9 Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor sering digunakan sebagai bahan ramuan tradisional untuk berbagai macam penyakit. Selain itu daun kelor juga sering dimasak dan disantap sebagai menu sehari-hari. Daun kelor bahkan identik dengan hal mistis dan dipercaya dapat mengusir makhluk tak kasat mata.

Tahukah kamu bahwa daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Itulah sebabnya tanaman ini sering dijadikan bahan obat-obatan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang. Maka dari itu, yuk simak deretan khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh berikut ini.

1. Memberi Nutrisi untuk Tubuh

article image

Image source: desamodern.com

Daun kelor sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanaman ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang sudah dipotong-potong mengandung nutrisi antara lain vitamin C, zat besi, vitamin B2, vitamin A dan magnesium.
Dengan kandungan nutrisi yang sebanyak itu, maka tidak salah kalau sayur daun kelor direkomendasikan menjadi menu makanan sehari-hari. Hasilnya tentu akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

article image

Image source: hellosehat.com

Berita baik untuk penderita diabetes, berdasarkan penelitian di Mumbai daun kelor ternyata dinilai mampu menurunkan kadar gula darah. Banyak orang India menggunakan daun kelor sebagai obat alami untuk mengatasi kenaikan gula darah. Daun kelor yang telah diolah menjadi teh ataupun sayur juga tetap memiliki khasiat yang sama.

3. Mengobati Kanker

article image

Image source: hellosehat.com

Daun kelor memiliki kandungan niazimicin yang merupakan senyawa yang dapat menekan perkembangan sel kanker. Selain itu dalam daun kelor juga terkandung beta-sitosterol yang memiliki manfaat dalam mengobati pembesaran prostat dan diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.

Beta-sitosterol juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, senyawa ini juga dapat meredakan kram.

4. Kaya Antioksidan

article image

Image source: otcdigest.id

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Nah, daun kelor sendiri kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam daun kelor di antaranya adalah vitamin C dan beta-karoten. Selain itu ada quercetin yang dapat menurunkan tekanan darah dan asam klorogenik yang dipercaya dapat membantu tingkat gula darah moderat setelah makan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan ternyata mengalami peningkatan kadar antioksidan dalam darah.

5. Menurunkan Kolesterol

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek penurun kolesterol sama seperti khasiat makanan nabati lainnya seperti biji rami, oatmeal dan almond. Jadi daun kelor akan baik dikonsumsi seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Apabila penyakit kolesterol tinggi tidak diatasi, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Menyehatkan Mata

article image

Image source: bravaradio.com

Selama ini yang umum kita ketahui adalah kesehatan mata didapat dari makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, tomat atau pepaya. Namun, ternyata daun kelor juga memiliki manfaat serupa. Daun kelor dipercaya dapat mencegah munculnya gangguan penglihatan karena kadar antioksidan yang tinggi.

Tidak hanya itu, daun kelor juga dapat mencegah pelebaran pembuluh retina, menghambat disfungsi retina dan mencegah terjadinya penebalan membran kapiler. Kalau kamu bosan mengonsumsi wortel atau tomat untuk kebutuhan asupan vitamin A, maka daun kelor bisa kamu jadikan pilihan untuk variasi.

Cek juga artikel kesehatan lainnya yang perlu kamu ketahui di bawah ini:

Articles

7. Mencegah Penuaan

article image

Image source: teen.co.id

Sebelumnya telah dibahas bahwa daun kelor kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor ternyata dapat mencegah efek radikal bebas seperti memperlambat efek penuaan tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Daun kelor juga mengandung hormon sitokinin yang disebut zeatin dan dihyrozeatins yang jumlahnya relatif lebih tinggi dibanding tanaman lain. Hormon sitokinin ini diketahui dapat menunda proses penuaan pada tanaman dan setelah diteliti ternyata memiliki efek yang sama ketika diaplikasikan pada sel manusia. Bagi kamu yang ingin tetap awet muda, kamu bisa mengonsumsi daun kelor.

8. Menjaga Fungsi Otak

article image

Image source: gogobli.com

Manfaat daun kelor berikutnya adalah menjaga fungsi otak dan menjaga pikiran tetap stabil. Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang tinggi. Kedua vitamin ini memiliki manfaat dalam mengatasi stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Daun kelor juga dipercaya dapat meningkatkan dopamin dan serotonin (hormon bahagia) yang akan mempengaruhi mood kamu. Jadi daun kelor tidak hanya bisa membuat pikiran lebih stabil, tetapi juga menjaga mood kamu agar tidak naik turun.

9. Mengurangi Peradangan

article image

Image source: alodokter.com

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi dan mekanisme perlindungan bagi tubuh. Namun peradangan akan menjadi masalah kesehatan yang cukup serius apabila berlangsung dalam jangka waktu lama. Peradangan yang berlangsung lama dapat menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kelor mengandung isothiocyanate yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Apabila kamu mengalami peradangan, daun kelor pun bisa menjadi pilihan ramuan herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan ini.


Itu dia manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Ternyata tanaman ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh ya. Jika kamu belum pernah mengonsumsi daun kelor, mungkin kamu bisa mencoba untuk menjadikan tanaman ajaib ini sebagai menu sehari-hari. Cek Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya, selain itu aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: mesinvacuumfrying.id