Imlek dan Manisan Kotak Segi Delapan

Perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan prosperity box atau tray of togetherness. Biasanya kotak ini disebut juga dengan Nampan Kebersamaan yang disajikan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah selama perayaan Imlek, Setiap kotak pada umumnya memiliki 8 kompartemen. Jumlah delapan kompartemen tidak serta merta sengaja dibuat. Namun angka delapan memiliki simbolis tersendiri. Di setiap kompartemen biasanya diisi manisan buah, biji-bijian, permen, serta kacang-kacangan. Namun tahukah Anda di setiap kotak memiliki simbolis dan makna tersendiri. Berikut ulasannya!

article image
image credit: chineseamericanfamily.com

Makna dan Isi Dari Kotak Segi Delapan

Nampan kebersamaan ini selalu ada setiap tahunnya yang mewakili kedamaian dan harmoni. Ketika teman dan keluarga berkunjung pada Tahun Baru Imlek, Anda memberi mereka berkat dari Nampan Kebersamaan. Untuk itu tempatnya tidak dipisah-pisahkan untuk setiap jenisnya tapi jadi satu dalam kotak segi delapan. Prosperity box ini harus dihabiskan dalam waktu dua minggu di awal tahun baru Cina terhitung sejak perayaan Imlek. Berikut kedelapan makna dan isinya:

  1. Manisan melon simbolis perkembangan dan kesehatan
  2. Kelapa kering simbolis persahabatan dan kesatuan
  3. Jeruk kumquat simbolis emas dan kemakmuran
  4. Kelengkeng simbolis banyak anak
  5. Biji teratai simbolis akan diberkati dengan banyak keturunan
  6. Leci simbolis ikatan keluarga yang kuat
  7. Kacang tanah simbolis panjang umur
  8. Semangka merah simbolis kebahagiaan dan kejujuran

Kamu juga bisa liat promosi menarik untuk merayakan tahun baru imlek kali ini.

Makna Angka Delapan di Tahun Baru Imlek

Manisan-manisan disajikan dalam kotak segi delapan. Mengapa ada delapan kompartemen? Semua ada alasannya karena angka delapan yang dalam penulisannya menyambung garisnya satu sama lain konon melambangkan kesatuan, kesempurnaan, dan juga keberuntungan.

Isi dari setiap kompartemen susunannya tidak mutlak sehingga bisa diganti dengan makanan lain yang juga melambangkan keberuntungan. Seperti water chestnut, akar teratai, winter melon dan juga wortel. Memang sebagian besar dari bahan-bahannya sulit untuk didapatkan. Anda tidak perlu kuatir karena tray of togetherness ini bisa dengan mudah didapatkan di toko dan supermarket yang menjual nampan ini.

Selain manisan tadi, kamu bisa kunjungi beberapa restoran ini untuk merayakan hari Imlek tahun ini.

Brands

Baca juga :

12 Makanan Khas Imlek 2019 yang Penuh Makna

Sudah tahu kan apa saja maknanya dari masing-masing isi dari Nampan Kebersamaan? Nah sudah pada tahu mau merayakan Imlek bersama keluarga di mana? Jangan khawatir Gotomalls selalu punya informasi terupdate tentang promo, event, diskon yang sedang berlaku di seluruh mall Indonesia. Di bawah ini, promo, event dan diskon yang bisa kamu pilih untuk merayan Tahun Baru Imlek bersama keluarga besar.

Brands