Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Saat ini aktivitas manusia semakin tergantung dengan listrik. Mulai kita membuka mata sampai memejamkan mata kembali, listrik adalah sumber energi yang meringankan pekerjaan manusia.

Di balik itu penggunaan listrik yang tidak terkendali saat ini juga menjadi sumber utama kerusakan lingkungan. Bahkan para aktivis lingkungan sejak lama mengeluhkan hal tersebut.

Tidak heran jika saat ini banyak yang menggembar-gemborkan sumber energi ramah lingkungan. Sumber energi ini dinilai lebih “sehat” dan tidak merusak keseimbangan alam.

Kira-kira apa saja ya?

1. Tenaga Surya

article image

Image source: pembangkitlistrik.org

Tenaga matahari atau tenaga surya menghasilkan listrik yang tidak kalah baik untuk rumah. Untuk mendapatkan sumber energi dari tenaga surya, kamu perlu memasang panel surya di atap.

Panel tersebut kemudian akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi sumber energi listrik yang dapat digunakan untuk memberi daya pada semua perangkat elektronik. Penerangan, gadget, hingga peralatan elektronik dapur.

Daya yang dihasilkan oleh tenaga surya dapat disimpan seperti baterai yang bisa digunakan untuk sumber daya dan penerangan listrik saat matahari tenggelam. Sayangnya harga pasaran global untuk 1 kWh tenaga surya masih lebih mahal bila dibandingkan dengan tenaga lainnya, yaitu sekitar Rp 1.426.

2. Tenaga Angin

article image

Image source: bisnis.com

Turbin angin ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai ladang angin besar namun juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Turbin angin yang lebih kecil kini juga tersedia untuk rumah-rumah.

Turbin angin dapat menghasilkan sumber energi pembangkit listrik dengan mengambil tenaga dari baling-baling yang memutar. Turbin ini digerakkan secara alami oleh hembusan angin.

3. Tenaga Air

article image

Image source: evironman.indonesia.com

Pembangkit listrik ramah lingkungan berikutnya berasal dari tenaga air. Air yang mengalir menuruni bukit akan menghasilkan sumber tenaga. Cocok banget nih yang rumahnya dekat dengan danau, sungai, dan pegunungan.

Tenaga air sebenarnya bukanlah isu yang baru. Cara ini sudah banyak dimanfaatkan sejak lama. Listrik yang dihasilkan oleh tenaga air dinilai lebih murah dan prosesnya pun tidak sulit mengingat Indonesia sendiri memiliki kondisi alam yang dipenuhi air.

4. Tenaga Panas Bumi

article image

Image source: wira.co.id

Energi panas bumi juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Saat ini tenaga panas bumi banyak digunakan untuk sumber listrik, pemanas dan pendingin gedung dan perusahaan besar.

Cara kerja panas bumi dengan menggali sumur yang cukup dalam hingga ke titik panas bumi. Lalu panas tersebut dialirkan ke sebuah turbin dan dijadikan pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Untuk rumah tangga, mungkin pembangkit listrik tenaga matahari bisa jadi solusinya. Kamu pernah menjumpainya bukan?

Malls

Articles

Featured Image Source: montajeselectricosliberal.es