Berbagai Pilihan Pekerjaan Freelance Untuk Menambah Pemasukan

Taraf hidup yang meningkat membuat kebutuhan juga ikut meningkat. Apabila kamu mengalami situasi ini, kamu mungkin akan memikirkan tambahan pemasukan. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Terkadang tanpa disadari gaji kamu habis untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu pun jadi tidak bisa menyisihkan sedikit penghasilan untuk tabungan. Maka dari itu kamu perlu melakukan pekerjaan sampingan atau freelance agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dan kamu pun memiliki tabungan.

Apa saja sih pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan? Berikut ini Gotomalls rekomendasikan beberapa pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di waktu senggang tanpa harus mengganggu pekerjaan tetap kamu.

Copywriter

article image

Image source: magazine.job-like.com

Kalau kamu memiliki hobi menulis, kamu bisa mencoba pekerjaan freelance yang satu ini. Pekerjaan menjadi copywriter akan cocok untuk kamu, kamu bisa mengasah kemampuan kamu dalam membuat teks yang berisi penawaran produk dengan penulisan yang menarik sehingga orang-orang tertarik membaca tulisanmu.

Pekerjaan copywriter dibutuhkan dalam industri jual beli online. Para pelaku usaha membutuhkan marketing iklan yang menarik dengan copywriting untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tentu saja pekerjaan ini dapat menjadi peluang usaha yang bagus untuk kamu yang hobi menulis.

Translator

article image

Image source: spctranslations.com

Pekerjaan freelance sebagai translator cocok untuk kamu yang menguasai bahasa asing. Translator atau penerjemah banyak dibutuhkan perusahaan yang sudah mengembangkan bisnis secara internasional. Penerjemah dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen berbahasa asing maupun sebagai penerjemah percakapan langsung.

Translator atau penerjemah juga dibutuhkan untuk menyadur artikel bahasa asing menjadi bahasa Indonesia atau sebaliknya. Bila kamu memiliki kemampuan menerjemahkan, menulis atau mengedit dalam bahasa asing, penghasilan yang kamu terima akan lebih besar dibanding menulis dalam bahasa Indonesia. Saat ini pekerjaan sebagai translator tidak hanya berkutat pada bahasa Inggris saja, tetapi juga terbuka untuk bahasa asing lainnya.

Ahli SEO (Search Engine Optimizer)

article image

Image source: supinfo.com

Gencarnya penggunaan internet sebagai media pemasaran, banyak perusahaan yang ingin situsnya mudah ditemukan dan muncul pada halaman pertama mesin pencari Google. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan membutuhkan ahli SEO (Search Engine Optimizer). Tugas seorang ahli SEO adalah membuat sebuah situs agar muncul di halaman pertama ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci di Google.

Seorang ahli SEO akan memaksimalkan konten dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan, kira-kira kalimat apa yang sering atau mudah diketik orang di Google. Kamu juga harus paham dengan konten-konten yang sedang tren. Apabila kamu menguasai dunia internet, kamu bisa mencoba pekerjaan freelance yang satu ini.

Desainer Grafis

article image

Image source: topcareer.id

Desainer grafis juga termasuk salah satu pekerjaan freelance yang paling banyak dicari. Kalau kamu menguasai aplikasi seperti Photoshop atau Corel Draw dan memiliki minat di bidang ini, kamu bisa mencoba melakukan pekerjaan freelance ini untuk menambah penghasilan. Saat ini ada banyak tutorial tentang desain grafis di Youtube yang bisa kamu pelajari untuk mengasah kemampuan kamu.

Peluang kerja di bidang desain grafis juga sangat luas. Kamu bisa mencoba menawarkan jasa di media sosial atau situs-situs yang memfasilitasi para pekerja lepas seperti desainer grafis. Kamu juga bisa menawarkan jasa pada perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tenaga desainer grafis, jangan lupa untuk mempersiapkan portofolio yang menarik.

Guru Les Privat

article image

Image source: bimbelgurulesprivat.com

Pekerjaan freelance ini cocok untuk kamu yang menyukai dunia mengajar. Kamu bisa menawarkan jasa les privat untuk siswa SD atau SMP dengan mengajarkan materi pelajaran yang kamu kuasai.

Guru les privat dibutuhkan untuk mengajar anak-anak yang sulit berkonsentrasi dan sering tertinggal pelajaran di sekolah. Tugas kamu adalah membantu anak-anak agar belajar lebih fokus belajar dan membantu mereka mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tentu saja kamu harus bersabar saat mengajar, terutama apabila si anak agak lambat memahami materi pelajaran.

Reseller

article image

Image source: tabloidpengusaha.com

Apakah kamu diam-diam ingin melakukan bisnis sendiri? Mungkin kamu bisa mencoba bisnis dengan cara yang paling mudah, yakni dengan menjadi reseller produk. Bisnis ini tidak memerlukan modal dan tidak rumit menjalankannya.

Untuk menjadi reseller produk, kamu bisa mengambil suatu barang tertentu yang kamu jual kembali secara langsung maupun online. Pilihlah produk yang sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang, misalnya kosmetik, perawatan kulit atau produk fashion. Kamu pun bisa menjualnya melalui marketplace atau memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk.

Voice Talent

article image

Image source: blog.ricklancestudio.com

Pekerjaan freelance sebagai voice talent bisa kamu coba untuk menambah pemasukan, terutama buat kamu yang memiliki bakat suara yang bagus saat berbicara maupun bernyanyi. Voice talent dibutuhkan oleh perusahaan atau pekerja kreatif untuk video iklan, jingle, aplikasi, game smartphone dan lain sebagainya.

Cobalah untuk membuat voice recording atau rekaman suara sendiri, kemudian tawarkan jasa ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Lebih baik lagi apabila kamu memiliki alat recording suara sendiri. Kamu bisa membuat voice recording sesuai dengan permintaan proyek yang sedang dikerjakan.

Perencana Keuangan atau Financial Planner

article image

Image source: lifepal.co.id

Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan adalah perencana keuangan. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki wawasan dan pengalaman di bidang finansial. Seorang perencana keuangan akan berkutat pada pembukuan, cash flow dan perhitungan pajak.

Saat ini pekerja lepas sebagai perencana keuangan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, terutama untuk urusan pajak. Apalagi jumlah pekerja lepas di bidang akuntansi dan financial advisor masih kurang banyak sehingga peluang kerja akan terbuka lebar untuk kamu.

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini:

Articles


Itu tadi beberapa pilihan pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan. Kamu bisa coba pekerjaan freelance tadi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Ikuti terus update informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com

Malls

featured image source: liputan6.com