Olahraga Ekstrem yang Populer di Indonesia

Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau, pegunungan-pegunungan cantik, segudang pantai eksotis, dan struktur-struktur alam nan indah telah memberikan banyak keuntungan bagi kelangsungan hidup kita.

Selain panoramanya yang memikat, kondisi ini memungkinkan para pegiat alam melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, terutama olahraga alam ekstrem. Karena hal itu pula, tak jarang Indonesia dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga ekstrem dunia, seperti halnya 7 olahraga alam ekstrem populer berikut ini:

1. Mountaineering

article image

Image source: daihatsu.co.id

Mountaineering mengacu pada segala macam aktivitas pendakian gunung, seperti tracking, hiking, panjat tebing, dan sebagainya. Aktivitas tersebut membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang matang, karena untuk mencapai tujuan kita akan dihadapi dengan berbagai rintangan dan kondisi alam yang seringkali sukar ditebak.

Sebelum melakukan kegiatan mountaineering, seseorang sangat disarankan untuk melakukan persiapan sebelumnya, seperti jogging atau melakukan simulasi khusus yang sesuai dengan kondisi medan sebenarnya. Kegiatan ini termasuk yang paling populer dan bisa dilakukan di setiap penjuru daerah.

2. Diving

article image

Image source: rajaampatbiodiversity.com

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan bahari yang sangat unik dan memikat. Itulah sebabnya banyak sekali penyelam-penyelam dari berbagai penjuru dunia yang datang untuk menikmati keindahannya.

Beberapa titik terbaik untuk menikmati panorama bawah laut Indonesia adalah Bunaken, Pulau Komodo, Pulau Menjangan, dan tentu saja Raja Ampat yang sudah sangat tersohor. Hanya saja, tidak sembarang orang boleh melakukan diving, apalagi tanpa disertai pengawasan profesional. Untuk melakukan diving dibutuhkan pengalaman dan skill matang, karena situasi di laut dangkal bisa membahayakan dan beresiko tinggi.

3. Rock Climbing/Panjat Tebing

article image

Image source: Sierra Club

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, olahraga panjat tebing atau rock climbing termasuk dalam aktivitas mountaineering. Namun, secara spesifik olahraga ekstrem ini membutuhkan keahlian lebih dari sekadar memanjat gunung. Disamping keahlian, rock climbing juga membutuhkan alat bantu khusus seperti tali, pengaman, sepatu khusus, pelindung kepala, magnesium, dan masih banyak lagi.

Sama seperti olahraga ekstrem pada umumnya, seseorang harus sudah terlatih dan memiliki pengalaman cukup sebelum melakukan pemanjatan langsung di medan alam. Destinasi populer untuk olahraga panjat tebing diantaranya yaitu Tebing Citatah di Bandung, Uluwatu di Bali, Parang Endog di Yogyakarta, dan Cartenz Jayawijaya di Papua.

4. Paragliding/Paralayang

article image

Image source: summerparagliding.com

Selain pantai, Indonesia juga memiliki banyak sekali perbukitan yang ideal untuk melakukan paragliding atau paralayang. Pasalnya, olahraga ekstrem ini hanya bisa dilakukan jika medan terjun dan hembusan angin memadai untuk dikendalikan.

Beberapa spot paragliding populer di Indonesia bisa kamu jumpai antara lain di Gunung Matantimali (Sulawesi Tengah), Pantai Timbis (Bali), Gunung Banyak (Malang), dan Puncak Bogor. Nah, buat kamu yang penasaran ingin merasakan sensasinya, kamu bisa coba terbang tandem bersama paraglider profesional. Tanpa perlu menguasai skill apapun, kamu bisa terbang dan melihat lanskap daratan dari ketinggian ratusan meter.

5. Rafting

article image

Image source: jalajahnusae.com

Mengarungi derasnya aliran air sungai yang penuh rintangan menjadi salah satu aktivitas menantang yang sudah cukup populer di Indonesia. Rafting agak berbeda dengan olahraga-olahraga ekstrem sebelumnya, karena rafting membutuhkan peserta yang terdiri dari sekelompok orang untuk bekerja sama melewati rintangannya.

Tingkat kesulitannya sendiri ditentukan oleh spot jeram yang akan dilalui. Pemula bisa pilih spot dengan jeram yang lebih tenang untuk mencoba sensasinya. Tapi jika peserta sudah berpengalaman, maka bisa pilih jeram dengan tantangan yang lebih tinggi. Olahraga ini bisa dilakukan di sebagian besar daerah di Indonesia, selama terdapat aliran sungai induk dan operator yang menyediakan paket rafting.

6. Surfing/Selancar

article image

Image source: Erasmusu.com

Indonesia termasuk salah satu destinasi terfavorit di kalangan peselancar dunia. Ada segudang pilihan pantai dengan karakter ombak menantang untuk ditaklukan. Bahkan, beberapa kompetisi surfing internasional pun acap kali diselenggarakan di Indonesia.

Beberapa destinasi pantai terbaik untuk surfing yaitu Pantai Mentawai di Sumatera Barat, Pantai Batu Karas di Pangandaran, Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Bali, Pantai Ombak Tujuh di Sukabumi, Pulau Nihiwatu di Sumatera Barat, dan Pantai Tanjung Setia di Lampung.

7. Sepeda Gunung

article image

Image source: bikeradar.com

Bersepeda sudah menjadi olahraga populer yang dilakukan banyak orang. Namun, berbeda dengan sepeda gunung. Olahraga ini bukan sekadar goes santai di sore hari, dibutuhkan kondisi stamina yang fit, kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh yang baik, dan unit sepeda yang dirancang secara khusus untuk aktivitas outdoor.

Olahraga ekstrem ini cukup populer di Indonesia. Sebab, karakteristik medan yang dibutuhkan untuk olahraga sepeda gunung bisa dijumpai dengan mudah di hampir setiap daerah. Selama terdapat area perbukitan dengan jalur yang dapat dilalui pejalan kaki, maka olahraga ini bisa dilakukan.


Demikianlah 7 olahraga alam ekstrem yang populer di Indonesia. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: ted.com