5 Keuntungan Menjadi Youtuber, Bisa Masuk Universitas Negeri Jalur Prestasi

Menjadi seorang content creator di Youtube sudah bukan lagi soal hobi belaka, tapi juga sudah menjadi profesi sekaligus lahan bisnis menguntungkan. Bukan rahasia lagi kalau seorang Youtuber, sebutan untuk para content creator di Youtube, bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah fantastis. Dalam satu bulan, mereka bisa meraih pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah. Belum lagi soal popularitas, Youtube telah menjadi wadah ideal bagi siapa pun yang ingin membangun popularitas dan merintis karier berdasarkan minat atau bakatnya masing-masing.

1. Mendapatkan Popularitas

article image

Image source: The Social Monkey LLC

Sebagai sebuah wadah yang bisa diakses siapa saja dan di mana saja, Youtube bisa menjadi sarana ideal untuk membangun branding dan popularitas. Kamu mungkin sudah cukup akrab dengan nama-nama seperti Raditya Dika, Arif Muhammad, Atta Halilintar, Ria Ricis, kemudian dari luar negeri ada Pewdiepie, Dan TDM, Logan Paul, Markiplier, dll. Popularitas mereka adalah bukti bahwa Youtube bisa menjadi wadah untuk mendapatkan popularitas.

Selama kamu terus konsisten untuk berkarya dan menghadirkan sesuatu yang berbeda, hingga akhirnya semua itu menjadi ciri khas tersendiri, tidak akan sulit untuk membangun popularitas. Ketika namamu sudah banyak dikenal, bersiap-siaplah untuk dibanjiri permintaan endorsement dan sponsorship!

2. Mendapatkan Sarana Pengembangan Diri

article image

Image source: The Verge

Internet dan media sosial bisa sangat bermanfaat jika digunakan untuk sesuatu yang positif, dan berlaku juga sebaliknya. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan langsung dengan menjadi seorang Youtuber adalah pengembangan diri. Cepat atau lambat, jika kamu sudah memutuskan untuk serius menjalani profesi sebagai Youtuber, kamu akan dituntut untuk terus kreatif dan produktif. Seorang Youtuber juga harus mampu menjaga hubungan mereka dengan para pengikut atau subscribersnya.
Selain itu, kamu juga harus memperkaya diri dengan pengetahuan, karena untuk terus menghasilkan sesuatu yang baru dan menarik dibutuhkan pengetahuan yang berkembang. Tapi semua itu akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, karena profesi ini bisa dijalankan dengan santai tanpa harus terikat tempat dan waktu.

3. Mempunyai Banyak Pengikut dan Menyebarkan Hal-Hal Baru

article image

Image source: Canadian Business

Ketika channelmu sudah semakin berkembang dan menghimpun banyak subscribers, kesempatan untuk memiliki banyak pengikut akan terbuka lebar. Dalam hal ini, secara tidak langsung kamu sudah menjadi seorang influencer. Itu artinya orang-orang akan mulai mencontoh segala sesuatu yang kamu lakukan.

Situasi ini bisa kamu manfaatkan untuk menyebarkan hal-hal baru yang bermanfaat bagi orang banyak. Seperti gaya hidup, tips/trik, pemikiran-pemikiran dan wawasan baru, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan popularitas sekaligus memberikan kontribusi untuk kehidupan yang lebih baik! Menyenangkan bukan?

4. Memiliki Penghasilan

article image

Image source: We The Unicorns

Keuntungan yang keempat ini adalah sesuatu yang paling banyak dicari oleh para Youtuber, yaitu penghasilan! Sudah bukan rahasia lagi kalau para Youtuber bisa mengumpulkan penghasilan dalam jumlah yang besar. Kamu bisa ambil contoh seorang penulis sekaligus stand-up comedian terkenal bernama Raditya Dika. Menurut beberapa sumber, dia berhasil mengumpulkan pemasukan mencapai 175 juta rupiah setiap bulannya (per Juni 2019), ini adalah penghasilan murni dari channel Youtubenya yang sekarang telah disubscribe oleh 7,1 juta orang lebih.

Lalu, dari mana saja sumber pendapatan tersebut? Umumnya, ada empat sumber utama yang menjadi sumber pendapatan mereka, yaitu YouTube Ads, program Affiliate Marketing, berjualan dan endorsement/sponsorship. Namun sumber penghasilan Youtuber tidak hanya terbatas pada empat faktor itu saja, kamu juga bisa mencari peluang-peluang lain untuk meningkatkan nilai pemasukan.

5. Masuk Universitas Negeri Jalur Prestasi

article image

Image source: Okezone News

Ini serius, kalimat yang tertera dalam judul di atas bukanlah angin kosong, tapi benar-benar nyata. Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar viral yang menyatakan bahwa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta telah membuka tes masuk Seleksi Mandiri, di mana salah satunya adalah Jalur Prestasi. Menariknya, Jalur Prestasi ini memberikan kesempatan bagi Youtuber dengan minimal 10.000 subscribers untuk mendaftarkan diri.

Ketentuan ini sesuai dengan pengumuman resmi yang dikeluarkan langsung oleh pihak UPN Veteran Jakarta, yaitu pengumuman nomor 32/UN61/PG/2019 mengenai penerimaan mahasiswa baru program sarjana (jalur Seleksi Mandiri) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta tahun 2019. Sudah populer, punya penghasilan, bisa masuk kuliah jalur prestasi pula. Benar-benar beruntung Youtuber masa kini.

Baca juga artikel menarik tentang youtuber-youtuber sukses dan bisa menjadi inspirasi kamu.

Articles


Itulah 5 keuntungan menjadi Youtuber di zaman sekarang, apa kamu tertarik untuk menjadi seorang Youtuber? Jika tertarik membuat konten kamu bisa memulainya dengan membuat video sederhana dengan smartphone-mu sendiri. Terapkan sedikit editan teknis untuk membuatnya lebih menarik. Kamu bisa menemukan informasi gerai gadget lengkap di GoToMalls.com. Di GoToMalls kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan banyak promo, diskon, kupon, dan event-event untuk gadget yang sedang dicari.

Products

Brands

Malls

featured image source: sukitainfo