6 Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Mengganggu Kesehatan Mental

Berbicara tentang kesehatan mental, saat ini masih banyak orang yang belum terlalu sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Banyak orang yang mungkin menganggap hal sepele, namun jika sampai kesehatan mental kamu terganggu ini akan banyak mempengaruhi hal-hal di dalam kehidupan sehari harimu. Yang perlu dipahami setiap orang adalah penyebab kesehatan mental dapat terganggu bisa terjadi dikarenakan banyak hal, dan salah satunya bisa disebabkan karena kebiasaan yang buruk bahkan tanpa disadari. Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti di bawah ini mungkin sering dilakukan sehari harinya dan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mental.

Pesimis

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Banyak orang yang pesimis selalu berpikir jika tidak ada harapan baik yang dimilikinya dan mudah berputus asa. Karena itulah pesimisme tak hanya mempengaruhi cara kamu dalam memandang hidup saja namun juga kesehatan mental. Hilangnya harapan dan muncul keputusasaan dalam hidup yang terus menerus berlarut bisa jadi yang menyebabkan mood mudah terganggu hingga depresi. Karena itulah mulai belajar untuk selalu berpikir positif. Kamu wajib mengenali apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, namun fokuslah terhadap kekuatan tersebut. Jangan hanya berkutat tentang kelemahan maupun situasi buruk yang mungkin sedang kamu hadapi.

Kurang Tidur

article image

Image source: akurat.co

Tak hanya dapat mengganggu kesehatan fisik saja, siapa sangka jika kurang waktu tidur juga dapat menyebabkan kesehatan mental jadi terganggu. Tidur merupakan cara tubuh untuk dapat melakukan regenerasi, sehingga saat tubuh kurang tidur tak hanya membuatnya mudah mengantuk namun juga mengacaukan kinerja sistem tubuh. Jelas saja ini akan mengganggu kesehatan mental seseorang. Bahkan sejumlah penelitian membuktikan hubungan antara kurang tidur dengan gangguan mental seperti bipolar disorder dan ADHD. Untuk itulah biasakan diri tidur cukup minimal 8 jam seharinya. Jika kamu mengalami gangguan tidur, maka segera periksakan diri ke dokter agar kamu segera mengetahui penyebab serta bagaimana cara mengatasinya.

Malas Bergerak

article image

Image source: grid.id

Siapa sangka jika malas bergerak juga bisa mengganggu kesehatan mental. Tak hanya bisa buat tubuh menjadi lemas, namun juga menyebabkan otot mengecil dan perut jadi membesar. Namun di luar hal itu, kebiasaan buruk ini disinyalir menjadi penyebab gangguan kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan. Jika setiap harinya kamu hanya duduk di depan gadget tanpa melakukan hal apa pun, akan lebih baik jika kamu mulai meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang dapat membuat otot-otot di dalam tubuh jadi lebih bekerja. Cobalah untuk melakukan olahraga rutin setiap harinya, ini tak hanya membuat tubuh namun juga mental lebih sehat. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan jika olahraga terbukti dapat meningkatkan mood serta membuat suasana hati jadi membaik.

Baca juga artikel lainnya tentang olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah

Articles

Memendam Amarah

article image

Image source: inibaru.id

Jangan salah, memendam amarah juga dapat menyebabkan gangguan pada mental seseorang. Dalam jurnal Advances yang dirilis di tahun 2017 menjelaskan jika para ahli di Inggris menemukan fakta jika orang-orang yang tidak dapat meluapkan maupun mengekspresikan amarah yang dimilikinya secara sehat bisa lebih rentan menderita depresi. Karena itulah belajar untuk bisa meluapkan emosi serta mengungkapkan rasa marahmu maupun perasaan negatif lainnya dengan cara yang baik. Jangan hanya memendamnya seorang diri. Berceritalah kepada orang-orang yang memang kamu percayai ataupun kamu bisa menuliskannya dalam buku harian.

Jika kamu sering stres kamu bisa mengandalkan kalung baltic amber yang memiliki banyak fungsi salah satunya untuk memberikan efek tenang.

Kalung Baltic Amber

article image

Beli Sekarang

Terlalu Serius

article image

Image source: alodokter.com

Serius memang sangat dibutuhkan agar kamu bisa fokus melakukan aktivitas maupun pekerjaan. Namun jangan sampai keseriusanmu malah membuat kamu kehilangan waktu untuk tertawa maupun bersenang-senang. Tertawa menjadi obat yang sangat cepat meredakan stres dan gelisah. Jangan terlalu mudah untuk menumpuk banyak pikiran, akan lebih baik jika kamu menyisihkan waktu untuk bisa tertawa. Ada baiknya jika kamu mendengarkan cerita humor, melihat acara yang lucu, maupun menghabiskan waktu dengan teman-teman yang bisa buat kamu tertawa. Dapat dikatakan jika tertawa menjadi kebutuhan bagi kesehatan mentalmu.

Obsesif

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Obsesi merupakan pikiran negatif yang bisa muncul dan tidak terkendali, bahkan bisa terjadi berulang kali jika mengalami peristiwa yang sama dan pernah terjadi sebelumnya. Misalnya saja seseorang terobsesi mengecek HP atau sosial media, mungkin untuk meninggalkan HP sebentar saja membuatnya merasa tidak tenang. Bahkan hingga memunculkan pikiran-pikiran negatif yang sebenarnya tidak terjadi. Tanpa disadari, kebisaan buruk inilah yang membuat otak dan tubuh menjadi stres. Selain itu hal ini pulalah yang akan membuat denyut jantung semakin meningkat cepat dan membuat tubuh melepaskan hormon stres kortisol dan adrenalin. Semua ini secara tidak langsung akan berdampak untuk kesehatan fisik serta emosional.


Masih banyak orang yang belum tanggap dengan pentingnya menjaga kesehatan mental, padahal ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena itulah mulailah diri untuk selalu berpikiran positif. Tinggalkan kebiasaan yang buruk yang bisa berdampak pada kesehatan mental seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jangan takut atau malu untuk memeriksakan diri ke ahlinya jika dirasa ada beberapa gangguan-gangguan yang dapat membahayakan kesehatan mentalmu.

Products

Kamu juga bisa berjalan-jalan ke mal terdekat meski hanya untuk melepas penat sesaat. Tidak harus belanja tapi kamu bisa menikmati berbagai event seru yang ada di mal. Jangan lupa cek GoToMalls, yang tidak hanya menyediakan informasti tentang event tapi juga merchant, promo, diskon, dan kupon.

Malls

featured image source: nationalgeographic.grid.id