6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Indonesia Ketika Makan Sushi

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia, bahkan banyak warga Indonesia yang juga sangat menyukai makanan satu ini. Bisa dilihat saja saat ini ada banyak restoran sushi yang beroperasi di Indonesia. Meski begitu, nyatanya tak semua orang Indonesia mengetahui bagaimana cara makan sushi yang benar. Tak sedikit pula orang Indonesia yang sering melakukan kesalahan ketika makan makanan Jepang ini. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui bagaimana cara makan sushi yang benar, cek kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat menyantap sushi di bawah ini.

Menggunakan Sumpit, Bukan Tangan

article image

Image credit: shopback.co.id

Mungkin kesalahan makan sushi yang satu ini paling banyak dilakukan orang Indonesia. Jika melihat orang-orang yang berdatangan ke restoran sushi, maka akan terlihat jika sebagian besar pengunjung pasti akan menggunakan sumpit untuk mengambil sushi. Nyatanya, hal ini salah besar. Makan sushi yang benar adalah dengan langsung menggunakan tangan. Bahkan chef sushi yang berpengalaman akan mengolah sushi dan membentuknya ke ukuran yang pas agar bisa dimakan langsung dalam satu suapan. Jadi mulai saat ini, gunakan tangan langsung saja ya untuk memakan sushi ya!

Membuang Waktu Saat Memakan Sushi

article image

Image credit: solopos.com

Rasanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini untuk memamerkan segala kegiatan yang dilakukan, bahkan termasuk makanan ke dalam sosial medianya. Alhasil makanan yang tersaji tidak langsung termakan karena waktu terbuang untuk mengunggah ke sosial media. Padahal chef yang menyajikan sushi menuturkan jika sebaiknya sushi harus segera dimakan, tidak boleh membuang waktu. Hal ini karena sushi yang dibiarkan dalam waktu yang lama tentunya tidak akan sesegar dan selezat sushi yang baru. Jika tidak langsung dimakan, maka nasinya akan mengeras. Rasa ikannya juga tidak segar lagi.

Umumnya di restoran sushi, chef menyesuaikan waktu ketika menyajikan sushi. Dihidangkan satu per satu setelah pelanggan telah selesai menyantap menu yang sebelumnya. Jadi pelanggan dapat menikmati sushi dengan kondisi yang terbaik. Karena itulah jangan sampai mendiamkan sushi terlalu lama saat dihidangkan, apalagi untuk urusan sosial media. Bukan tidak mungkin rasanya akan berubah dan tidak enak saat dimakan.

Mencampurkan Wasabi ke Dalam Kecap Asin

article image

Image credit: lifestyle.okezone.com

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh orang Indonesia ketika makan sushi adalah dengan meletakkan atau mencampurkan wasabi ke kecap asin sekaligus. Hal ini menjadi cara makan sushi yang keliru. Cara makan sushi yang benar adalah dengan mencocolkannya langsung ke dalam kecap asin. Jika kamu ingin menambahkan wasabi, cukup tambahkan saja di atas sushi. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin memakan onigiri atau sashimi.

Mencelupkan Nasi Ke Dalam Kecap Asin

article image

Image credit: wordpress.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi sushi memang paling pas saat dicocol menggunakan kecap asin. Namun banyak yang salah di sini, banyak orang yang mencelupkan bagian nasi ke dalam kecap asin. Padahal yang benar adalah kamu harus mencelupkan bagian ikan ke dalam kecap asin.

Meletakkan Acar Jahe Di Atas Sushi

article image

Image credit: pixabay.com

Banyak orang Indonesia yang menyukai acar, sehingga tak jarang mereka sering meletakkan acar jahe di atas sushi. Menurut tradisi lokal, menyantap makanan bersama dengan acar memang bukan masalah. Namun di dalam tradisi makanan Jepang, acar bukan sesuatu makanan yang bisa disantap dengan sushi maupun makanan lainnya. Acar digunakan sebagai makanan pembersih untuk rasa yang ada di lidah sehingga kamu siap untuk mencicipi makanan lainnya. Itulah mengapa acar jahe disajikan saat kamu sedang menunggu sajian yang selanjutnya.

Makan Sushi Dua Kali Suap

article image

Image credit: pixabay.com

Ini menjadi kesalahan yang sering dilakukan, namun banyak yang belum mengetahuinya. Padahal kesalahan yang satu ini cukup fatal loh! Sushi sebaiknya dimakan dalam 1 kali suap saja maka dari itu satu porsi sushi biasanya dibuat kecil-kecil jadi bisa langsung dimakan dalam satu kali suap. Jadi jangan sampai kamu memakan sushi dalam dua kali suap lagi ya!

Yuk, coba bikin sushi sendiri.

Sushi Bamboo Roll Mat

article image

Beli Sekarang


Itulah enam kebiasaan yang sering dilakukan saat menyantap sushi. Nah jika sudah tahu, silakan dipraktikkan ya nanti! Dengan cara makan yang benar, tentu saja akan membuat rasa makanan tersebut lebih maksimal dan lebih lezat lagi saat menyantapnya.

Products

Jangan lupa cek GoToMalls, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

Articles