bali kamu dapat melihat satwa langka dari tiga negara, yakni Indonesia, India dan Afrika. Satwa langka dari Indonesia sendiri terdiri dari 60 spesies dan 400 ekor satwa langka seperti jalak putih, burung hantu, harimau Sumatera dan lain-lain. Selain itu, kamu bisa menikmati pengalaman dinner di Tsavo Lion Restaurant sambil melihat singa dan Night Safari yang seru.

Kamu bahkan bisa bermalam di Mara River Safari Lodge yang menawarkan sensasi berlibur di tengah hutan dengan pemandangan zebra, kijang hingga badak putih dari jarak dekat. Untuk tiket Safari Explorer dibanderol seharga Rp163.000 dan banyak paket seru lainnya yang bisa dicoba.

3. Taman Safari Cisarua Bogor

article image

Image source: goodnewsfromindonesia.id

Kebun binatang yang menjadi salah satu ikon pariwisata Bogor ini menawarkan pengalaman liburan yang sarat akan edukasi untuk keluarga. Taman Safari yang berdiri di lahan seluas 168 hektar ini memiliki beberapa kategori satwa, antara lain Baby Zoo, Bird Aviary, Komodo Island, Penguin House, Primate Center dan Reptile Tunnel.

Sementara jenis safari yang bisa kamu coba di sini adalah safari siang, Istana Panda di mana kamu bisa berinteraksi langsung dengan panda yang lucu, safari malam untuk pengalaman safari yang berbeda serta Safari Trek dan Outbond yang menawarkan wisata petualangan plus edukasi menarik.

4. Kebun Binatang Gembira Loka

article image

Image source: guideku.com

Nah, kalau kamu merencanakan liburan ke Yogyakarta, boleh banget nih mampir ke Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang yang dahulu diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII ini awalnya diberi nama Kebun Rojo dan arsitek asal Belanda Ir. Karsten diminta untuk membantu perancangannya.

Kebun Binatang Gembira Loka menawarkan atraksi wisata yang komplit. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Perahu Katamaran yang akan mengajak kamu mengelilingi danau buatan dan area Mayang Tirta yang berbentuk seperti kapal besar. Kamu juga bisa melihat Gelar Satwa yang memperlihatkan aneka satwa seperti beruang madu, burung kakaktua jambul kuning hingga orang utan.

5. Bali Zoo Park

article image

Image source: thebalibible.com

Selain Bali Safari and Marine Park, Bali juga punya Bali Zoo Park yang menjadi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Bali Zoo Park merupakan perpaduan antara kebun binatang dan wahana air sehingga cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Anak-anak pasti akan senang dengan pengalaman naik kuda poni dan bermain-main di Jungle Splash Waterplay. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan binatang atau petting zoo untuk rusa, gajah dan kelinci serta menonton atraksi burung. Kamu pun akan menikmati pengalaman menarik dengan melihat 350 satwa langka di Bali Zoo Park.

Kalau kamu menyukai petualangan, di sini kamu bisa menikmati permainan tree walk adventure dan flying fox. Ingin sarapan ditemani orang utan? Bisa banget di Bali Zoo Park.

Dapatkan harga spesial tiket masuk ke Bali Zoo di bawah ini:

6. Batu Secret Zoo Malang

article image

Image source: elearn.id

Malang memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata keluarga. Kamu bisa mengunjungi Batu Secret Zoo yang dikonsep dengan teknologi canggih dan modern ini. Kebun binatang ini merupakan bagian dari Jatim Park 2 yang akan menghadirkan wisata edukasi untuk kamu dan keluarga.

Batu Secret Zoo dibagi menjadi beberapa zona, di antaranya adalah Pygmy Marmoset, Zona Aquarium, Zona Primata dan Burung, Birds Feeding, Zona Savanah, Kampung Afrika, Zona Amfibi, Safari Farm, Tiger Land dan Zona Permainan dan Hiburan. Banyak banget kan? Dengan banyaknya wahana menarik, kamu akan puas liburan di Batu Secret Zoo Malang. Tunggu apa lagi, ajak keluarga kamu menikmati berbagai atraksi menarik di Batu Secret Zoo.


Itulah deretan kebun binatang terbaik di Indonesia yang menjadi pilihan destinasi liburan akhir tahun kamu. Wisata ke kebun binatang pas akan sangat menyenangkan untuk kamu dan keluarga, terlebih untuk anak-anak. So, mulai sekarang siapkan diri kamu untuk menikmati libur akhir tahun yang seru ya. Jangan lupa cek Gotomalls.com yang juga menyediakan tiket spesial untuk melihat atraksi binatang-binatang. Cek selengkapnya di bawah ini:

Gotomalls.com adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Articles

featured image source: instagram/ringgoagus