Keuntungan Bekerja Secara Remote Bagi Karyawan

Remote working atau bekerja dari jarak jauh sedang menjadi tren di dunia kerja, bahkan tidak sedikit juga yang menyebutkan sistem kerja seperti ini akan mendominasi di masa mendatang. Karyawan mendapat fleksibilitas untuk menentukan sendiri tempat dan waktu untuk bekerja.

Remote working awalnya lebih banyak diterapkan oleh kalangan online freelancer. Namun, kini perusahaan berskala kecil hingga perusahaan-perusahaan mapan sudah mulai menerapkan gaya kerja ini, terutama setelah memasuki masa pandemi.

Sebagian perusahaan perlahan kembali ke cara kerja lama, sementara sebagian lainnya memutuskan untuk mempertahankan remote working karena dinilai menguntungkan.

Lebih dari itu, remote working tidak cuma menguntungkan untuk perusahaan, tapi juga sama-sama menguntungkan untuk para karyawan. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Meningkatkan Kualitas Kinerja

article image

Image source: The Hartford Insurance

Penelitian oleh Harvard Business Review mengungkapkan 4,4 persen hasil pekerjaan mengalami peningkatkan setelah perusahaan menerapkan kebijakan remote working.

Secara logis, pekerjaan yang dilaksanakan dengan tenang, penuh fokus, tanpa tekanan, dan tanpa rasa cemas, memang akan meningkatkan kualitas dari hasil kerja.

Ketika seorang karyawan tidak perlu terjebak macet dalam perjalanan menuju kantor dan tidak merasa was-was karena dipelototi atasan selama bekerja, tentunya pekerjaan akan jauh lebih menyenangkan.

Dengan sistem kerja remote, karyawan bisa bekerja dengan tenang di ruangan pribadi yang nyaman, sambil mendengarkan musik favorit, sehingga penyelesaian pekerjaan dapat dikelola lebih baik.

2. Lebih Fleksibel

article image

Image source: republika.co.id

Peraturan di lingkungan kantor kerap kali membuat para karyawan tertekan. Tapi, dengan sistem remote working semua itu tidak perlu dikhawatirkan lagi. Selama pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, karyawan bisa bebas mendapat kenyamanan saat bekerja.

Salah satu keuntungan sistem remote working adalah memungkinan para karyawan bekerja di mana saja. Mereka bisa bekerja dari rumah, kafe, coworking space, atau mungkin di taman terbuka.

Selain itu, bagi kamu yang kesulitan bangun pagi atau lebih produktif di malam hari, sistem kerja remote merupakan sebuah solusi tepat. Sebab, karyawan tidak mesti terpaku pada aturan berangkat jam 7 pulang jam 5 seperti orang-orang kantoran.

3. Work-Life Balance

article image

Image source: hologramindonesia.com

Bagi pekerja yang mendambakan kehidupan seimbang antara karir dan kehidupan pribadi alias work-life balance, remote working adalah sistem kerja terbaik saat ini.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam poin sebelumnya, pekerja bebas mengatur jadwal kerja sendiri. Dengan begitu, pekerja bisa membagi waktu kapan harus bekerja dan kapan harus menghabiskan waktu untuk diri sendiri.

Dengan begitu, karyawan bisa mendapatkan quality time yang ideal bersama keluarga. Cara bekerja seperti ini akan sangat menguntungkan, terutama bagi wanita karier yang sudah berkeluarga.

4. Lebih Hemat Biaya

article image

Image source: The Jakarta Post

Ongkos perjalanan dan konsumsi tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika punya kebiasaan ngopi di coffee shop saat jam istirahat kantor. Tidak jarang sebagian gaji karyawan justru habis untuk biaya-biaya tersebut.

Bagi karyawan yang tinggal di lokasi yang jauh dari kantor, mungkin harus berkorban lebih untuk ongkos bensin atau kendaraan umum. Belum lagi kalau harus melewati tol.

Tapi, dengan sistem kerja remote, karyawan tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk transportasi, makan siang, atau secangkir kopi. Semua yang kita inginkan sudah tersedia di dapur rumah.

5. Mengembangkan Skill Baru

article image

Image source: YouTube/Will Paterson

Karena sistem remote working memungkinkan karyawan mengorganisir sendiri tugas-tugas kantor, maka ada peluang bagi karyawan untuk mempelajari atau mengembangkan keahlian baru di sela-sela waktu luang.

Misalnya, jika kamu punya jeda waktu antara jam istirahat dan jam kerja, kamu bisa memanfaatkan sela-sela waktu tersebut untuk mengasah skill.

Nah, itulah beberapa keuntungan bekerja secara remote dari rumah. Jangan lupa ikuti terus info dan tips menarik ala Gotomalls lainnya dalam update artikel berikutnya!

Malls

Articles

Featured image source: JLL Indonesia