Wisata Ekstrem di Indonesia

Wisata alam tidak melulu soal suasana tenang yang bikin nyaman. Bagi sebagian orang, wisata alam berarti mengasah nyali dengan melakukan aktivitas-aktivitas menantang di alam terbuka.

Wisata ekstrem di Indonesia punya reputasi yang cukup kuat di kalangan pelancong. Mengingat kondisi geografis di Indonesia sangat unik dan beragam, tak heran jika olahraga ekstrem Indonesia mampu mengundang perhatian para wisatawan.

Berikut ini ada 5 destinasi wisata ekstrem di Indonesia yang bisa kamu coba untuk uji nyali, mari kita simak:

1. Panjat tebing di Lembah Harau, Sumatera Barat

article image

Image source: KSMTour.com

Di salah satu sudut pedalaman Payakumbuh, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Padang, Sumatera Barat, terdapat sebuah lembah menakjubkan yang menjulang setinggi 300 meter dikelilingi beberapa bukit seperti Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarat, dan Bukit Tarangtang.

Di lereng tebing, kamu bisa menemukan suatu kolam alami yang menjadi obyek wisata populer di Padang. Kolam itu terbentuk oleh beberapa air terjun yang mengalir dari bagian atas tebing. Pemandangan alam di sekitar spot ini sangat menggugah pengalaman.

Namun, aktivitas panjat tebing di area ini hanya disarankan untuk profesional. Pasalnya, kontur tebing setinggi 300 meter tersebut memiliki sudut yang cukup menantang.

2. Arung jeram di Sungai Alas, Aceh

article image

Image source: Intiptrik.com

Sungai Alas berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Aceh Tenggara, 165 km di sebelah Tenggara Kota Takengon. Sungai Alas terkenal sebagai salah satu spot wisata ekstrem di Indonesia paling menantang untuk arung jeram.

Aliran sungai ini melewati tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Selatan, dan muaranya langsung menuju ke Samudra Hindia.

Panjang aliran Sungai Alas mencapai 165 km, yang jika diukur menggunakan mobil akan memakan waktu sampai 13 jam perjalanan. Sungai ini kian menantang karena jeramnya sangat deras, berliku, dan tajam.

3. Mendaki jalur ekstrem di Gunung Semeru, Jawa Timur

article image

Image source: goodnewsfromindonesia.id

Dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl, Gunung Semeru menjadi gunung api tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini termasuk salah satu arena pendakian paling sohor di kalangan pendaki. Gunung Semeru memiliki puncak yang disebut Mahameru, dimana para pendaki bisa menyaksikan dan merasakan sensasi menakjubkan ketika berada di titik tertinggi di pulau Jawa tersebut.

Namun, bukan usaha mudah untuk mencapai puncak Mahameru. Dibutuhkan persiapan, baik fisik dan mental, yang benar-benar matang. Berhari-hari perjalanan di jalur terjal akan membuat langkah terasa berat. Sementara di sisi kanan dan kiri terdapat jurang yang sudah langganan menewaskan pendaki.

Di tengah perjalanan, pendaki bisa menjumpai Danau Ranukumbolo, salah satu titik pos peristirahatan untuk berkemah yang terkenal sangat cantik.

4. Gondola Pantai Timang, Yogyakarta

article image

Image source: Mytrip123.com

Jika kamu ingin merasakan sensasi wisata ekstrem di Indonesia tanpa harus punya keahlian dan jam terbang cukup, aktivitas yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Di Pantai Timang, Gunungkidul, Yogyakarta, terdapat wahana kereta gantung atau gondola yang akan membawamu melintasi lepas pantai dari atas ketinggian.

Medan yang dilalui memiliki ombak besar dan hamparan batu karang. Meskipun melaju lambat, sensasinya akan terasa sangat menegangkan begitu melihat deburan ombak yang menabrak karang.

5. Blue Lagoon Cliff Jumping Bali

article image

Image source: journeyera.com

Melompat dari tebing tinggi dan mendarat di laut lepas akan menjadi pengalaman berkesan. Kalau kamu penasaran ingin mencoba sensasinya, kamu bisa datang ke Blue Lagoon Cliff Jumping di Nusa Ceningan, Klungkung, Bali.

Di sana terdapat tiga tebing dengan ketinggian berbeda, mulai dari yang paling rendah 8 meter, 9 meter, dan paling tinggi 13 meter.

Meski begitu, aktivitas ini hanya disarankan untuk pengunjung yang bisa berenang. Di area ini tidak tersedia layanan medis atau tenaga kesehatan, sehingga terlalu beresiko bagi yang tidak bisa berenang.

Nah, itulah beberapa wisata ekstrem di Indonesia yang bisa kamu coba untuk uji nyali. Jangan lupa ikuti terus info dan tips menarik ala Gotomalls lainnya dalam update artikel berikutnya!

Malls

Articles

Featured image source: traveling.bisnis.com