Makanan yang Mengandung Protein

Protein diperlukan oleh tubuh untuk memelihara dan memperbaiki jaringan otot, kulit, hormon, dan organ. Untuk anak-anak, protein akan membantu tumbuh kembangnya. Mengonsumsi protein yang cukup untuk tubuh juga membantu mengontrol berat badan serta mengubah lemak menjadi massa otot.

Selain itu, rajin mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu menjaga tekanan darah, melawan diabetes dan banyak lagi. Itu mengapa protein sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kebutuhan protein harian seorang kurang lebih sekitar 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Namun banyak ahli kesehatan mengatakan jika kita bisa mengkonsumsi protein lebih dari itu.

Penasaran? Berikut ini makanan yang mengandung protein tinggi.

1. Telur

article image

Image source: shutterstock

Sudah bukan rahasia jika telur adalah makanan sumber protein tinggi yang paling sehat dan bergizi. Dalam sebutir telur mengandung sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan protein yang terdapat dalam telur sebanyak 33% kalori. Telur berukuran besar setidaknya memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

Namun untuk kamu yang alergi dengan telur, jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak ya. Itu akan membuatmu tersiksa.

2. Almond

article image

Image source:treehugger.com

Makanan yang mengandung protein berikutnya adalah kacang almond. Kacang jenis ini sangat populer karena rasanya yang enak dan kaya juga dengan nutrisi. Tapi untuk harga memang jauh lebih mahal ketimbang kacang biasa.

Almond mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, vitamin E, dan magnesium. Dalam setiap ons kacang almond mengandung 164 kalori dan 6 gram protein.

3. Dada Ayam

article image

Image source: licious.in

Salah satu sumber protein alami yang juga mudah ditemukan di mana saja adalah dada ayam. Makanan yang mengandung protein tinggi ini sebaiknya dimakan tanpa kulitnya. Karena kulit ayam mengandung banyak lemak.

Dada ayam juga mudah diolah, mau dipanggang atau pun di masak tetap nikmat. Protein yang terkandung di dalamnya sebesar 53 gram dengan 284 kalori.

4. Oat

article image

Image source: hijabista.co

Oat disebut juga jadi salah satu biji-bijian yang paling sehat dan kaya akan nutrisi. Makanan yang mengandung protein ini bisa jadi menu pagi atau kapanpun. Untuk yang sedang diet, oat pastinya bisa jadi menu andalan.

Oat kaya serat tinggi, magnesium, tiamin atau vitamin B1, dan nutrisi lainnya. Dalam satu cangkir oat diperkirakan terdapat 11 gram protein dan 307 kalori.

5. Greek Yoghurt

article image

Image source: kompas.com

Makanan yang mengandung protein berikutnya ini memiliki tekstur yang lebih kental ketimbang yoghurt pada umumnya. Jika sedang diet dan mengurangi konsumsi gula, greek yoghurt adalah pemanis alami yang bisa kamu konsumsi.

Greek yoghurt memiliki tekstur lembut dan kaya akan nutrisi. Rasanya juga gurih manis tidak membosankan.

Setiap wadah atau kurang lebih 6 ons (sekitar 170 gram) greek yoghurt mengandung 17 gram protein dan 100 kalori. Nah untuk mendapatkan asupan protein maksimal pilihlah yoghurt tanpa tambahan gula.

6. Susu

article image

Image source: sovegan

Susu mengandung berbagai nutrisi dan vitamin kompleks yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Sebut saja protein berkualitas tinggi, kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

Tak perlu khawatir tentang kandungan lemaknya. Kamu bisa memilih susu rendah lemak yang kini mudah ditemukan di pusat perbelanjaan.

Dalam satu cangkir susu sapi mengandung 8 gram protein dan 149 kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan untuk susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori setiap satu cangkirnya.

7. Brokoli

article image

Image source: simplyrecipes.com

Makanan yang mengandung protein ini juga kaya akan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Mengonsumsi brokoli juga dapat membantu melindungi kita dari kanker.

Brokoli termasuk salah satu sayuran dengan kandungan protein tertinggi. Bagaimana tidak, dalam satu cangkir brokoli cincang atau setidaknya setidaknya 96 gram mengandung 3 gram protein dan hanya memiliki 31 kalori.

8. Tuna

article image

Image source: eatthis.com

Siapa yang tidak mengenal tuna? Ikan laut ini begitu populer karena kandungan nutrisinya. Tuna jadi makanan yang mengandung protein tinggi dan tentunya juga rendah lemak.

Setiap kaleng tuna terdapat 27 gram protein dan hanya 128 kalori.

9. Tempe

article image

Image source: eatthis.com

Terbuat dari kacang kedelai, tempe juga masuk sebagai salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Menariknya lagi tempe begitu mudah ditemukan di Indonesia. Mau di pasar atau pun di supermarket, tempe pasti ada.

Makan beberapa potong tempe berukuran dadu sebanyak setengah cangkir mengandung 17 gram protein. Bahkan kandungan protein dalam tempe 50% lebih banyak daripada tahu yang sama-sama berbahan dasar kacang kedelai.

10. Markisa

article image

Image source: amazon.com

Siapa sangka buah dengan karakter rasa asam ini adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein tersebut banyak ditemukan pada biji markisa, mengingat bijinya bisa dimakan.

Meminum perasan buah markisa sebanyak setengah cangkir berarti kamu telah memenuhi hampir setengah asupan vitamin C harian. Markisa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam setengah cangkir perasan buah markisa mengandung 2,5 gram protein yang baik untuk tubuh.


Simak juga informasi dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: eatthis.com