5 Mall Termewah di Dunia, Ada Theme Park Sampai Akuarium Raksasa

Mall atau pusat perbelanjaan sudah bukan sekadar tempat orang-orang membeli berbagai kebutuhan dan keperluan hidup saja, tapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup di zaman modern. Mall sendiri terdiri dari berbagai tenant (penyewa besar/toko utama) dan merchant (penjual barang). Umumnya, sebuah mall memiliki arsitektur bangunan tertutup dan terdiri dari beberapa lantai.

Sebagai pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi orang, setiap mall pasti memiliki daya tariknya masing-masing. Ada yang menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan, sarana rekreasi keluarga, tempat hiburan, dan berbagai kemewahan lainnya. Dan tahukah kamu, beberapa mall di dunia ini bahkan sampai dibangun dengan penuh kemewahan yang tidak biasa, sampai-sampai diklaim sebagai mall termewah di dunia! Berikut ulasannya:

5. Mall of America (Minnesota, Amerika Serikat)

article image

Image source: Pinterest

Mall of America (MOA) mulai beroperasi sejak tahun 1992 dan merupakan suatu kawasan perbelanjaan termegah di Amerika Serikat. Di mal ini kita bisa menemukan theme park Nickelodeon Universe, Lego Store, Planet Hollywood, dan masih banyak lagi. Mall ini juga memiliki berbagai wahana permainan seru, sekaligus pernah menjadi lokasi shooting salah satu film lawas Hollywood, yaitu “Jingles All the Way”.

Mall of America dikelola dan didirikan oleh Triple Five Group, dan menurut laporan media setempat, pengunjung mal ini bisa mencapai 40 juta orang setiap tahunnya! Beberapa tenant ternama yang bisa kita temukan di MOA adalah Hard Rock Cafe, Apple Store, Microsoft Store, American Girl Doll Store, dll.

4. Grand Canal Shoppes (Las Vegas, Nevada)

article image

Image source: grandcanalshoppes.com

Grand Canal Shoppes berdiri di atas lahan seluas 46.000 m2, pusat perbelanjaan mewah ini atas terletak tidak jauh dari The Venetian Hotel & Casino dan The Palazzo di Las Vegas Strip, Nevada. Mal sudah beroperasi sejak tahun 1999 bersama dengan Hotel Venesia.

Walaupun mal ini berlokasi di Amerika, tapi suasana di sini mirip seperti di Italia. Bahkan, kita bisa menemukan gondola yang akan membawa para pengunjung mengitari kawasan mal megah ini. Jika dibandingkan dengan mal megah lainnya, Grand Canal Shoppes memang tergolong kecil, dengan sekitar 90 tenant yang ada di sini. Kendati demikian, pengunjung mal ini terbilang sangat ramai.

3. Istanbul Cevahir (Istanbul, Turki)

article image

Image source: AE Arma-Elektropanc

Selanjutnya ada Istanbul Cevahir di Istanbul, Turki. Di mal ini terdapat 343 toko, 48 restoran, 12 bioskop, amphitheater, dan arena permainan yang tersebar di enam lantai berbeda. Istanbul Cevahir memiliki luas total 420.000 m2, di mana 110.000 m2 di antaranya merupakan kawasan pertokoan dan restoran mewah.

Salah satu daya tarik mal ini adalah air terjun buatan di lantai 3 dengan suasana yang begitu teatrikal. Mal yang dibangun dan dikelola oleh St Martins Property Group, Nurrettin Kurt, dan Jones Lang LaSalle ini juga memiliki arena roller coaster dan bowling. Istanbul Cevahir dibuka pada tahun 2005 dan sempat diulas oleh Forbes dalam “The World's 10 Largest Shopping Malls 2009”.

2. Mall of the Emirates (Dubai, UEA)

article image

Image source: buildexm.com

Mal yang dibangun dan dikelola oleh Majid Al Futtaim (MAF Holding) ini pernah meraih penghargaan “World Travel Awards 2005” dengan kategori pusat perbelanjaan terbaik di dunia. Mal ini luar biasa megah, terdapat resort ski & snow park dan lebih dari 700 toko yang bisa kita temukan di mal ini. Total luas pertokoannya bahkan mencapai 220.000 m2.

Mall of the Emirates menyediakan berbagai sarana dan fasilitas yang biasa ditemukan di mal-mal mewah lainnya, seperti teater 14 layar, arena permainan, teater dramatik, amphitheater, hotel, kolam renang, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Mal ini juga diklaim sebagai mal pertama yang memiliki arena indoor ski di Timur Tengah. Arena ski ini juga menjadi ciri khas dari Mall of the Emirates. Mall ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2005.

1. The Dubai Mall (Dubai, UEA)

article image

Image source: Destinations Beyond India

Mal termewah di dunia berada di Dubai, yaitu The Dubai Mall, suatu kawasan perbelanjaan dengan lebih dari 1.000 toko dan theme park seluas 76.000m2. Mal ini masih memiliki 15 mal kecil di dalamnya, dan kita juga bisa menemukan akuarium raksasa lengkap dengan air mancur yang memiliki 25 tema warna.

The Dubai Mall juga telah mendapat berbagai penghargaan, seperti Best Art Direction/Graphic Design, Guinness World Record “Largest Acrylic Panel”, Judges Special Recognition Awards, Best Retail Development Scheme, Best Use of Lighting in a Retail Environment, dll. Jumlah pengunjung mal ini dilaporkan bisa mencapai lebih dari 80 juta pengunjung setiap tahunnya! The Dubai Mall adalah rumah dari berbagai brand mewah seperti Rolex, Revoli, dan Canali. Di sini juga terdapat 250 kamar hotel, 22 layar bioskop, 120 restoran/cafe, dan masih banyak lagi.


Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu mal termewah di dunia tersebut? Sepertinya kita harus menyiapkan budget super untuk bisa berbelanja di sana! Di Indonesia sendiri juga masih banyak mall yang harus kamu kunjungi dengan berbagai fasilitas, mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia!

featured image source: pinterest