Berbagai Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Siapa yang olahraga hanya demi menurunkan berat badan? Tidak masalah jika berolahraga demi diet tapi nyatanya jika rutin dilakukan banyak sekali manfaat olahraga buat tubuh. Dalam sehari setidaknya minimal waktu untuk berolahraga adalah 30 menit. Tidak harus ke gym atau studio kesehatan apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang. Kamu bisa melakukan olahraga sendiri di rumah atau taman seperti lari, bersepeda ataupun jalan cepat. Dengan mengandalkan video olahraga di YouTube saja juga sudah cukup tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu.Olahraga menggerakkan dan menyehatkan seluruh tubuh dan juga menguatkan otot serta tulang. Biar makin semangat berolahraga yuk simak manfaat olahraga bagi tubuh lainnya:

Kulit Lebih Sehat dan Glowing

article image

Image source: nova.grid.id

Manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa kamu rasakan adalah kulit kamu jadi lebih sehat dan glowing. Hal ini dikarenakan dengan olahraga yang teratur tubuh akan memproduksi antioksidan alami yang fungsinya melindungi sel-sel termasuk sel kulit kamu. Dengan catatan olahraga harus juga diimbangi dengan asupan sayur dan buah-buah yang kaya antioksidan juga.

Menambah Energi

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Olahraga bisa menguras energi dan membuat kelelahan. Tapi jangan salah, justru dengan rutin berolahraga bisa menambah dan meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oksigen terdistribusi dengan baik ke dalam tubuh, jantung bekerja dengan lebih baik dan sehat, paru-paru terjaga dan energi pun bertambah. Untuk itu, setidaknya minimal tiga kali dalam seminggu rutin berolahraga agar mendapatkan manfaatnya. Rutin berolahraga juga akan terhindar dari penyakit atau cepat kelelahan. Sesuaikan pilihan olahraga dengan kondisi tubuh kamu juga ya!

Meningkatkan Kualitas Tidur

article image

Image source: mainmain.id

Memiliki masalah dengan kualitas tidur karena terlalu kelelahan seharian bekerja? Artinya kamu harus rutin berolahraga. Manfaat olahraga bagi tubuh lainnya adalah mampu menjaga kualitas tidur kamu. Coba deh rutin olahraga, kamu akan mudah terlelap dan kualitas tidur kamu terjaga. Biasanya terlalu lelah justru akan membuat kamu terjaga sepanjang malam. Akibatnya kurang tidur dan akhirnya tidak fokus di kantor. Namun perlu dicatat, jam olahraga jangan terlalu dekat dengan jam tidur ya, karena justru membuat kamu susah mengantuk.

Memperbaiki Mood

article image

Image source: idntimes.com

Sering stres dengan berbagai masalah kehidupan? Coba deh rutin berolahraga, kamu bisa merasakan banyak manfaatnya yaitu bisa memperbaiki mood, mengurangi stres, rasa cemas berlebih, dan bisa membuat moodjadi lebih bahagia. Hal ini disebabkan oleh adanya hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang juga baik untuk otak kamu. Yuk, rajin-rajin olahraga biar bisa merasakan mood happy.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

article image

Image source: wikipedia.com

Tahukah kamu bahwa dengan olahraga rutin juga bisa meningkatkan fungsi otak, memori, dan juga konsentrasi? Saat olahraga jumlah oksigen dalam darah akan meningkat jadi akan memperlancar juga aliran darah yang menuju ke otak. Jadi jangan malas-malas lagu untuk olahraga.

Memperpanjang Usia

article image

Image source: sehatalami.co

Manfaat olahraga bagi tubuh yang satu ini sudah sering kita dengar yaitu untuk memperpanjang usia. Kamu bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan lainnya. Dengan olahraga secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkat kadar kolesterol yang baik serta melancarkan aliran darah. Untuk itu, investasikan kesehatan kamu dengan rajin berolahraga rutin dari sekarang demi masa tua yang sehat dan jauh dari sakit penyakit.


Itulah beberapa manfaat olahraga bagi tubuh. Jadi tidak ada alasan lagi ya untuk menunda-nunda olahraga. Semua baik bagi tubuh, jangan terlalu diforsir, sesuaikan dengan kebutuhan kamu saja. Setidaknya olahraga 30 menit sehari atau minimal tiga kali dalam seminggu. Diimbangi juga dengan asupan nutrisi yang tepat dan konsumsi buah dan sayuran setiap hari. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: freepik.com