Inilah Trik Android Setelah Root Untuk Memaksimalkan Performa Smartphone

Banyak orang yang kebingungan dan bertanya-tanya mengenai trik Android setelah root yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan performa smartphone. Padahal, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika sudah melakukan rooting pada perangkat Android.

Rooting sendiri merupakan sebuah trik unlock system agar pengguna bisa lebih leluasa dalam menggunakan perangkatnya. Trik ini juga biasa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memodifikasi penggunaan smartphone baik untuk kebutuhan gaming, penggunaan aplikasi, atau mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi.

Kalau kamu ingin tahu trik-trik canggih untuk smartphone Android yang sudah di root, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

Memaksimalkan Kinerja RAM

article image

Image source: riaume.com

Salah satu keuntungan utama yang bisa didapatkan setelah melakukan rooting Android yaitu memaksimalkan kinerja RAM secara maksimal. Kamu bisa menghentikan beberapa program dan aplikasi yang sedang berjalan sehingga bisa memberikan ruang lebih bagi aplikasi yang ingin digunakan. Selain itu, kita juga bisa menambah kapasitas RAM dengan mengubah partisi kartu SD menjadi memori RAM.

Custom ROM

article image

Image source: mrfdn.com

Custom ROM adalah firmware dari suatu perangkat yang sudah dimodifikasi. Trik Android setelah root ini merupakan yang paling menarik untuk kamu coba. Kamu bisa mengubah User-Interface (UI) menjadi tampilan iPhone, Google Nexus, MIUI, dan masih banyak lagi. Selain itu, trik ini juga berguna untuk meningkatkan performa dan daya tahan baterai.

Upgrade OS Android

article image

Image source: wccftech.com

Dalam perangkat Android non-root, pengguna hanya bisa melakukan upgrade hingga batas yang telah ditentukan vendor. Tapi setelah rooting, kita bisa melakukan upgrade ke versi yang lebih tinggi lagi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi “Unlock Bootloader” untuk melakukan trik ini. Beberapa tipe Android seperti produk Sony Xperia biasanya memerlukan aplikasi tambahan untuk upgrade OS.

Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware)

article image

Image source: andro4all.com

Beberapa aplikasi bawaan pabrik atau bloatware sering kali terbengkalai tanpa pernah digunakan sama sekali. Dari pada semakin memberatkan performa, sebaiknya kamu hapus saja aplikasi-aplikasi tersebut. Salah satu keuntungan yang didapat dari rooting Android adalah akses untuk menghapus aplikasi atau program bawaan.

Custom Recovery

article image

Image source: androidcentral.com

Custom recovery merupakan sistem modifikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan backup data Android tanpa harus menggunakan sistem recovery bawaan. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk menjalankan perintah custom recovery adalah “Clockworksmod Recovery” (CMW).

Desain Tampilan Sesuka Hati

article image

Image source: medium.com

Salah satu trik Android setelah root yang harus kamu coba adalah mengubah desain tampilan dalam berbagai skala. Mulai dari animasi booting, ikon baterai, widget, tema layar, desain bar, hingga mengganti font teks secara menyeluruh.

Cek juga artikel tentang Android lainnya di bawah ini:

Articles

Memutus Koneksi Wifi Pengguna Lain

article image

Image source: guidingtech.com

Kalau kamu kesal karena password wifi rumah selalu berhasil dicuri orang lain, kamu bisa menggunakan aplikasi “NetCut” di perangkat Android yang sudah di root untuk memutus paksa koneksi pengguna lain yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan siapa saja yang boleh terhubung dengan jaringan wifi.

Memaksimalkan Penggunaan Memori Internal

article image

Image source: il4syrians.org

Penggunaan memori internal di perangkat non-root umumnya sudah dibagi sejak awal. Pengguna hanya bisa menggunakan setengah dari total kapasitas memori untuk menyimpan data pribadi. Tapi kalau kamu sudah melakukan rooting Android, kamu bisa lebih leluasa menggunakan ruang penyimpanan sepenuhnya.

Blokir Iklan yang Mengganggu

article image

Image source: darkpony.com

Salah satu trik Android setelah root yang paling bermanfaat adalah fitur pemblokiran iklan. Tak perlu khawatir lagi dengan gangguan iklan-iklan yang mengganggu ketika sedang asyik chatting atau browsing. Karena jika perangkat sudah di root, kamu bisa memblokir iklan pada aplikasi atau iklan-iklan spam yang sering muncul selama browsing.


Itulah beberapa trik Android setelah root untuk memaksimalkan performa smartphone. Untuk mendapatkan informasi menarik seputar tips gadget lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: jalantikus.com