Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet Sehat

Jika sebelumnya banyak berita yang mengatakan bahwa buah alpukat harus dihindari dikarenakan memiliki kandungan lemak yang tinggi, kini buah yang satu ini justru banyak dicari oleh para pelaku diet sehat. Ya, alpukat memang memiliki kandungan lemak, namun lemak dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh serta asam lemak oleic. Para ahli menyatakan bahwa jika kamu mengonsumsi alpukat pada saat makan siang maka lemak di perut kamu akan berkurang. Di samping itu, hal ini juga akan mengurangi sindrom metabolik. Dengan kelebihannya yang mampu menurunkan kolesterol, mengurangi rasa lapar dan mengurangi lemak perut, maka alpukat merupakan salah satu makanan sempurna sebagai penurun berat badan yang alami dan sehat. Sekarang yuk kita cari tahu lebih banyak mengapa alpukat merupakan pilihan yang tepat untuk diet sehat!

Mengurangi Kadar Kolesterol dan Trigliserida

article image

Image source : loveonetoday.com

Buah alpukat ternyata dapat membantu kamu mengurangi kolesterol jahat atau yang biasa disebut dengan Low Density Lipoprotein (LDL) dan juga plasma trigliserida karena dalam buah ini terkandung Monounsatured Fatty Acid (MUFA). Kolesterol jahat LDL mampu mengendap pada dinding arteri sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kandungan plasma trigliserida yang terhitung tinggi dapat menyebabkan atherosclerosis serta menyebabkan tubuh menjadi insulin resistance dan diabetes. Buah ini mengandung asam lemak jenuh tunggal dan bisa membantu menurunkan kadar LDL yang juga terdapat pada buah zaitun, almon, ikan salmon serta beberapa bahan makanan lain yang mengandung Omega 3. Studi yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Lipidology juga menyatakan bahwa alpukat mampu memperbaiki kadar kolesterol baik High Density Lipoprotein (HDL) dalam darah.

Menimbulkan Rasa Kenyang Lebih Lama

article image

Image source : pinterest.com

Buah alpukat juga mengandung serat, yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar pencernaan. Serat dalam lambung akan berubah menjadi bentuk gel sehingga kemudian membuat makan menggumpal bagai jeli dan akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama hingga akhirnya kamu tidak akan merasa mudah lapar. Selain itu serat juga akan menghindarkan kamu dari risiko sembelit serta gangguan pencernaan lainnya.

Dalam studi yang dilakukan pada Universitas Loma Linda, mengikut sertakan partisipan yang dibagi menjadi tiga grup di mana grup pertama merupakan orang-orang yang tidak mengonsumsi alpukat, grup kedua yang hanya mengonsumsi alpukat saja serta grup ketiga yang mencampurkan alpukat pada makanannya sehari-hari.

Tahap selanjutnya, beberapa parameter misalnya kadar gula dalam darah, kadar insulin serta tingkat selera makan mereka diukur dalam kurun waktu tertentu. Dilaporkan bahwa partisipan yang hanya mengonsumsi alpukat memiliki tingkat kekenyangan yang bertambah 23% serta mampu mengurangi selera makan mereka hingga 28%.

Pada partisipan yang memasukkan unsur alpukat pada makanan mereka menghasilkan tingkat kekenyangan sebesar 26% serta mengurangi nafsu makan hingga 40%. Dengan kata lain jika kamu selalu mencampurkan makanan kamu dengan alpukat maka tingkat lapar akan berkurang karena timbul rasa kenyang. Hal ini sangat baik bagi diet dan kesehatanmu karena mampu mencegahmu mengonsumsi makanan yang tinggi kadar gula atau garam.

Selain baik untuk tubuh, alpukat juga baik untuk kesehatan kulit.

Handbody Citra Avocado Honey

article image

Beli Sekarang

Mengurangi Sindroma Metabolisme

article image

Image source : english.sakshi.com

Diterangkan oleh Klinik Mayo, lingkar pinggang yang tergolong besar merupakan indikasi bahwa kamu menderita sindroma metabolisme. Sebutan ini disematkan pada umumnya pada orang yang memiliki kondisi kesehatan seperti misalnya stroke, diabetes dan penyakit jantung.

Sindroma metabolisme atau Metabolic Syndrome (MetS) berhubungan langsung dengan gaya hidup yang tergolong tidak aktif serta penambahan berat badan. Mengonsumsi buah alpukat mampu meningkatkan konsumsi pada buah, sayuran, serat serta lemak baik yang akan meningkatkan kualitas nutrisi kamu, mengurangi lingkar pinggang kamu, membatasi konsumsi makanan mengandung gula serta mengurangi sindrom metabolisme.

Mengurangi Kejenuhan Oksidatif

article image

Image source : patriciabrand.wordpress.com

Buah alpukat juga memiliki peran dalam mengurangi tingkat kejenuhan oksidatif atau oxidative stress di dalam tubuh. Kejenuhan oksidatif terjadi pada saat Reactive Oxygen Species (ROS) yang berbahaya meningkat akibat fungsi sel normal, stres diakibatkan karena lingkungan, kebiasaan mengonsumsi makanan yang buruk bagi tubuh, stres mental, karena penyakit tertentu atau terpapar ultra violet.
Asam oleic (oleic acid) dan antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat membantu mengurangi kejenuhan oksidatif serta mencegah kerusakan DNA, juga mengurangi risiko penyakit jantung, gagal ginjal, obesitas dikarenakan inflamasi serta mencegah protein dan lemak tubuh teralterasi oleh ROS.

Minyak alpukat, bagian kulit dan biji alpukat juga ditemukan memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga metabolisme serta fungsi sel yang tepat. Jadi, jelas bahwa seluruh bagian dari alpukat kaya akan nutrisi dan mampu mengurangi berat badan kamu.

Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai diet sehat.

Articles


Nah, yang sering kali membuat kita malas mengonsumsi buah ini adalah karena rasanya yang cenderung hambar. Untuk itu, kamu dapat menikmati manfaat alpukat dengan cara yang lebih nikmat, misalnya membuatnya menjadi jus alpukat, tetapi disarankan jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya. Selain itu kamu bisa membuat salad dari bahan ini, bersama dengan bahan makanan sehat lainnya seperti selada, tomat, keju, stroberi atau buah lain, dan beri salad dressing sesuai dengan selera kamu.

Products

Buah ini juga sangat mudah ditemukan atau dibeli dengan harga yang relatif murah, apalagi sekarang kamu bisa membelinya secara online. Bisa dikatakan banyak orang di seluruh dunia telah menerapkan diet sehat dengan alpukat. Sekarang saatnya kamu mencobanya ya! Dapatkan alpukat yang fresh di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

featured image source: pexels/anne