Rekomendasi Menu Makan Murah Untuk Clean Eating

Pernahkah kamu mendengar tentang clean eating? Banyak orang yang menganggap jika metode ini adalah program diet, seperti diet-diet pada umumnya yang bertujuan untuk membentuk berat badan ideal. Tetapi sebenarnya clean eating lebih kepada gaya hidup yang sehat, khususnya dalam pemilihan makanan yang akan dikonsumsi. Jadi tujuannya tak hanya untuk meningkatkan kesehatan, namun juga kualitas hidup sehingga jika diterapkan dengan benar, clean eating bisa berdampak sangat positif bagi kualitas hidup agar lebih baik lagi. Prinsip dasar dari clean eating ini terlihat simpel, yaitu mengonsumsi makanan yang segar dan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Jika kamu ingin menganut metode clean eating ini sebagai gaya hidupmu, tak perlu membeli makan-makanan sehat di luaran yang cukup mahal. Kamu bisa meracik sendiri menu makan murah untuk program clean eating yang mudah dan sehat.

Smoothie, Jus, Maupun Minuman Sehat Lainnya

article image

Image source: bhf.org.uk

Untuk menu makan murah clean eating, sebenarnya tak melulu soal makanan saja namun kamu juga bisa memasukkan minuman sehat ke dalamnya. Jika kamu ingin menerapkan clean eating, maka hindari minuman dengan kandungan kalori dan gula yang banyak, semisal soft drink ataupun kopi. Kamu bisa mencoba meracik menu makan murah sehat seperti smoothie dari buah-buahan. Namun perhatikan kadar gula di dalam minuman tersebut, jangan sampai terlalu kemanisan. Kamu bisa membuat dari beberapa buah-buahan yang kamu sukai untuk dijadikan smoothi. Jika ingin yang lebih simpel, olah saja buah-buahan tersebut menjadi jus buah.

Telur Setengah Matang

article image

Image source: healthyfood.com

Menu makan murah lainnya untuk program clean eating yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah adalah telur setengah matang. Namun telur setengah matang di sini harus dimasak tanpa menggunakan minyak. Hal ini karena minyak goreng memiliki kandungan asam lemak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan apalagi jika terlalu sering dikonsumsi. Lebih baik telur direbus hingga setengah matang. Meskipun simpel, jangan salah sangka, telur merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan gizinya sangat lengkap, mulai dari vitamin A, B, B2, B5, B12, selenium, folat, dan fosfor. Telur juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya, seperti buah alpukat, roti gandum dan lainnya untuk menambah energi. Kamu bisa menjadikannya menu sarapan yang dapat mengisi energi untuk menghadapi aktivitas padat seharian.

Edamame Rebus

article image

Image source: twipu.com

Makanan alami atau yang disebut sebagai raw food dapat dikatakan sebagai kunci untuk menjalani clean eating. Karena itulah edamame sering kali direkomendasikan sebagai menu makan murah clean eating. Kacang edamame memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, mulai dari vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, asam amino, dan serat yang mampu meningkatkan daya ingat dan melindungi jantung. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, atau agar lebih banyak manfaatnya tambahkan wijen hitam sehingga manfaat kesehatannya bisa lebih maksimal. Kamu bisa menjadikan kacang edamame untuk camilan sore maupun pengganti menu sarapan yang lebih sehat. Tak perlu takut gemuk jika mengonsumsi kacang edamame dalam jumlah yang banyak, karena edamame adalah makanan yang lezat dengan tinggi protein namun rendah kalori dan lemak.

Tahu Panggang

article image

Image source: steamykitchen.com

Tips mengolah makanan untuk clean eating adalah dengan meminimalisir penggunaan minyak serta bahan makanan diproses lama. Jadi, kamu bisa memanggang ataupun menumis bahan makanan dengan sedikit minyak wijen atau olive oil. Salah satu contoh makanan yang masuk ke dalam kategori makanan clean eating adalah tahu panggang. Makanan yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan gizinya juga lengkap seperti lemak, protein, karbohidrat, fosfor, mineral, kalium, kalsium, dan vitamin B kompleks. Selain itu, terdapat 80% asam lemak tak jenuh di dalam tahu yang tidak mengandung banyak kolesterol. Jadi sangat aman untuk kesehatan jantungmu. Kamu bisa memasak tahu dengan cara dipanggang, untuk lebih nikmat kamu bisa tambahkan irisan sayur.

Capcay

article image

Image source: hellosehat.com

Menu lainnya yang murah dan mudah dibuat untuk program clean eatingmu adalah dengan memasak capcay. Kamu bisa menambahkan sayuran-sayuran segar seperti wortel, brokoli, kubis, hingga potongan daging ayam. Gunakan saja sedikit minyak wijen untuk menumisnya dan tambahkan bawang putih untuk penambah rasanya. Capcay yang hangat akan sangat cocok untuk kamu masukkan ke dalam diet clean eating. Jika ingin menambahkan nasi, usahakan menggunakan nasi merah agar lebih sehat.

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk eating clean kamu bisa membaca buku di bawah ini.

Buku Ori - Eating Clean

article image

Beli Sekarang


Clean eating tak hanya akan membantu menurunkan berat badan saja, namun juga banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menerapkan prinsip clean eating dengan benar yaitu mengonsumsi makanan segar seperti buah, sayuran, sumber karbohidrat, dan sumber protein yang porsinya sesuai kebutuhan. Jadi makanan-makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuhmu. Tak perlu menggunakan bahan mahal, kamu bisa mengolah bahan-bahan makanan yang murah namun sehat untuk menu clean eating harianmu.

Dapatkan bahan dan makan murah untuk clean eating di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Products

*featured image source: pexels/foodiefactor