Berbagai Manfaat Terbaik Dari Renang Gaya Bebas Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sangka olahraga renang yang dikenal menenangkan ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Olahraga ini pun dapat dilakukan oleh semua kalangan, dari muda, tua, pria, wanita, hingga anak-anak pun bisa. Dalam sebuah penelitian, menyebutkan jika olahraga renang sangat efektif menunjang kesehatan tubuh ketimbang angkat beban ataupun berlari.

Berenang dianggap sebagai satu latihan yang sangat kompleks dan bagus karena saat dalam air semua ototmu bergerak untuk melawan resistensi air. Dengan begitu seluruh organ tubuhmu pun dipaksa berolah raga.

Berenang sendiri sebenarnya ada beberapa macam gaya. Gaya bebas, dada, kupu-kupu, dan terakhir gaya punggung. Keempatnya memiliki manfaat bagi kesehatan namun yang dinilai paling efisien adalah gaya bebas. Lantas apa saja ya kira-kira manfaat dari renang gaya bebas?

Efisien

article image

Image source: science.com

Dianggap sebagai gaya paling efisien dan cepat, renang gaya bebas memiliki manfaat baik untuk tubuh. Dengan berenang gaya ini maka tubuhmu akan bergerak semua dari ujung kaki sampai ujung kepala. Sama halnya dengan otot inti, lengan, leher, punggung, dada, punggung bagian atas, dan kaki. Renang gaya bebas sangat membantumu menyegarkan otot punggung dan membuat persendian makin kuat.

Melatih Seluruh Otot

article image

Image source: swimswam.com

Renang gaya bebas siap membuat semua otot-otot tubuhmu bergerak atau full body workout karena kamu akan melibatkan semua otot dalam tubuhmu hingga membakar kalori yang banyak. Berenang santai saja dapat membakar kalori lebih dari 200 kalori dalam setengah jam. Jumlah kalori akan menyesuaikan dengan berat badanmu. Makin berat maka pembakaran akan makin tinggi pula.

Jumlah tersebut juga lebih banyak daripada kamu jalan kaki dalam waktu yang sama. Apalagi jika kamu rutin berenang gaya bebas, bisa jadi kamu akan merasa lebih berenergi. Metabolisme dalam tubuh makin lama juga akan makin meningkat. Dengan begitu tubuh jadi lebih maksimal menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

Menurunkan Tekanan Darah dan Mengendalikan Kadar Gula Darah

article image

Image source:dailyexspress.com

Sebuah penelitian menyebutkan jika berenang dapat menurunkan tekanan darah dan membantumu mengendalikan kadar gula darah. Terlebih jika renang gaya bebas yang melakukannya secara teratur. Mereka dikatakan akan memiliki harapan hidup 50% lebih tinggi ketimbang mereka yang jarang berenang.

Membakar Kalori dalam Tubuh

article image

Image source: myswimpro.com

Karena semua otot kita bergerak maka pembakaran lemak pun semakin tinggi. Renang gaya bebas dapat mengurangi kalori kamu hingga 330 kalori bagi kamu yang berat badannya 60-65 kg. Sementara untuk kamu yang beratnya antara 60-70 kg bisa sampai 409 kalori saat berenang gaya bebas selama setengah jam. Iya, semua pembakarannya tergantung dengan berat badan, frekuensi, durasi, intensitas, dan jenis gerakan. Menarik bukan?

Menenangkan Pikiran dan Mengurangi Stres

article image

Image source: besthealthmag.com

Pikiran dapat membuat seseorang merasa mudah stres, untuk itu kamu perlu refresh kembali dengan olahraga renang gaya bebas. Berenang secara rutin akan membuat tingkat kestresan semakin menurun. Bahkan menurut sebuah penelitian, berenang juga bisa meredakan depresi dan memperbaiki pola tidur. Mulai dengan berenang gaya bebas secara perlahan, santai, dan nikmati secara perlahan.

Baca juga artikel berbagai olahraga lainnya di bawah ini. Ada juga olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah.

Articles

Meredakan Cedera dan Sakit

article image

Image source: activeSG.com

Siapa sangka olahraga renang gaya bebas dan lainnya dapat menyembuhkan cedera. Misalnya saja sakit otot, tulang, dan paru-paru. Air memiliki khasiat dahsyat membantu menopang tubuh saat berenang. Dengan begitu sendi dan tulang pun tidak perlu bekerja untuk membuatnya berjalan.

Bagi kamu yang menderita radang sendi atau keseleo, olahraga renang adalah satu alternatif tercepat untuk meringankan sakit di sendi. Gerakannya tidak akan membebani sendi atau otot yang telah cedera. Sebuah artikel dari Belgia pernah menuliskan jika olahraga renang terbukti aman dan secara efektif mampu menyembuhkan dan meringankan sakit punggung bagian bawah atau low back pain yang kronis.

Mengurangi Penyakit Asma

article image

Image source: hamptonswimschool.com

Tidak hanya sakit otot dan sendi saja, renang juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat penderita asma lebih terkendali saat mengatur sistem pernapasan. Maka tak heran jika seseorang yang menderita asma lantas dianjurkan untuk mengikuti kelas renang. Kamu bisa mencobanya dengan berenang gaya bebas terlebih dahulu tak perlu langsung gaya yang berat.

Namun perlu diingat juga ya, jika banyak yang menyebutkan apabila disinfektan yang ada pada air kolam renang dinilai kurang baik untuk penderita asma. Karena itu, kamu harus berhati-hati saat berenang.

Menjaga Kehamilan

article image

Image source: healthline.com

Berenang gaya bebas juga baik diterapkan bagi ibu hamil. Dengan berenang ibu hamil akan merasa lebih bebas. Tak hanya itu, kamu mengapung saja sudah membuat persendianmu rileks dari beban berat sementara. Seiring perut yang main membesar, bahu dan tulang bisanya akan lebih maju dan membuat posisinya makin tidak ideal. Jelas hal ini membuat beban punggung makin tinggi. Dengan berenang beban ini dapat berkurang. Otot pun akan terlatih dan lebih kuat menopang tubuh.

Meningkatkan Mood

article image

Image source: monroevillage.com

Selain cokelat, renang gaya bebas juga akan meningkatkan mood kamu kembali. Olahraga akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Panjang Umur

article image

Image source: afcsnc

Setelah semua manfaat disebutkan, ini ada bonus khasiat yang paling disukai semua orang. Berenang baik berenang gaya bebas ataupun kupu-kupu dan lainnya akan memanjangkan usia. Dengan olahraga renang maka usia akan lebih panjang dan kamu pun akan lebih terasa bugar. Meski usai sudah tak muda lagi.


Itulah kesepuluh manfaat gaya renang bebas. Sudah tahu kan manfaatnya? Yuk, mulai sekarang kamu bisa rutin berenang minimal satu minggu sekali agar badan makin sehat. Dapatkan semua keperluan alat olahraga renang kamu di toko-toko olahraga di mall terdeket di kotamu. Caranya cek Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: daillynorthwestern.com