Dari Sushi Serangga Hingga Sushi Daging Kuda, Inilah Jenis Sushi Aneh dan Terseram di Dunia

Kalian tahu kan makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk dengan tambahan lauk mentah seperti ikan, daging, dan sayuran segar sebagai toppingnya? Betul, makanan ini adalah sushi. Makanan ini sudah lama dikenal masyarakat Jepang sejak abad ke-8. Menurut sejarahnya sendiri, sushi berasal dari kebudayaan China yang merupakan sebuah teknik fermentasi ikan dengan cara membungkus ikan di dalam nasi, garam, dan cuka.

Perkembangannya berlanjut pada zaman Edo, pada masa itu sushi lebih dikenal dengan nama “oshizushi”. Lalu ketika zaman Edo memasuki periode akhirnya, makanan ini berganti nama menjadi “nigirizushi”. Awalnya sushi merupakan hidangan mewah yang sering disantap oleh masyarakat kalangan atas. Dahulu, sushi memiliki ukuran yang lebih besar dari yang sekarang, dan agar lebih mudah dimakan, ukuran sushi akhirnya diperkecil. Bentuk sushi yang dikenal saat ini baru ditemukan ketika memasuki abad ke-19, khususnya di Tokyo.

Setelah sushi mulai menyebar ke berbagai pelosok dunia, terdapat banyak penyesuaian dan kreasi sushi yang diciptakan untuk menyesuaikan selera orang-orang. Mulai dari bahan baku sampai teknik memasaknya sendiri banyak diimprovisasi, bahkan bentuknya pun beraneka ragam, seperti sushi-sushi aneh berikut ini:

Sebelum lanjut membaca, cek juga kupon diskon berikut yang mungkin menarik buat kamu!

Sushi Ketiak

article image

Source image: tribun style

Jepang memang sudah terkenal dengan kultur-kultur progresif dan eksentriknya, sampai-sampai bidang kuliner pun tidak luput dari sentuhan tak lazim tersebut. Beberapa waktu lalu, sempat ada sebuah tren unik membuat sushi dengan cara dijepit ketiak wanita. Para wanita yang membuat sushi ini biasanya akan tampil mengenakan kostum tokoh-tokoh anime Jepang atau biasa disebut “cosplay”. Pertama-tama mereka akan menaburi nasi tersebut dengan biji wijen, kemudian dipadatkan menggunakan ketiak. Para pengunjung yang sebagian besar merupakan penggemar anime mengaku rasanya enak dan berbau wangi, kamu tertarik mencoba?

Sushi Serangga

article image

Source image: reddit

Kalau biasanya sushi menggunakan daging ikan tuna ataupun salmon, yang satu ini justru menggunakan bahan-bahan ekstrem, yaitu serangga. Orang Jepang memang sudah lama meyakini bahwa serangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan mantan kaisar Jepang Hirohito disebut-sebut sangat menggemari hidangan serangga bersama nasi, kecap, dan gula. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan bagi Shochi Uchiyama untuk berkreasi membuat sushi menggunakan bahan dasar serangga, mulai dari ulat, kelabang, jangkrik, tawon, dll.

Sushi Sperma Ikan (Shirako)

article image

Source image: tripadvisor

Jika serangga masih dirasa belum cukup ekstrem, hidangan sushi yang satu ini mungkin akan terdengar lebih menantang! Namanya adalah shirako, yaitu organ kelamin ikan jantan yang masih mengandung cairan sperma. Sushi ini umumnya ditemukan di sejumlah pub hingga sushi bar di Jepang. Konon, sperma ikan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Jika dilihat sepintas, shirako memang tampak mirip seperti otak atau usus sapi, dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan cod, anglerfish, atau ikan jenis lainnya. Selain sushi, shirako juga dapat disajikan dengan cara direbus bersama ponzu, kecap manis, atau diolah menjadi tempura.

Mau mencoba bikin sushi sendiri? Selain bahan-bahan utama yang terpenting kamu harus punya sushi roll maker.

article image

Beli Sekarang

Nori Seaweed Sushi Roll Maker KH Putih

Sushi Daging Kuda (Basashi Sushi)

article image

Source image: soranews24

Kalau daging ikan sudah terlalu mainstream, sebaiknya kamu mencoba sushi unik yang berbahan dasar nasi dan daging kuda mentah. Sushi yang satu ini juga sering disebut sebagai "sakura" atau "sakuraniku", makanan ini sudah cukup populer di daerah Prefektur Kumamoto, Nagano, Oita, dan beberapa wilayah di Tohoku. Sushi daging kuda atau “basashi sushi” memiliki tekstur berwarna merah muda. Selain daging, lemak yang berasal dari bawah surai kuda pun sering dihidangkan bersama dengan sushi ini. Menurut beberapa orang yang telah mencicipi bashasi sushi, mereka mengaku jika rasanya sangat lezat, kombinasi sari daging kuda menyatu sempurna bersama nasi yang beraroma cuka.

Sushi Kondom

article image

Source image: brilio

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak seperti apa penampakan sushi yang satu ini. Sushi yang dibentuk menggunakan salah satu alat kontrasepsi ini merupakan kreasi seorang blogger Jepang bernama Kyosuka Kagami. Melalui e-book yang dia terbitkan, Kagami ingin menunjukkan bahwa kondom bisa digunakan menjadi alat bantu membuat makanan. Nasi dan isian sushi dimasukkan ke dalam kondom dan jadilah sebuah sushi panjang menyerupai bentuk sosis. Sushi kondom ini pun disajikan lengkap dengan sayuran dan sausnya. Walaupun begitu, bukan berarti karet kondom tersebut akan ikut dimakan juga, sebelum disantap tentunya harus dilepas terlebih dahulu. Bagaimana menurutmu? Berani mencoba sushi yang satu ini?

Cek juga beberapa store yang menyediakan sushi yang bakal bikin kamu ngerasa ada di Jepang.

Brands


Itulah beberapa hidangan sushi khas Jepang yang tergolong aneh dan menantang. Dalam berimprovisasi untuk membuat kreasi makanan, orang-orang bisa menerapkan berbagai ide unik yang tak terpikirkan sebelumnya, mulai dari ketiak, serangga, sampai-sampai alat kontrasepsi seksual pun tak luput dari bahan percobaan! Ikuti terus informasi-informasi menarik lainnya hanya di GoToMalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia! Temukan juga restoran sushi terdekat di kota kamu. Cek lokasinya melalui Gotomalls.com.

Products

Malls