Negara Terpadat di Dunia

Selama satu abad terakhir, populasi manusia di seluruh dunia meningkat sebanyak lebih dari empat kali lipat. Dalam satu tahun terdapat 140 juta kelahiran dengan 58 juta kematian. Artinya, sebanyak 82 juta populasi terus bertambah setiap tahunnya.

Sepanjang catatan sejarah, penambahan populasi tidak pernah se-signifikan ini. Hanya butuh waktu 200 tahun bagi manusia untuk mencapai populasi hingga angka miliaran. Selama ribuan tahun peradaban, populasi manusia selalu stabil di angka ratusan juta.

Menurut riset, puncaknya diproyeksikan akan terjadi pada tahun 2064 sebanyak 9,7 miliar jiwa. Data worldometer menunjukkan sebanyak 7,8 miliar manusia yang hidup saat ini, dimana 273 juta diantaranya tinggal di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai negara terpadat di dunia.

Berikut daftar 10 negara terpadat di dunia:

1. Tiongkok

article image

Image source: Elmundo.es

Sejak beberapa dekade terakhir, Tiongkok tetap bertahan di posisi puncak sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Terhitung sampai 26 Maret 2021, penduduk Tiongkok dilaporkan sebanyak 1,439 miliar jiwa.

2. India

article image

Image source: Swarajyamag.com

Berbeda tipis dari Tiongkok, India menempati urutan ke-2 dengan angka populasi sebanyak 1,380 miliar jiwa. Berbagai pihak memprediksi negara ini akan menggantikan China di urutan pertama dalam beberapa dekade mendatang.

3. Amerika Serikat

article image

Image source: pasmag.com

Amerika Serikat menempati posisi ke-3 sebagai negara terpadat di dunia dengan jumlah penduduk sebanyak 331 juta jiwa. Angka populasi ini dihitung dari 50 negara bagian yang tersebar di seluruh teritori AS.

4. Indonesia

article image

Image source: Wallpaperflare.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia berada di posisi ke-4 dengan jumlah populasi sebanyak 273 juta jiwa. Pada 2045, jumlah ini diprediksi akan bertambah mencapai 320 juta jiwa dengan harapan hidup dari 74 tahun menjadi 75,5 tahun.

5. Pakistan

article image

Image source: cfr.org

Pakistan menjadi negara terpadat di dunia ke-5 dengan jumlah penduduk lebih dari 220 juta jiwa. Negara yang dihuni oleh mayoritas beragama Islam ini juga merupakan negara dengan populasi terbanyak kedua di Asia Selatan.

6. Brazil

article image

Image source: Opensignal.com

Di urutan ke-6 ditempati Brazil dengan jumlah populasi sebanyak 212 juta jiwa. Selain populasinya padat, Brazil juga terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Negara ini mampu menghasilkan kopi berkualitas tinggi yang disukai masyarakat dunia.

7. Nigeria

article image

Image source: bbc.com

Berikutnya ada Nigeria dengan jumlah penduduk lebih dari 206 juta jiwa. Hasil studi dari tim peneliti internasional yang dipublikasikan melalui The Lancet pada pertengahan 2020 silam menyebutkan populasi Nigeria akan menyentuh 800 juta jiwa pada tahun 2100. Hal ini seiring dengan meledaknya populasi di wilayah Afrika hingga 3 kali lipat.

8. Bangladesh

article image

Image source: Dreamstime.com

Bangladesh berada di posisi ke-8 dengan angka populasi saat ini sebanyak 164 juta jiwa. Menurut The Economist, Bangladesh adalah negara eksportir pakaian terbesar ke-3 di dunia. Industrinya sendiri mempekerjakan hingga lebih dari 3 juta pekerja yang sebagian besarnya didominasi tenaga kerja wanita.

9. Rusia

article image

Image source: Prioratours.com

Dengan lebih dari 145 juta jiwa yang menghuni kawasannya, Rusia menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-9 di dunia. Namun, dengan luas kawasannya yang mencapai 17 juta kilometer persegi, kepadatan penduduk di Rusia tergolong kecil.

10. Meksiko

article image

Image source: Healthline.com

Di urutan terakhir negara terpadat di dunia adalah Meksiko dengan angka populasi sebanyak 128 juta jiwa. Negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat ini juga merupakan produsen sekaligus eksportir alpukat nomor satu di dunia.


Nah, itulah 10 negara terpadat di dunia saat ini. Simak juga informasi dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event seru di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Articles

Featured image source: Verywellmind.com