Rekomendasi Novel bertema Persahabatan

Layaknya menonton film, baca novel bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di waktu santai. Begitu pula dengan pilihan genre-nya yang sangat beragam, mulai dari novel misteri, horor, thriller, romantis, sci-fi, hingga novel-novel dengan tema persahabatan.

Nah, kali ini Gotomalls akan membagikan beberapa novel berbahasa Indonesia dengan tema persahabatan. Jika kamu penggemar fiksi, mungkin kamu sudah pernah baca salah satu novel di bawah ini. Yuk, kita simak rekomendasinya!

1. Tetralogi Laskar Pelangi – Andrea Hirata

article image

Image source: id.carousell.com

Tetralogi Laskar Pelangi adalah salah satu novel paling sukses dan sangat populer pada masanya. Novel ini terbagi dalam empat seri, yaitu; Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Pada intinya, novel karya Andrea Hirata ini menyoroti kehidupan anak-anak luar biasa yang tinggal di suatu desa terpencil dengan fasilitas belajar yang serba terbatas. Pesan-pesan moral yang terkandung dalam novel ini akan membuka mata kita tentang cita-cita, harapan, dan tentunya persahabatan.

2. 5 CM – Donny Dhirgantoro

article image

Image source: exploreadme.wordpress.com

Banyak yang bilang jika kita ingin melihat watak sebenarnya dari seseorang, atau saat ingin menguji kualitas sebuah persahabatan, ajaklah orang-orang tersebut untuk mendaki gunung bersama. Dalam novel ini, 5 sahabat mendaki ke Gunung Semeru dan seiring petualangannya banyak hal yang menguji persahabatan mereka.

3. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

article image

Image source: bukubiruku.com

Novel ini mengisahkan hidup para santri Pondok Madani di Jawa Timur. Alif sebagai karakter inti dalam novel ini datang dari tanah Minangkabau yang kemudian pergi jauh dari tempat asalnya untuk menimba ilmu di pesantren itu. Disana ia berkenalan dengan Said, Raja, Dulmajid, Baso, dan Atang. Negeri 5 Menara mengandung pesan mendalam tentang impian dan usaha yang ditempuh melalui doa dan ikhtiar.

4. Rahasia Pelangi – Riawani Elyta

article image

Image source: Bukalapak.com

Salah satu novel dengan tema persahabatan yang mengandung kisah inspiratif lainnya adalah Rahasia Pelangi. Novel ini mengisahkan perjuangan sepasang sahabat, Anjani dan Rachel, dalam upaya untuk melindungi kelestarian hutan dan para gajah di daerah Riau. Novel ini memiliki plot dan konflik-konflik yang menarik untuk diikuti. Menariknya lagi, Rahasia Pelangi juga mengangkat sisi kearifan lokal.

5. The Kite Runner – Khaled Hosseini

article image

Image source: Bukalapak.com

Novel The Kite Runner sudah cukup populer di Indonesia. Novel ini mengisahkan sepasang sahabat bernama Amir dan Hassan. Mereka berdua memiliki watak yang berbeda, dimana Hassan dikenal pemberani, kuat, dan serba bisa, sementara Amir adalah seorang pemalu yang sering dijahili teman-temanya. Keduanya sangat dekat, sampai suatu ketika terjadi peristiwa yang menghancurkan tali persahabatan hingga mereka beranjak dewasa.


Nah, itulah beberapa rekomendasi novel dengan tema persahabatan. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: Hipwee