Makanan Meningkatkan Imun Tubuh

Berbagai masalah kesehatan bisa dialami siapa saja, entah itu akibat paparan virus ataupun bakteri jahat yang bersarang di dalam tubuh. Kondisi ini akan kian parah jika sistem daya tahan tubuh tidak dalam kondisi prima.

Sistem imun tubuh berkontribusi penting dalam memelihara kesehatan sekaligus melawan berbagai macam penyakit. Oleh karenanya, setiap individu dianjurkan untuk senantiasa menjaga sistem daya tahan tubuh, termasuk juga dengan mengonsumsi makanan meningkatkan imun tubuh yang baik.

Nah, mau tahu makanan apa saja yang bisa mendongkrak kualitas sistem imun kita? Berikut daftarnya:

1. Daging Sapi

article image

Image source: Liputan6.com

Dalam satu porsi daging sapi tersedia kandungan seng yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Seng sendiri berperan sebagai faktor pendamping dalam berbagai reaksi kimia yang menguatkan sistem daya tahan tubuh. Sedangkan untuk kamu yang vegetarian atau alergi terhadap daging sapi, masih ada beberapa makanan dengan kandungan seng tinggi seperti tahu, tiram, atau lentil.

2. Ikan tuna

article image

Image source: Happyfresh.id

Diantara jenis-jenis ikan konsumsi, ikan tuna merupakan sumber pangan yang bagus untuk memperoleh nutrisi penting yang bersifat membangkitkan tenaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh. Ikan tuna juga dikenal sebagai sumber vitamin D yang baik, serta mengandung seng.

3. Biji Bunga Matahari

article image

Image source: Republika

Sudah bukan rahasia lagi jika biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E dan seng yang tinggi. Selain seng, vitamin E juga termasuk nutrisi penting untuk menopang sistem imun kita. Vitamin E berperan dalam melindungi sel dari kerusakan serta membantu mengoptimalkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi. Makanan meningkatkan imun tubuh ini sangat cocok dijadikan camilan sehat.

4. Susu Sapi

article image

Image source: Biomin.net

Selain makanan, ada juga minuman yang berkhasiat ampuh dalam meningkatkan imun tubuh, yaitu susu sapi. Dalam setiap gelas susu sapi, terkandung berbagai nutrisi penting bagi sistem imun, seperti vitamin A, vitamin D, dan juga seng. Namun, jika kamu memiliki kondisi intoleransi terhadap laktosa, pilihan alternatifnya adalah susu almon. Susu dari almon mengandung vitamin E dan lemak yang menyehatkan dan baik untuk sistem imun.

5. Yogurt

article image

Image source: The Jakarta Post

Yogurt mengandung probiotik yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yogurt sendiri mengandung vitamin D, vitamin A, dan seng. Semakin banyak probiotik yang terkandung di dalamnya, maka semakin banyak bakteri baik yang akan bekerja di dalam tubuh.

6. Buah-buahan Asam

article image

Image source: Sehatq.com

Saat mengalami pilek, mungkin kamu sering dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi sumber vitamin C. Vitamin ini akan membantu membangun sistem imun tubuh.

Nah, vitamin C bisa ditemukan di hampir setiap buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, atau anggur. Vitamin C tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga kita dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin untuk memelihara kesehatan. Jumlah harian yang dianjurkan untuk wanita dewasa adalah 75 miligram, sedangkan untuk pria 90 miligram.


Demikianlah 6 makanan meningkatkan imun tubuh yang efektif. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: The Conversation