Manfaat Buah Semangka Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Buah semangka sering menjadi pilihan sebagai menu pencuci mulut. Buah berwarna merah ini memang digemari banyak orang, memberi kesegaran saat disantap dan ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lalu apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh? Mari simak berbagai manfaat buah semangka yang penting bagi tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Prostat

article image

Image source: doktersehat.com

Manfaat buah semangka yang pertama adalah meningkatkan kesehatan prostat bagi pria. Semangka mengandung lycopene yang lebih tinggi dibanding sayuran dan buah yang lain. Kandungan lycopene tersebut memiliki kualitas antioksidan yang menjaga prostat tetap sehat.

Hasil penelitian The University Illinois di Chicago menunjukkan bahwa kerusakan jaringan pada prostat berkurang secara signifikan selama tiga minggu percobaan pada peserta tes yang mencerna lycopene sebelum menjalani prostatektomi.

Mengatasi Lemak yang Menumpuk

article image

Image source: idntimes.com

Kalau kamu sedang menjalani program diet, salah satu cara ampuh adalah dengan mengonsumsi semangka. Buah semangka memiliki kandungan asam amino citruline yang dapat mengatasi lemak menumpuk dalam tubuh secara efektif.

Semangka diketahui mampu melemahkan sel lemak dalam tubuh kemudian melarutkannya dalam saluran pencernaan. Maka dari itu jangan lupa untuk memasukkan buah semangka ke dalam menu diet kamu.

Menyehatkan Jantung dan Tulang

article image

Image source: hariansuara.com

Hasil penelitian American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak buah semangka dapat mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dengan berat badan berlebih. Kandungan lycopene pada buah semangka juga aktif melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan lycopene tersebut juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Tentunya hal tersebut dapat menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lycopene juga baik untuk kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

article image

Image source: phshairscience.com

Buah semangka kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Perlu kamu ketahui bahwa secangkir jus semangka mengandung hampir seperempat dari asupan vitamin A harian. Kandungan vitamin A juga meningkatkan pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang sehat.

Antioksidan pada buah semangka dapat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, manfaat buah semangka yang lain adalah mendukung pertumbuhan kolagen yang menjadikan rambut lebih sehat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Anti-Inflamasi

article image

Image source: amazine.co

Lycopene yang terkandung dalam buah semangka ternyata memiliki manfaat yang banyak. Kandungan lycopene dapat menghambat proses inflamasi dan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas.

Selain lycopene, buah semangka juga mengandung kolin yang membantu menurunkan peradangan kronis. Manfaat buah semangka juga dapat dirasakan oleh penderita radang sendi karena buah segar ini dapat dijadikan obat untuk mengurangi radang sendi. Selain itu, kandungan anti-inflamasi buah semangka dapat menjaga kekebalan tubuh.

Mengurangi Nyeri Otot

article image

Image source: alodokter.com

Buah semangka ternyata memiliki manfaat yang penting bagi para atlet lho. Minum jus semangka sebelum menjalani latihan intens dapat membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya. Hal tersebut disebabkan buah semangka mengandung asam amino, citruline dan arginina yang dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Kandungan citruline pada semangka juga dapat meningkatkan energi dan membantu kerja atlet. Nah, bagi kamu yang sering menjalani aktivitas olahraga berat cobalah untuk mengonsumsi buah semangka secara rutin.

Meningkatkan Produksi Sperma

article image

Image source: fitnessformen.co.id

Bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil, umumnya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi buah semangka secara rutin terutama untuk pria. Bukan tanpa alasan, kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam buah semangka bermanfaat dalam pembentukan materi genetik, memperbaiki sperma abnormal dan meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Pria yang ingin memiliki cairan sperma berkualitas dan meningkatkan vitalitas tubuh, wajib banget untuk mengonsumsi buah semangka.

Menyuburkan Kandungan

article image

Image source: motherandbaby.co.id

Tidak hanya bagi pria, buah semangka juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang tinggi. Buah semangka dapat menyuburkan kandungan dan mencegah cacat fisik dan saraf pada bayi. Buah semangka dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dengan cara dijus sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Ginjal

article image

Image source: doktersehat.com

Manfaat buah semangka berikutnya adalah menjaga kesehatan ginjal. Buah semangka memiliki kandungan potasium yang dapat membantu membersihkan endapan racun pada ginjal. Selain itu buah semangka juga dapat mengurangi konsentrasi asam urat, membantu kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi mampu melancarkan buang air kecil yang dapat membantu membersihkan ginjal. Konsumsilah buah semangka secara rutin untuk kesehatan ginjal kamu.

Mencegah Dehidrasi

article image

Image source: nakita.grid.id

Dengan kandungan air yang tinggi, buah semangka dapat membantu mengatasi hidrasi seluruh tubuh. Minum jus semangka juga dapat membantu mencegah serangan panas karena mengandung elektrolit yang baik dan dapat membantu kamu terhindar dari sembelit.

Kamu bisa minum jus semangka kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Tidak heran bila buah semangka disukai di negara tropis dan menjadi favorit ketika musim panas karena jus semangka lebih manis dan segar dibanding air putih.

Cek juga manfaat buah lainnya di bawah ini:

Articles


Nah itu dia sepuluh manfaat buah semangka yang penting bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah semangka secara rutin untuk merasakan segudang manfaat dari buah yang menyegarkan tersebut. Namun jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan ya! Cek Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: pexels/brunoscramgnon