Makan Sebelum Tidur

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, tubuh akan terasa lelah dan seringkali diikuti rasa lapar. Normalnya, kita akan bergegas mengisi perut dengan masakan lezat yang sudah siap di meja makan. Setelah makan biasanya akan muncul rasa ngantuk, dan tanpa sadar kita terlelap tidur sebelum sistem pencernaan menyelesaikan tugasnya.

Hal ini mungkin lumrah. Namun, dari sisi medis menjelaskan jika makan sebelum tidur tidak bagus untuk kesehatan. Apalagi kalau makanan yang kita konsumsi tergolong tinggi kalori dan minim gizi. Berikut 5 efek buruk makan sebelum tidur yang perlu diwaspadai:

1. Berat Badan Naik

article image

Image source: diabetes.co.uk

Mungkin sudah banyak di antara kita yang familiar dengan isu ini. Nyatanya, kenaikan berat badan gara-gara tidur sehabis makan memang sudah terbukti. Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada tahun 2020 menegaskan hal ini.

Di situ disimpulkan bahwa seseorang yang makan malam pada jam 10 lebih kemungkinan akan mengembangkan intoleransi glukosa. Selain itu, tingkat oksidasi lemak juga dapat berkurang sehingga beresiko meningkatkan masalah obesitas dan sindrom metabolik.

2. Menghambat Proses Pembakaran Lemak

article image

Image source: eurekalert.org

Jika kamu sedang menjalani program diet, sebaiknya kebiasaan makan sebelum tidur segera ditinggalkan. Sebuah studi yang diterbitkan di PLOS Biology pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa orang-orang yang makan larut malam membakar lebih sedikit lemak dibanding mereka yang tidak, meskipun asupan kalori dan aktivitasnya sama.

3. Sindrom Metabolik

article image

Image source: everydayhealth.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makan sebelum tidur juga berisiko mengembangkan sindrom metabolik. Risiko ini meliputi kelebihan lemak di perut, meningkatnya tekanan darah, gula darah, dan kolesterol atau trigliserida. Jika kadarnya tidak terkendali, lambat laun akan berkembang menjadi penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga penyakit stroke.

4. Penyakit Lambung/GERD

article image

Image source: klikdokter.com

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang dikenal juga sebagai arus balik asam lambung adalah salah satu penyakit yang umum terjadi akibat kebiasaan makan dan langsung berbaring. Hal ini disebabkan ketika posisi tubuh berbaring sementara lambung penuh dengan makanan, maka asam lambung akan lebih mudah naik.

5. Mengganggu Kualitas Tidur

article image

Image source: cnet.com

Makan sebelum tidur juga bisa membuat kualitas tidur kita terganggu. Sebab, tubuh masih harus bekerja untuk membakar kalori yang kita konsumsi dari makanan. Nah, hal inilah yang sering membuat kita tidak bisa langsung tertidur saat perut kekenyangan, meskipun mata sudah terasa berat akibat kondisi perut begah.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: dollarshaveclub.com