Deretan Chef Ternama di Indonesia

Memasak bukan sekadar membuat makanan, melainkan seni bernilai tinggi. Lihat saja bagaimana orang-orang antusias menonton acara memasak di stasiun televisi maupun platform siaran lainnya, apalagi untuk mereka yang punya hobi di bidang kuliner.

Bagi kamu yang suka dunia kuliner pastinya sudah familiar dengan nama-nama chef populer di Indonesia. Chef adalah juru masak profesional terlatih yang menguasai setiap aspek pengolahan makanan. Seringkali, masing-masing chef berfokus pada kuliner tertentu.

Di Indonesia sendiri terdapat segudang talenta berbakat yang berkecimpung di dunia kuliner. Beberapa dari mereka sudah mundar-mandir tidak hanya di dapur lokal saja, melainkan ke berbagai negara-negara di dunia.

Berikut deretan chef ternama di Indonesia:

1. Juna Rorimpandey

article image

Image source: Vantage Indonesia

Salah satu master memasak yang akrab disapa Chef Juna ini terkenal dengan personanya yang dingin, doyan marah-marah, dan bermulut pedas. Bersama rekan-rekannya, Chef Juna menjadi juri di acara kompetisi memasak MasterChef Indonesia.

Chef Juna bahkan tidak segan membuang makanan jika seorang kontestan gagal membuat hidangan yang menurutnya tidak enak. Persona inilah yang membuatnya terkenal di kalangan masyarakat.

Chef Juna mengawali karirnya sebagai pelayan di restoran tradisional Jepang. Kkemudian, ia ditawari belajar oleh master sushi. Berkat kegigihannya, Chef Juna lantas menjadi Executive Chef di restoran sushi di Houston sebelum pulang ke Indonesia.

2. Arnold Poernomo

article image

Image source: Liputan6.com

Bersama Chef Juna, Arnold Poernomo juga menjadi juri di acara MasterChef Indonesia. Karir Chef Arnold berawal dari sebuah restoran di Australia, dimana dulu Chef Arnold bekerja paruh waktu. Selanjutnya, ia mulai mempelajari hal lain seperti bartender, pelayan, juru masak, sampai akhirnya ia dipercaya menjadi Chef di Nomz Kitchen & Pastry.

Chef Arnold juga mengelola bisnis kuliner di Australia, bisnis yang kemudian dikelola bersama saudaranya Reynold Poernomo dan Ronald Poernomo. Kecintaannya pada dunia kuliner sudah tumbuh sejak kecil, terutama dari sang ibu dan nenek yang merupakan juru masak.

3. Renatta Moeloek

article image

Image source: Qoala

Renatta Moeloek, salah satu juri MasterChef selain Chef Juna dan Chef Arnold ini merupakan lulusan Le Cordon Bleu Culinary Art, sekolah memasak bergengsi di Prancis. Tak lama setelah lulus, Chef Renatta berkesempatan untuk bekerja di restoran bintang Michelin, Garance Saint Dominique di Paris, Perancis.

Karirnya sebagai celebrity chef bermula dari penampilannya sebagai juri di MasterChef Indonesia. Pesona Chef Renatta sukses memikat penggemar MasterChef, terutama di kalangan laki-laki. Di samping popularitasnya sebagai celebrity chef, Chef Renatta juga memiliki kesibukan di dapur restoran private dining.

4. Farah Farhanah

article image

Image source: joss.co.id

Farah Farhanah, atau yang lebih dikenal sebagai Farah Quinn adalah salah satu celebrity chef Indonesia yang sering muncul di acara-acara memasak di stasiun TV.

Farah sendiri merupakan lulusan Finance di Indiana University of Pennsylvania. Hanya saja, dirinya merasa tidak cocok dengan profesi di bidang tersebut.

Karirnya di dunia kuliner bermula dari sebuah restoran Italia tempatnya bekerja. Farah kemudian melanjutkan studinya di Pittsburgh Cullinary Institute dengan mengambil keahlian khusus dalam pastry.

Selain membawakan acara memasak di TV nasional, Farah Quinn juga pernah menjadi mentor sekaligus pembawa acara kompetisi memasak dari 6 negara bersama dengan Executive Chef Resort World Sentosa, Alan Orreal.

5. Rinrin Marinka

article image

Image source: yooreka.id

Maria Irene Susanto atau yang akrab disapa Chef Marinka adalah salah seorang chef ternama di Indonesia. Selain ketiga chef populer sebelumnya, Chef Marinka juga sempat menjadi juri di acara kompetisi memasak Masterchef Indonesia.

Sebetulnya, Chef Marinka sudah memiliki kecintaan terhadap memasak sejak lama, meskipun selepas lulus SMA dirinya sempat memilih untuk meneruskan studi Fashion Design di Institute College Sydney Australia.

Kemudian, Chef Marinka melanjutkan pendidikan diplomanya di bidang French Cuisine & Patisserie di Le Cordon Bleu, Sydney. Selama tinggal di Australia, Marinka juga magang di beberapa restoran terkenal di Sydney.

6. Reynold Poernomo

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Reynold Poernomo mulai dikenal publik setelah menjadi kontestan di ajang memasak MasterChef Australia. Reynold menjadi juara 4 Masterchef Australia season 7 (2015) dan juara 3 Masterchef Australia tahun 2020. Chef Reynold terkenal dengan karya masakan yang membuat dirinya dijuluki “King of Dessert”.

Dari nama belakangnya mungkin sudah bisa ditebak jika chef yang satu ini memiliki kaitan dengan Arnold Poernomo, karena kenyataannya mereka memang saudara sekandung. Chef Reynold disebut-sebut sebagai otak jenius di balik bisnis kuliner keluarga yang terkenal dengan sajian dessert-nya, KOI Dessert Bar.

7. William Wongso

article image

Image source: lokadata.id

Nama William Wongso dikenal luas sebagai salah satu legenda kuliner Indonesia. Ia adalah seorang Duta Makanan Indonesia, Presiden Chaine des Rotisseurs Indonesia Chapter (1986-1993), Presiden International Wine & Food Society Cabang Jakarta (1991-1994).

Ia pernah mendapat penghargaan BNSP Competency Award 2008 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan satu-satunya orang Indonesia yang mendapat Medali Kehormatan sebagai anggota dari Elite de la Boulangeria International.

William Wongso juga merupakan pendiri dari Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) dan membawakan acara Cooking Adventure with William Wongso di salah satu stasiun TV nasional. Meskipun kini sudah memasuki usia 70an tahun, William Wonso masih terus mengenalkan makanan Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Facetofeet.com