Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Memilih tempat bercerita seputar keluh kesah hidup ibarat memilih wadah untuk menampung sesuatu. Kita harus menentukan wadah yang paling cocok agar sesuatu yang kita tuangkan dapat terjaga dan terhindar dari kontaminasi. Sebaliknya, kika kita memilih wadah yang salah justru bisa berakibat kebocoran dan efek yang tidak mengenakan.

Melihat hal itu, wajar jika akhirnya banyak orang yang lebih memilih untuk memendam semuanya sendiri. Masalahnya, beban yang terus menerus dipendam di kepala justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Jika tiba saatnya orang terdekat kita mulai bercerita tentang masalah pribadinya, kita harus bisa menempatkan diri di posisi ideal, yaitu sebagai pendengar yang baik.

Nah, berikut ini Gotomalls punya beberapa tips menjadi pendengar yang baik, mari kita simak

1. Dengarkan Sepenuh Hati

article image

Image source: activated-europe.com

Curhat yang baik semestinya membuat perasaan lebih lega. Hanya saja, tidak jarang curhatan kita justru tidak menghasilkan pengaruh apa-apa. Bisa jadi hal itu disebabkan lawan bicara kita yang tidak benar-benar "hadir" untuk mendengarkan.

Dengarkan curahan hati seseorang dengan penuh perhatian dan apa adanya. Mendengarkan sepenuh hati akan membuat lawan bicara kita merasa dirangkul. Ketulusan dan sikap ketertarikan juga bisa membangun kepercayaan mereka kepada kita.

2. Jangan Potong Pembicaraannya

article image

Image source: shrm.org

Untuk membangun kenyamanan saat bercerita, biarkan lawan bicara memaparkan curhatannya selepas mungkin sampai selesai. Hindari memotong pembicaraan, apalagi menyodorkan pertanyaan-pertanyaan di luar konteks atau mengadu nasib. Hal-hal seperti itulah yang membuat lawan bicara kehilangan mood untuk curhat.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak boleh berbicara di tengah-tengah cerita mereka. Kamu bisa bantu lawan bicara jika ia tampak kebingungan menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan sesuatu.

3. Beri Refleks yang Positif

article image

Image source: nytimes.com

Ada kalanya lawan bicara kita tiba-tiba menangis di tengah ceritanya. Jika itu terjadi, maka respon yang tepat adalah memberi refleks yang positif, entah itu berupa pelukan, rangkulan, atau usapan pelan di area punggung.

Hindari ucapan-ucapan semacam "sabar, ya!" atau "kamu harus tabah", karena ucapan seperti itu tidak akan membantu apa-apa, hanya memperburuk suasana hati si lawan bicara. Tidak perlu berkata apa-apa jika kamu memang tidak tahu apa yang mesti diucapkan.

4. Beri Pernyataan yang Membuatnya Merasa Dimengerti

article image

Image source: thetrainingassociates.com

Ketika lawan bicaramu sudah selesai bercerita kamu bisa meresponnya dengan pernyataan-pernyataan yang menenangkan. Misalnya "Aku tahu ini pasti berat banget buat kamu","Berat ya rasanya? Emang sih pasti gak mudah buat nglewatin itu semua", "Aku gak bisa berkata-kata setelah dengar cerita kamu, kamu hebat banget", dan lain-lain.

Dengan adanya pernyataan-pernyataan tersebut akan kembali membangun kenyamanan. Lawan bicara juga akan merasa semakin percaya kepadamu.

5. Beri Masukan Hanya Jika Diminta

article image

Image source: antoinetteoglethorpe.com

Yang satu ini penting untuk diingat, ketika lawan bicara sudah selesai bercerita, jangan langsung memberondong mereka dengan masukan-masukan yang belum tentu berguna. Memberi saran tanpa diminta, apalagi jika terkait masalah-masalah pribadi, bisa dianggap lancang dan tidak etis.

Tunggu sejenak sampai mereka yang meminta saran terlebih dulu. Tidak semua curhatan harus diakhiri dengan saran, terkadang orang-orang hanya ingin melepas beban saja.

Meski begitu, ada juga orang-orang yang sungkan meminta saran. Jika kamu melihat tanda-tanda itu, kamu boleh bertanya seperti "Kamu butuh saran atau cuma mau cerita aja?" tindakan seperti ini akan jadi lebih baik.

Ingat, saat memberi saran atau masukan hindari segala macam perkataan yang bersifat menghakimi. Jika ingin menegur kesalahannya, cukup garis bawahi tindakan-tindakan tertentu yang dilakukan lawan bicara sampai dia sendiri yang menyebutkan kesalahannya. Setelah itu, beri masukan positif untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: medium.com